GPRS SETTING DI UBUNTU 9.04


Pembaca, beberapa hari yang lalu pesanan CD Ubuntu 9.04 saya telah datang bersamaan dengan pesanan CD Open Solaris, cuma sayang CDnya defect.

ubuntu1

Kemudian saya coba Ubuntu 9.04 secara Live CD sambil melihat dan merasakan perbedaan apa saja dengan Ubuntu 8.10. dalam segi penampilan dan kecepatan saya rasakan banyak perubahan yang terjadi,  Versi 9.04 ini terasa lebih cepat dan memiliki kemampuan deteksi hardware yang lebih mantap.

ubuntu2

hal lain yang sangat menggembirakan adalah kemampuan dalam setting koneksi internet yang lebih mudah, tinggal colokan modem dan langsung setting VPN tanpa harus ribet dengan setting wvdial conf.

ubuntu3

semuanya cukup dengan mengklik tombol “network” di pojok kanan atas bersebelahan dengan ikon “sound”, klik lalu pilih tipe koneksi, kemudian pilih Vpn dan internet pun langsung bisa di browsing.

ubuntu4

25 thoughts on “GPRS SETTING DI UBUNTU 9.04

  1. rangga aditya 21 Mei 2009 / 00:18

    hellow kang,
    kembali lagi disini bersama rangga, hehehe. koreksi kang, kemaren teh saya blang pake hape W950i dengan mentari. ternyata saya lupa :p, yang bisa plug and play teh pas saya pake Sony Ericsson K660i. ini pas saya pake W950i dengan mentari saya malah sulit banget dah masuknya. padahal saya udah setting sesuai dengan settingan di xp (ini saya terpaksa OL pake xp lagi dan bisa OL pake W950i). mana minta password lagi. pas saya masukin pasword administratornya ehhh… malah minta lagi, kayaknya ada yang salah dech.. perasaan belom pernah setting pake password di network…. orang saya ini ubuntunya langsung log in…… mmmmmm. oiya saya udah coba yang pake terminal sesuai apa yang di tulis akang kemaren-kemaren. tapi hasilnya juga nihil…. sudah bisa sih masuk ke root tapi kok katanya wvdial belom di install? hehehe aduhh.. semoga akang bisa membantu….

    • kangtatang 22 Mei 2009 / 16:34

      Ha…ha…🙂 lom ke detect dengan baik kayaknya…. kalo gitu $sudo Apt-get wvdialnya aja dulu🙂

  2. rangga aditya 21 Mei 2009 / 23:34

    sekedar tambahan kang,
    saya request neeh.nanti kalau bikin posting lagi, bikin posting cara nge-add codec untuk player. soalnya saya belom aktif playernya. hehehe. trus saya juga mau nanya kalo mau nge add gadget tuh gimana ya? byar tambah keren kaya vista.

    • kangtatang 22 Mei 2009 / 16:29

      @Rangga,
      Oke….🙂

  3. rangga aditya 21 Mei 2009 / 23:40

    tambah lagi kang, hehehe. emang wajar ya kalau lagi donlot aplikasi (dalam hal ini saya lagi donlot add on fire fox) apa emang engga bisa browsing ya? trus saya mau nanya gimana sich caranya ngeliat berapa persentase disk kita sekarang? soalnya saya engga tau ngeceknya?

    • kangtatang 22 Mei 2009 / 16:35

      kemungkinan besar🙂 tapi biasanya bisa sambil browsing kok ….
      soal presentase disk coba masuk ke system, ada opsi disk usage utnutk melihat persentase disk yang terpakai.

  4. gadgetboi 22 Mei 2009 / 23:34

    kangs, I’m back! setelah ngeliat isi disk ternyata / alias root dah penuh! busyet rupanya saya salah partisi :p parah! bisa di merge engga ya dari partisi yang kosong? saya harus ginstal apa nich? oiya kang kenapa ya tombol seperti submit, kirim komentar, search dan lain-lain kok tiba-tiba engga bisa di click…. busyet dahh ada lagi masalah hehehe. jadi sekarang saya pake xp lagi. hehehe…. apa karena pengaruh full root itu tadi ya? solusinya apa nich? apa harus di install ulang? kang bisa engga kalau saya instal tuh dengan partisi dalam keadaan ter unmount alias belom saya partisi. atau malah nanti pas install memakan semua harddisk dan mengakibatkan xp saya ilang juga? (karena kalau udah di partisi kan enak tingal otomatis nyari partisinya sendiri)

    sebelumnya punten pisan merepotkan akang…. dan akan terus dan terus hingga saya mungkin dah bisa “jalan” sendiri… hehehe😀

    • kangtatang 24 Mei 2009 / 16:49

      @ Gadgetboi, coba bersihin folder Trash🙂
      Untuk Instalasi, emang bagusnya kita sudah mempersiapkan partisi untuk di install.
      tetapi dalam proses instalasi kita tetep bisa mengatur sendiri partisi dan space yang akan digunakan dengan menggunakan pilihan Manual🙂

  5. yahya 24 Mei 2009 / 02:11

    kak, daftar jd anggota yah… lngsng tnya ni, sy pke 9.04 klo mo ngonekin sma kabl data se k300i pake apa ya? makasih solusinya…

  6. rangga aditya 25 Mei 2009 / 04:03

    Emang kalo trash di bersihin langsung bersih semua gitu kang? Di ubuntu ada aplikasi kayak di cc cleaner, window washer (busyet, nih aplikasi jadul bgt tapi ampuh!). Trus untuk benerin registry apa ada byar tetep cepet (atau di linux gak perlu?). Kang kenapa ya kalau saya lagi donlot atau konek ke ìnternet (install app) kadang-kadang hang? Apa karena saya paksain pake compiz padahal chipset intel laptop katanya masih ada bug?. Truz cara restart aman gmana kalow lg hang? (ada ctrl+alt+del nya engga?)

    • kangtatang 28 Mei 2009 / 16:44

      @Rangga,
      Maaf sahabat sibuk banget🙂 baru sempet cek Blog🙂
      1. Untuk aplikasi saya lom explore, tetapi ada perintah untuk melakukan itu… hemm.. saya lupa :))
      2. Linux tidak bermain Registry😉
      3. Untuk restart aman, silahkan pijit CTRL+ALT+Back Space

  7. rangga aditya 29 Mei 2009 / 01:49

    trims untuk jawaban sebelom-sebelomnya, ini nanya lagi gak apa-apa khan? :p hehehe. akang pake ubuntunya dimana? di laptop atow kompi? masalah hibernate gimana kang? bermasalah engga? kalow saya masih bermasalah tuh… padahal swap nya saya set sampe 5GB (dua kali ram SAYA) TAPI NIHIL TUH… apa itu bug? dulu di 8.10 gimana kang? saya baru pake ubuntu sekarang sih jadi engga tau. …😦

    • kangtatang 29 Mei 2009 / 16:51

      Saya pake PC desktop, kalo gak salah Uuntu 9.04 memiliki fitur tentang Hibernasi yang lebih bagus. nanti saya coba cek lagi refferensinya.

  8. Rangga aditya 29 Mei 2009 / 19:39

    Wah kang, si ubuntu nakal pisan yeuh. Ngambek melulu. Pas saya masukin dvd dari infolinux (saya mau ngambil add-on firefox rencananya. Eh. Kok langsung ngehang gini… Apa ubuntu belom memount otomatis dvd saya? Kok buktinya nginstal bisa truz kok usb flashdisk sm hape saya bisa di baca. Whats wrong ini ya?

  9. Rangga aditya 29 Mei 2009 / 19:48

    Oiya, crtl alt backspacenya kok gak jalan ya? Ini tetep aja ngehang? Ada yg bilang harus pake alt+print+r+s+e+i+u+o atau b tapi ngehang pertama aja yg bisa. Ini yg gara2 dvd enga bisa malah muncul garis-garis biru muda sm biru tua ky baju poloshirt gt? Why ubuntu why u hate me?! Harus hard reset lg deh. Aduh kasian bgt laptop kyu, :.(

    • kangtatang 2 Juni 2009 / 03:45

      Hem… coba CTRL+ALT+F1🙂

  10. ufywae 27 Juni 2009 / 06:54

    upami akang ngangge hp naon tipe sabaraha

    • kangtatang 29 Juni 2009 / 05:05

      Ha…ha… sekarang Hape saya gak bisa buat koneksi Internet, dulu pernah punya Motorolla L8 (bener gak ya lupa lagi …)

  11. ufywae 27 Juni 2009 / 07:03

    kang ari setingan apn sareng pasword ,username kedah aya ,abi ngangge sony w 200 teu tiasa wae tapi tos kadetek modem,punten nyungkeun pencerahanna hatur nuhun

    • kangtatang 29 Juni 2009 / 05:02

      Settingan APN-na kedah sesuai dengan settingan operator semisal M3 : user=im3 pasword=im3 dan nomor panggil *99# (silahkan sesuaikan, lebih mudah lihat di situs resmi operator).
      seharusnya sudah langsung bisa.

  12. Agung Haryono 18 Agustus 2009 / 16:53

    Malem kang Tatang, kemarin minggu saya juga sudah donload ISO-nya untuk Amd 64 dan intel kali ini pake bandwith kantor(gratisan) hehehe🙂 dan udah di Burn ke CD dan hasilnya mantabs…. rencana buat ngenet dikontrakn pake SE M600i,setting susah ngak Om?

  13. sytur 30 Juni 2010 / 07:59

    saya telah instal linux sabili 9.10 tapi untuk player murotal gak bisa bunyi kang apa ada yang kurang ya? gimana solusinya?

    • kangtatang 30 Juni 2010 / 15:25

      kalau ternyata lib audio sudah terinstall semua, mungkin perlu download File Qori-nya… [pembaca Qur’annya]…. tapi berdasarkan pengalaman saya, seharusnya sudah bisa semua. apakah untuk file audio lain bisa bunyi?….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s