Sistem Operasi GNU Linux Untuk Komputer Anda

tampilan linux mint 18.2

Cukup lama saya telah menggunakan sistem operasi GNU Linux. Sejak pertama kali mengenal OS GNU Linux sekitar tahun 2008, saya telah mencoba menggunakan beragam Distro Linux bahkan sistem operasi BSD. Yang cukup lama saya pergunakan adalah Distro Linux Ubuntu dan Linux Mint yang setia dipakai sampai sekarang. laptop saya sekarang menggunakan Linux Mint 18.2 Sonya versi 64 bit.

linux mint 18.2 sonya

Ada beberapa alasan kenapa saya menggunakan OS GNU Linux, anda mungkin bisa menelusurinya di beberapa postingan awal blog ini yang berhubungan dengan Sistem Operasi GNU Linux. Saat ini laptop saya dual booting dengan sistem operasi Microsoft Windows 10, bukan tanpa alasan, kita akan membahasnya setelah ini.

Alasan Menggunakan Sistem Operasi GNU Linux

Ada banyak alasan kenapa saya menggunakan OS Linux, terutama Linux Mint. Diantaranya adalah:

  • Free (bebas menggunakan tanpa lisensi komersial)
  • Open Source (kode sistem operasi bersifat terbuka, artinya siapapun boleh mengembangkan) artinya ada banyak dukungan komunitas untuk pengembangan sistem operasi ini.
  • Secure (aman) – meskipun dalam beberapa kasus OS Linux tetap bisa ditembus keamanannya tetapi dengan setting dan penggunaan yang benar, OS Linux tetap merupakan yang paling aman, apalagi virus OS windows tidak bisa aktif disini.
  • Hemat Resource, dengan memilih OS Linux yang tepat maka penggunaan resource komputer anda lebih efektif dan hemat. Contoh penggunaan memori (RAM).
  • Ada banyak Aplikasi tersedia untuk dipergunakan.
  • Sistem operasi yang ramah bagi pengembang software atau Admin Jaringan.

Sedangkan beberapa kekurangan yang dirasakan sampai saat ini adalah;

  • Sebagai Praktisi SEO, saya cukup kesulitan ketika beberapa tools/aplikasi SEO yang berbasiskan windows tidak memiliki versi LINUX, dan rata-rata tidak bisa berjalan ketika dicoba menggunakan Wine / PlayonLinux
  • Kendala yang sama dirasakan ketika harus berhadapan dengan aplikasi editor grafis atau image seperti Inkscape atau GIMP dikarenakan sudah terbiasa menggunakan aplikasi berbasiskan windows semisal CorelDraw, Adobe Illustrator atau Adobe Photoshop.
  • Beberapa aplikasi yang cukup membantu pekerjaan juga ada yang masih belum tersedia versi Linuxnya semisal Mobirise, aplikasi web builder untuk mempercepat proses pembuatan template website.

Terlepas dari semua kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh sistem operasi GNU Linux, anda tetap akan mendapatkan keuntungan dan kenyamanan dalam menggunakan sistem operasi ini, dan seiring waktu bisa dipastikan anda bisa menguasai semua aplikasi yang tersedia dalama sistem operasi ini.

tampilan linux mint 18.2 tampilan linux mint 18.2 tampilan linux mint 18.2 tampilan linux mint 18.2

Bagi saya, untuk pekerjaan yang membutuhkan load memori cukup besar dipastikan menggunakan sistem operasi ini, apalagi mengingat laptop saya hanya memiliki memori sebesar 4 GB, jika menggunakan OS Windows ketika dalam kondisi iddle memori yang terpakai sekitar 1.8 GB sedangkan ketika menggunakan Linux Mint hanyalah 700 MB.

tampilan linux mint 18.2

Menggunakan OS Windows hanya pada saat akan menggunakan tools SEO atau ketika akan membuat pekerjaan yang berhubungan dengan desain saja.

Salam

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s