Modem USB yang support Linux


Modem Linux | Saat ini perkembangan teknologi internet semakin berkembang dengan pesat, perangkat untuk mengaksesnya pun semakin beragam, bagi anda yang mobile maka saat ini ada banyak pilihan modem internet yang tidak hanya berbentuk USB Modem tetapi juga Mini Wifi atau bahkan menggunakan smartphone yang support tethering dan bisa menjadi akses point wifi. Harga modem yang semakin murah dan dengan fitur yang semakin bagus membuat setiap orang sekarang memiliki kesempatan untuk bisa mengakses internet dengan kecepatan yang tinggi selama operator yang dipergunakan mensupportnya.

Dulu pada saat pertamakali mengenal Linux, kendala yang saya hadapi adalah persoalan akses internet menggunakan modem USB, cukup sulit bagi pemula untuk melakukan setting modemnya menggunakan wv dial dan segala macam hal teknis lainnya. hanya beberapa modem yang sudah support plug and play dan itupun harganya cukup mahal, saat itu saya menggunakan Bandluxe C270 yang support plug and play. pada saat ramai operator CDMA memberikan layanan akses internet murah, kita cukup kesulitan untuk bisa menggunakan layanannya karena modem-modemnya (dengan harga terjangkau) banyak yang tidak support Linux.  Beruntung sekali saat ini semakin banyak produk yang bagus, support OS Linux dengan harga yang terjangkau.

modem usb linux

huawei-e173

modem-2

modem usb di ubuntu

Setelah sekian tahun menggunakan modem lama saya, akhirnya beberapa hari kemarin Modem mulai bermasalah dengan sering terjadi Disconnect secara tiba-tiba, awalnya saya mengira hal ini disebabkan oleh layanan operator yang saya pergunakan, kemudian saya membeli sebuah modem baru – Huawei E173 dan melakukan akses internet menggunakan kartu dari modem yang lama, ternyata lancar jadi memang modem lama saya yang sudah bermasalah. Hal lain yang saya sukai dari Modem baru saya adalah plug and play di Ubuntu (11.10) alias langsung bisa dipergunakan tanpa ribet, harganyapun cukup murah hanya 200 ribuan.

modem usb di ubuntumodem usb di ubuntu

Kesimpulan yang bisa kita ambil, bagi anda yang sekarang ingin menggunakan OS Linux tidak usah khawatir akan permasalahn akses internet atau ketakutan akan melakukan setting yang ribet agar bisa menggunakan modem USB anda pada OS Linux. Perkembangan OS Linux dengan semakin berkembang dan kemampuan dalam mendeteksi banyak perangkat dan dikung oleh perkembangan perangkat akses internet semakin memanjakan sahabat semua dalam menggunakan OS Linux.  Sehingga produktifitas sahabat semua masih tetap terjaga dan tetap efisien. OS Linux semisal Distro Ubuntu saat ini sudah sedemikian modern dan memanjakan para penggunanya.

Bagi anda yang mau mengetahui informasi seputar Indonesian Digital Agency bisa membaca artikel sebelumnya…

salam

3 thoughts on “Modem USB yang support Linux

  1. Andy Barlianto 8 Januari 2014 / 03:29

    terimakasih kang Tatang, very helpful, saat ini saya masih menggunakan Ubuntu 8.04 di laptop dan sedang menjajal Blankon Sajadah 8.0 di desktop🙂

  2. Eligio Moniz do Rego 30 Januari 2014 / 01:20

    GNU/Linux saat ini cukup akrab dengan Modem USB yang ada.

    Nice post juragan🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s