Info Banjir Karawang 2014


Banjir Karawang | Sudah hampir 1 minggu lebih sebagian besar wilayah Indonesia didera hujan tiada henti yang menyebabkan banjir. Beberapa kota Besar seperti Jakarta, Bekasi Karawang bahkan sampai ke daerah Indramayu, Subang dan sekarang Pati Kudus serta Jepara serta Manado mendapatkan musibah banjir yang cukup signifikan.  Masyarakat yang terkena musibah banjir merasakan betapa banjir kali ini cukup luar biasa dibandingkan banjir sebelumnya yang pernah mereka alami.

Kabupaten Karawang merupakan salah satu daerah yang terkena musibah banjir musiman terutama ketika pada saat musim hujan tiba. Sebagian besar yang terkena musibah biasanya yang dekat dengan bantaran sungai Citarum dan Cibeet. untuk thaun 2014 ini ada sekitar 24 Kecamatan yang terkena musibah banjir mulai dari daerah yang dekat dengan Karawang Kota sampai yang di daerah pinggiran dan dekat pesisir. Data kecamatan yang terendam banjir di wilayah Karawang berdasarkan informasi yang didapat adalah:

  1. Kecamatan Karawang Barat
  2. Kecamatan Telukjjambe Barat
  3. Kecamatan Telukjambe Timur
  4. Kecamatan Rengasdengklok
  5. Kecamatan Jatisari
  6. Kecamatan Tirtamulya
  7. Kecamatan Cilamaya Wetan
  8. Kecamatan Cilamaya Kulon
  9. Kecamatan Tempuran
  10. Kecamatan Batujaya
  11. Kecamatan Pakisjaya
  12. Kecamatan Banyusari
  13. Kecamatan Tegalwaru
  14. Kecamatan Lemahabang
  15. Kecamatan Rawamerta
  16. Kecamatan Pedes
  17. Kecamatan Cilebar
  18. Kecamatan Karawang Timur
  19. Kecamatan Cibuaya
  20. Kecamatan Tirtajaya
  21. Kecamatan Klari
  22. Kecamatan Telagasari
  23. Kecamatan Jayakerta
  24. Kecamatan Majalaya

Sampai hari saat tulisan ini dimuat, hujan masih turun cukup deras dari pagi hari, hasil survey menunjukan tinggi permukaan air sungai Citarum sudah mulai surut dan beberapa wilayah yang tergenang banjir mulai surut juga tetapi dengan kondisi hujan seperti sekarang dikhawatirkan akan datang banjir susulan.  Kondisi cuaca yang cukup buruk dan hujan yang terus menerus membuat banjir di banyak tempat, yang lebih mengkhawatirkan adalah banjir yang menggenangi jalan raya dan menutupi lubang-lubang yang berbahaya jika dilewati oleh kendaraan bermotor, sudah ada beberapa informasi mengenai kecelakaan dikarenakan terperosok / jatuh kedalam lubang di jalan raya diakrenakan tidak terlihat oleh genangan air.

Pemerintah Kabupaten Karawang sendiri sudah menetapkan status siaga darurat bencana hingga jangka waktu tiga bulan kedepan. Status ini dikeluarkan pasca banjir yang melanda Karawang 13 Januari 2014. Penetapan status ini juga mengacu adanya pertimbangan dari informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang menyatakan dalam jangka waktu tiga bulan kedepan curah hujan akan tinggi.

Pada hari Selasa kemarin,  21 Januari 2014 – Presiden Susilo Babang Yudhoyono datang ke posko Banjir di Terminal 163 Karawang barat guna meninjau langsung kondisi banjir di Karawang, beliau juga menyerahkan bantuan sebesar 1 Milyar untuk para korban banjir. Ada banyak posko banjir yang didirikan di daerah-daerah yang terkena banjir mulai dari PInstansi pemerintahan, perusahaan sampai perguruan tinggi.

Bagi anda yang mau menyalurkan sumbangan kepada korban banjir disarankan untuk langung menyerahkannya kepada korban banjir atau melalui posko-posko yang terkoordinasi.

Berikut ini adalah beberapa dokumen yang didapat dari grup info banjir karawang :

https://www.facebook.com/groups/InfoBanjirKarawang

banjir-karawang
Banjir di Wilayah Perumahan Karaba
banjir-karawang-2
Banjir wilayah cikampek
banjir-karawang-3
Tinggi Air Citarum
banjir-karawang-4
Banjir Wilayah Pakis Jaya
banjir-karawang-5
Banjir wilayah Perumahan Resinda

Semoga cuaca bisa segera membaik dan banjir segera surut, aamiin…


Baca informasi tentang Modem USB di OS Linux pada artikel sebelumnya…

2 thoughts on “Info Banjir Karawang 2014

  1. amin 25 Februari 2014 / 23:41

    Semoga mereka tabah menghadapinya mas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s