Solusi Koneksi Internet Broadband Pada Linux


Solusi menggunakan Koneksi Broadband pada Linux

Sahabat, jika anda pengguna OS Linux dan ternyata menemui kendala dalam menggunakan Modem USB (GSM/CDMA) maka hal ini pastinya akan membuat anda tidak nyaman karena harus membuat settingan WVdial yang bagi pemula mungkin bukan sesuatu yang mudah.

saat ini beberapa OS Linux sudah memiliki kemampuan deteksi hardware yang lebih baik dalam mendeteksi USB Modem. Salah satunya OS BlankOn hasil karya anak bangsa yang sudah mampu mendeteksi USB Modem bundle Telkoms*l Flash.

Jika anda pengguna OS Linux varian lain dan tidak mau ribet dalam setting USB Modem maka solusinya adalah menggunakan hardware yang sudah Linux Friendly. Resikonya adalah pada segi harga, untuk modem jenis ini biasanya harganya diatas rata-rata.

selain menggunakan USB Modem, saat ini telah hadir teknologi modem router yang sudah memasyarakat yaitu mini Wi-Fi dan Broadband Router. Vendor yang memberikan paket bundle mini wi-fi adalah A-H* dan Telk*ms*l , sedangkan untuk paket Broadband router yaitu SM*RTFRIEND. Alasan saya merekomendasikan teknologi ini adalah dengan mini Wi-Fi anda bebas menggunakan operator pilihan anda dan koneksi anda terfasilitasi menggunakan Wi-Fi selain itu bisa dishared untuk beberapa user sekaligus. Jika PC yang anda miliki tidak memiliki kartu Wi-Fi bisa memilih Router Broadband yang memiliki port LAN.

berikut adalah List Hardware rekomendasi saya :

  1. Bandluxe C 270 – Saya menggunakan Modem ini dulu bundle dengan XL harga sekitar 900 ribuan.
  2. Broadband Router Mini Wi-Fi harga 800 ribuan.
  3. Broadband Router harga 600 ribuan.
Pilihan ada ditangan anda, bagi yang lebih memilih USB Modem bisa mencoba merek Huawei (Beberapa Type ada yang sudah Linux Friendly).
Modem USB Bandluxe C270
Modem Router
Modem Router
Modem Router Mini Wi-Fi
Modem Router Mini Wi-Fi

11 thoughts on “Solusi Koneksi Internet Broadband Pada Linux

  1. jarwadi 30 Oktober 2011 / 09:23

    saya pakai ubuntu 11.10, modem speed up telkomsel flash, untuk konek ke internet masih perlu bantuan sakis3g🙂
    belum lancar langsung pakai network manager🙂

    mungkin bisa bantu saya agar selalu bisa memakai network manager pada speedup saya ini

    terimakasih

  2. Noer 1 November 2011 / 06:12

    Sekarang saya masih pake OS Window. Teman bilang pake Linuk asik juga. Mungkin ke depan perlu jd pilihan saya…
    Selamat siang mas, sukses selalu untuk anda…

  3. Kang asep sule 4 November 2011 / 22:56

    Kalo ane sih lancar2 aje pake ubuntu 10.10 ama kororaa15, modem apa aja yg dicolokin pasti langsung kedetect, termasuk modem yang murah meriah juga bisa. Rajin2 update aja software2nya

  4. Kang Java 7 November 2011 / 08:57

    Sangat bermanfaat kang….🙂

  5. gadgetboi 22 November 2011 / 09:38

    pake bandlux harganya juga lux😀 … saya pake yang harganya setengah saja lah dari huwawei dan ZTE …

  6. abdul rasyid 11 Desember 2011 / 00:35

    sy pemula ubuntu, kbtln pake ubuntu 11.04 muslim edition, namun saya kesulitan menggunakan modem, modem advan telkomsel flash…mohon bantuannya kang…dengan cara yang paling mudah….saya udah coba2 dari hasil penulusuran google tapi hasilya tidak terbaca juga,,,,sekaligus dengan setinganya kang ya….mkash

  7. aryan 6 Januari 2012 / 08:07

    saya masih pake ubuntu 11.04 hampir semua modem yang saya pernah pakai lancar semua bahkan modem HSDPA 200ribuan itu juga lancar… udah cintrong sama 11.04

    • kangtatang 6 Januari 2012 / 18:19

      yup🙂 yang penting produktivitas terjaga dan enjoy menggunakannya🙂

  8. D'aDmiRer 11 Februari 2012 / 04:26

    saya punya modem telkomsel flash gan, tp gak di detect di ubuntu 11.04. Gmn cara settingnya gan?

Tinggalkan Balasan

