Menurunnya Popularitas Ubuntu


Tidak terasa sudah 1 Tahun lebih OS Ubuntu 10.04 LTS ada dilaptop saya yang sebelumnya menggunakan Ubuntu Versi 9.04. selama ini tidak ada permasalahan seputar Stabilitas dan atau kerusakan File/System oleh Malware Program atau Virus.

Pilihan menggunakan Ubuntu pada awalnya adalah untuk kemudahan penggunaan serta kemudahan untuk mengkampanyekan Open Source OS itu sendiri, soalnya pasti akan terasa sulit bagi pemula jika langsung diperkenalkan kepada OS Linux dengan level Advance seperti Slackware.

Alasan Lain adalah karena kemampuan Ubuntu dalam mendeteksi Peripheral lain seperti Modem USB yang sedikit lebih bagus dibandingkan OS Linux yang lain, dalam beberapa kasus OS Ubuntu juga lebih mudah mendeteksi Perangkat Grafis semisal VGA Card pada komputer kita dibandingkan OS Linux yang lain dan kemudahan ini yang membuat Popularitas Ubuntu cukup tinggi dan banyak dipergunakan oleh banyak orang.

Popularitas Ubuntu
Popularitas Ubuntu

Sayang sekali saat ini semenjak Versi 11.04, Ubuntu menggunakan Unity sebagai Desktop managernya menggantikan Gnome 2, hal ini mulai menimbulkan banyak masalah dan bagi para pengguna Veteran, Unity sedikit merepotkan dan kurang begitu Friendly dalam menggunakannya berbeda dengan GNOME atau KDE. Bagi yang memiliki kemampuan untuk mensetting sendiri biasanya akan mengganti Unity dengan Gnome 2.

Unity Desktop Manager memang lebih ditujukan untuk perangkat Touchscreen seperti Tablet atau Gadget lainnya. sehingga bagi pengguna Desktop atau Laptop kurang begitu menyukainya meskipun secara tampilan tampak Indah.

Beberapa alasan diatas membuat Peringkat Popularitas Ubuntu sekarang menurun dan Posisinya tergantikan oleh OS Linux Mint yang merupakan Distro hasil pengembangan dari Ubuntu. Hal ini bisa kita lihat di Distrowatch.com.

Saya sendiri ketika mencoba menggunakan Ubuntu Versi 11.04 dan 11.10 mengalami masalah, selain berhubungan dengan Unity juga dengan kemampuan Hardware yang terasa cukup berat untuk menjalankan Ubuntu Versi terbaru.

Memang Ubuntu versi terakhir sewaktu dicoba ternyata membutuhkan Resource Hardware yang cukup besar sehingga untuk Komputer lama akan terasa berat menjalankannya. Pilihan pengguna dengan komputer lama biasanya akan jatuh kepada versi ringannya yaitu Xubuntu atau Lubuntu.

Untuk Linux Mint sendiri, ketika dicoba menggunakan Versi 11 (Turunan Ubuntu 11.04)  masih oke dan cukup bersahabat ketika digunakan pada laptop saya, berbeda dengan Versi terakhir yaitu Linux Mint 12 yang merupakan turunan dari Ubuntu 11.10 tidak bisa dijalankan di Laptop dan hanya bisa berjalan di PC Desktop saya yang memiliki resource hardware Prosesor lebih bagus.

Akhir kata semua dikembalikan kepada pilihan masing-masing,  apapun Distro Linuxnya Kernelnya tetap Linux 🙂

Iklan

17 tanggapan untuk “Menurunnya Popularitas Ubuntu

    1. Memang terkadang, terlalu banyak pilihan juga malah bikin kita tambah bingung untuk memilih 🙂
      padahal kalau diurut keatas, Basis Distro utamanya sebetulnya cuma beberapa saja 🙂
      karena sebagain besar distro baru hanya meremaster dari segi tampilan dan performance aja, hanya beberapa yang mengkompilasi ulang kernelnya sehingga memiliki kemampuan deteksi hardware lebih baik.

      nah ketika 11.04 muncul, ane mulai tertarik menggunakan Linux Mint nich… he. he…. 😀

    1. Betul.. betul… ada bagusnya juga banyak yang lari pake BlankOn 😀 he.. he..
      dan untuk pengguna komputer uzur seperti saya pilihannya adalah melirik Distro yang lebih ramah utk spek kita
      semisal PCLinuxOS, Xubuntu, Zenwalk dll. 🙂

  1. Saya juga kurang menyukai Unity dan sekarang kebanyakan distro dengan Gnome 3 memang butuh hardware dan resource yang lebih tinggi lagi. 😦
    Perkiraan saya Ubuntu akan berada di puncak klasemen lagi, Kang. 😆

    Yeah, dengan spek komputer yang sama, saya pilih desktop yang ringan-ringan saja. 😀

    1. He.. he… 😀 untuk membiasakan menggunakan Unity memang perlu sedikit waktu 🙂
      saya juga sudah kena racun Gnome jadi pas pake Unity pada awalnya banyak kesal karena belum terbiasa 🙂

  2. jangan beralih dari LTS kang! kalau saja Ubuntu saya tidak ngadat, saya akan tetap menggunakan si Lucid! GNOME3 bukan untuk saya. saya pun lebih suka gnome klasik. semoga di LTS berikutnya (12.04) nanti (masih) ada opsi ke klasik 😀 …

    1. kalau dari segi tampilan Banyak 😀 tinggal coba aja Distro yang pakai KDE seperti Kubuntu, opensuse atau PCLinuxOS. sedangkan kalau mencari mirip dari segi lainnya – tidak ada, Linux menggunakan system dan aplikasi tersendiri 😀
      jadi kemungkinan anda hanya menemukan padanan aplikasi saja.

        1. Ada Zorin OS yang baru nih. Mungkin bisa jadi pertimbangan. Saya pake Ubuntu 12.04 tapi masih kesulitan nyambungin modem Venus fast2 nih.. Kalau ada yg bisa bantu tolong kasih tau ya 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s