Beberapa waktu yang lalu Admin mendapatkan sebuah pertanyaan dari beberapa rekan perihal keberadaan Komunitas Programmer Karawang. Jujur Admin meskipun seorang Programmer dari Kota Karawang belum pernah dan atau tidak bergabung di komunitas programmer di Karawang. Dulu sewaktu masih aktif dalam komunitas BLogger Karawang, hal ini pernah dicanangkan dan programming menjadi salah satu bagian dari Komunitas Blogger Karawang.

Semasa awal admin antusias dalam belajar pemrograman, terutama pemrograman web dengan menggunakan PHP dan MySQL. Admin bersama rekan-rekan di komunitas Blogger Karawang pernah mencoba untuk aktif share dalam hal ini, kita pernah membuat beberapa kali workshop seputar pemrograman PHP, tetapi saat itu bisa dibilang kurang peminat dan kegiatannya kurang direspon meskipun sudah dicoba untuk dipromosikan melalui beberapa grup di sosial media.

komunitas-programmer karawang

Bagi admin hal ini tidak menyurutkan langkah untuk bisa belajar dan berkarya, sampai akhirnya admin aktif bersama komunitas PHP Indonesia dan sempat menjadi admin Grup Facebook PHP Indonesia. Admin juga telah beberapa kali diminta untuk hadir dalam beberapa kegiatan di kampus-kampus untuk berbagi pengetahuan seputar pemrograman PHP. Langkah Admin dalam berbagi pengetahuan tidak sampai disana saja, admin memberikan kelas private untuk pemrograman PHP untuk umum. Program belajar ini merupakan program komersial, dikarenakan ketika pada awal admin memberikan workshop atau sharing secara gratis banyak yang tidak serius maka untuk mengikat mereka yang berniat belajar agar serius belajarnya maka dibebankan biaya belajar.

Sekarang, ketika dunia teknologi informasi semakin berkembang pesat dan akses internet semakin mudah serta didukung dengan banyaknya sekolah teknologi informasi, antusias anak muda di kota Karawang untuk belajar pemrograman semakin tinggi, sehingga mereka mulai mencari media untuk berbagi atau bertanya semisal Komunitas Programmer Karawang.

Ada banyak programmer hebat yang berasal dari kota Karawang beberapa diantaranya saya kenal melalui komunitas Blogger Karawang, sekarang beberapa perguruan tinggi di Karawang telah melahirkan banyak programmer baru yang diharapkan bisa menjadi kader-kader programmer yang hebat. Bagi anda yang tinggal di Karawang memiliki keinginan untuk menjadi seorang programmer, anda tinggal banyak belajar dan berlatih. Banyak-banyak membuat karya untuk mengasah kemampuan, Jangan pernah minder meskipun bukan sarjana komputer atau hanya sebatas lulusan SMU / SMK. yang penting memiliki keahlian dan satu hal – usahakan memahami konsep pemrograman, jangan sekedar bisa membuat aplikasi saja. Jika memungkinkan bergabung ke komunitas Programmer atau coba membentuk komunitas dilingkungan sendiri mulai dari yang kecil.

Ada banyak kejadian ketika dalam proses perekrutan programmer baru (semisal di tempat admin bekerja saat ini), sebuah perusahaan mencari seorang programmer yang menguasai konsep pemrograman (analogikan seperti mencari seorang arsitek) ternyata ada banyak yang melamar, memiliki skill tetapi kebanyakan tidak faham apa yang mereka kerjakan (analogikans eperi tukang bangunan).

Analoginya, seorang tukang bisa diminta untuk membangun sebuah rumah, tetapi akan sulit untuk diminta mencari solusi untuk hal-hal yang sifatnya teknis, ini dikarenakan si tukang tidak faham kenapa (apa alasan) menggunakan bahan material yang digunakan, peralatan dan hal teknis lainnya. mereka hanya tahu membangun sebuah rumah saja, tanpa memahami konsep dasar semisal aturan bahan baku material, komposisi, dll yang sifatnya lebih teknis.

Perkembangan dunia pemrograman semakin pesat dan mulai banyak jargon-jargon atau istilah-istilah baru yang lahir seiring berkembangnya dunia startup. Sekarang kita mengenal back-end developer, front-end Developer, Dev Ops, dan lain-lain. Materi pembelajaran juga semakin banyak, anda bisa mendapatkan banyak aplikasi tutorial pemrograman di internet atau di appstore milik Google untuk smartphone android atau di iOS.

Tertarik untuk sharing-sharing seputar dunia pemrograman di Karawang, silahkan hubungi admin.

Salam