The Muslim Edition of Ubuntu!

Team Pengembang UbuntuME (Muslim Edition) telah mengumumkan rilis terbaru UbuntuME yang berbasiskan Ubuntu 8.10 Intrepid Ibex. Ubuntu Muslim edition dibuat sedemikan rupa dengan paket Aplikasi yang bebas dan terbuka serta mempermudah pengguna OS Windows untuk bermigrasi ke OS GNU/Linux.

Rilis terbaru ini mengusung Update serta beberapa aplikasi dan Qur’an recitations baru. UbuntME 8.10 hanya tersedia dalam format DVD Image Installer.

Bebrapa perubahan dalam rilis terbaru ini diantaranya :

l penambahan Librari terbaru untuk membaca Format DVD, Adobe Flash Player, VLC Player dan codec multimedia lainnya.

2 Dalam aplikasi bidang pendidikan, telah ditambahkan aplikais, Kturtle, TuxMath, Gcompris, TuxPaint, Stellarium dan Celestia.

3 Penambahan Language-pack-ar, aspell-ar, acon dan paket bickons untuk dukungan bahasa arab yang lebih baik.

4 Qur’an recitations yang terdapat dalam rilis ini disediakan oleh www.versebyversequran.com diantaranya : Muhammad Siddeq al-Minshawi (16 Kbps-193Mb), Ad Al-Ghmadi (40 Kbps-433 Mb), Mishary Rashed Aafasy (40 Kbp-508 Mb) dan Huzify (24 Kbp-322 Mb).

Untuk fitur yang lengkap anda bisa melihatnya disini

Yang membuat UbuntuME spesial adalah bahwa Distro ini telah dilengkapi aplikasi yang bernuansa Islami seperti, Penanda waktu shalat, aplikasi belajar bahasa arab dll. Aplikasi Firefox telah dilengkapi juga dengan Bookmarks ke situs komunitas muslim.

Fitur lain yang ditonjolkan adalah :

l Parental Control untuk surfing Internet yang aman.

2 Aplikasi Zekr 0.7.0, ssebuah aplikasi untuk membantu mempelajari Al Qur’an dan melantunkan ayat-ayat Al Qur’an.

3 Fire Fox telah ditambah Add On Minbar dan Pray times dan telah dilengkapi Dansguardian sebuah parental Control untuk surfing Internet yang aman untuk keluarga anda.

4 Thwab, Aplikasi Ensiklopedia.

5 Artwork untuk Splash, Login screen, wallpaper dan Gnome theme yang dikustomisasi secara Islami.

Anda bisa mendownload Ubuntu Muslim Edition disitus resminya atau disini.