BlankOn 7.0 Pattimura

Tepat pada tanggal 17 Agustus 2011 kemarin, Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI) beserta Team Pengembang BlankOn Linux Indonesia mengumumkan telah terbitnya Versi terbaru Distro Blankon yaitu BlankOn 7.0 Pattimura. Seperti biasa, fitur BlankOn rata-rata menggunakan teknologi terbaru Linux, termasuk kernel Linux 3.0.1 dan lingkungan desktop GNOME yang digabung dengan BlankOn Panel hasil karya pengembang BlankOn. Pattimura didukung perangkat lunak hiburan yang siap langsung pakai tanpa memasang codec multimedia tambahan, dukungan akses Internet dengan yang sangat ringan untuk menjelajah web serta komunikasi pesan instan dan jejaring sosial, juga fitur-fitur perkantoran. Selain itu, Pattimura menyediakan fitur-fitur olah grafis vektor dan bitmap serta album foto digital.

BlankOn 7.0 Pattimura menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa utama yang digunakan pada antarmukanya, dan diharapkan dapat menjadi alat sosialisasi istilah-istilah bidang komputer pada Bahasa Indonesia yang selama ini dianggap aneh dan membingungkan. BlankOn 7.0 Pattimura juga turut melestarikan budaya bangsa dengan mengusung dukungan terhadap Aksara Nusantara, yang pada versi ini mendukung dua aksara baru yaitu Rejang dan Jawa di samping Lontara’, Batak Toba, Bali dan Sunda.

BlankOn Linux adalah distro Linux yang dikembangkan oleh Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI) dan Tim Pengembang BlankOn, BlankOn Linux adalah distro Linux yang sesuai dengan kebutuhan pengguna komputer umum di Indonesia. Dengan menghadirkan filosofi, kemudahan. BlankOn Linux dikembangkan secara terbuka dan bersama-sama untuk menghasilkan distro Linux khas Indonesia, khususnya untuk dunia pendidikan, perkantoran dan pemerintahan.

Untuk informasi lanjut anda bisa mengunjungi Website resminya di http://www.blankonlinux.or.id/

sedangkan untuk siaran pers, anda bisa cek disini

Download Blankon 7.0 Pattimura disini

Screenshoot (diambil dari situs resmi)

Tampilan Blankon 7.0 Pattimura

Tampilan Blankon 7.0 Pattimura

 

salam

 

About these ads