Ubuntu 18.04 LTS


Ubuntu 18.04 Bionic Beaver merupakan salah satu sistem operasi komputer yang gratis dan bebas (untuk dipergunakan dan atau dikembangkan). Sistem operasi komputer ini berada dibawah lisensi GNU Linux.

Bagi anda yang belum tahu apa itu Ubuntu, berikut ini adalah sedikit penjelasannya. Ubuntu merupakan salah satu distribusi Linux yang berbasiskan Debian dan didistribusikan sebagai perangkat lunak bebas. Nama Ubuntu berasal dari filosofi dari Afrika Selatan yang berarti “kemanusiaan kepada sesama”. Ubuntu dirancang untuk kepentingan penggunaan pribadi, namun versi server Ubuntu juga tersedia, dan telah dipakai secara luas.

tampilan desktop ubuntu 18.04
tampilan desktop ubuntu 18.04

Proyek Ubuntu resmi disponsori oleh Canonical Ltd. yang merupakan sebuah perusahaan yang dimiliki oleh pengusaha Afrika Selatan Mark Shuttleworth. Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam filosofi Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak. Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas, dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional.

Ubuntu mempunyai filosofi sebagai berikut :

  1. bahwa perangkat lunak harus tersedia dengan bebas biaya
  2. bahwa aplikasi perangkat lunak tersebut harus dapat digunakan dalam bahasa lokal masing-masing dan untuk orang-orang yang mempunyai keterbatasan fisik
  3. bahwa pengguna harus mempunyai kebebasan untuk mendapatkan, mengubah, dan mendistribusikan perangkat lunak sesuai dengan apa yang mereka butuhkan tanpa halangan apapun.

Perihal kebebasan inilah yang membuat Ubuntu berbeda dari perangkat lunak berpemilik (proprietary); bukan hanya peralatan yang Anda butuhkan tersedia secara bebas biaya, tetapi Anda juga mempunyai hak untuk memodifikasi perangkat lunak Anda sampai perangkat lunak tersebut bekerja sesuai dengan yang Anda inginkan.

Ubuntu 18.04

Ubuntu versi 18.04 (Bionic Beaver) yang dirilis tanggal 26 April 2018 ini merupakan versi LTS (Long Term Support) yang akan disupport selama 5 tahun sampai BUlan April tahun 2023.

tampilan desktop ubuntu 18.04
tampilan desktop ubuntu 18.04

Ada banyak perubahan yang dibawa oleh versi 18.04 ini terutama dalam hal keamanan dan tampilan. untuk bisa menggunakan Ubuntu versi 18.04 maka anda harus memiliki komputer dengan spesifikasi minimal :

  • Prosesor 2 Ghz
  • Memory (RAM) 2 GB
  • HDD Ruang tersisa 23 GB

Untuk kenyamanan dianjurkan menggunakan komputer dengan memory 4 GB dan ruang HDD yang lebih luas.

Ubuntu Versi 18.04 ini menggunakan Gnome Shell Desktop dan Linux Kernel versi 4.15.

Segera download dan install/update Ubuntu di komputer anda.

 

Salam

Kang Tatang

  • images from omg ubuntu

Download ubuntu di sini

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.