Menurunnya Popularitas Ubuntu


Tidak terasa sudah 1 Tahun lebih OS Ubuntu 10.04 LTS ada dilaptop saya yang sebelumnya menggunakan Ubuntu Versi 9.04. selama ini tidak ada permasalahan seputar Stabilitas dan atau kerusakan File/System oleh Malware Program atau Virus.

Pilihan menggunakan Ubuntu pada awalnya adalah untuk kemudahan penggunaan serta kemudahan untuk mengkampanyekan Open Source OS itu sendiri, soalnya pasti akan terasa sulit bagi pemula jika langsung diperkenalkan kepada OS Linux dengan level Advance seperti Slackware.

Alasan Lain adalah karena kemampuan Ubuntu dalam mendeteksi Peripheral lain seperti Modem USB yang sedikit lebih bagus dibandingkan OS Linux yang lain, dalam beberapa kasus OS Ubuntu juga lebih mudah mendeteksi Perangkat Grafis semisal VGA Card pada komputer kita dibandingkan OS Linux yang lain dan kemudahan ini yang membuat Popularitas Ubuntu cukup tinggi dan banyak dipergunakan oleh banyak orang.

Popularitas Ubuntu
Popularitas Ubuntu

Sayang sekali saat ini semenjak Versi 11.04, Ubuntu menggunakan Unity sebagai Desktop managernya menggantikan Gnome 2, hal ini mulai menimbulkan banyak masalah dan bagi para pengguna Veteran, Unity sedikit merepotkan dan kurang begitu Friendly dalam menggunakannya berbeda dengan GNOME atau KDE. Bagi yang memiliki kemampuan untuk mensetting sendiri biasanya akan mengganti Unity dengan Gnome 2.

Unity Desktop Manager memang lebih ditujukan untuk perangkat Touchscreen seperti Tablet atau Gadget lainnya. sehingga bagi pengguna Desktop atau Laptop kurang begitu menyukainya meskipun secara tampilan tampak Indah.

Beberapa alasan diatas membuat Peringkat Popularitas Ubuntu sekarang menurun dan Posisinya tergantikan oleh OS Linux Mint yang merupakan Distro hasil pengembangan dari Ubuntu. Hal ini bisa kita lihat di Distrowatch.com.

Saya sendiri ketika mencoba menggunakan Ubuntu Versi 11.04 dan 11.10 mengalami masalah, selain berhubungan dengan Unity juga dengan kemampuan Hardware yang terasa cukup berat untuk menjalankan Ubuntu Versi terbaru.

Memang Ubuntu versi terakhir sewaktu dicoba ternyata membutuhkan Resource Hardware yang cukup besar sehingga untuk Komputer lama akan terasa berat menjalankannya. Pilihan pengguna dengan komputer lama biasanya akan jatuh kepada versi ringannya yaitu Xubuntu atau Lubuntu.

Untuk Linux Mint sendiri, ketika dicoba menggunakan Versi 11 (Turunan Ubuntu 11.04)  masih oke dan cukup bersahabat ketika digunakan pada laptop saya, berbeda dengan Versi terakhir yaitu Linux Mint 12 yang merupakan turunan dari Ubuntu 11.10 tidak bisa dijalankan di Laptop dan hanya bisa berjalan di PC Desktop saya yang memiliki resource hardware Prosesor lebih bagus.

Akhir kata semua dikembalikan kepada pilihan masing-masing,  apapun Distro Linuxnya Kernelnya tetap Linux🙂

17 thoughts on “Menurunnya Popularitas Ubuntu

  1. pengguna ubuntu 10.10 7 Desember 2011 / 08:08

    ane jadi bingung dg banyaknya distro yg ada sekarang, dulu sih setia ame ubuntu sejak 9.04 sampe 10.10.
    Pas keluar 11.04, ane mentok, mo pindah kemana?

    • kangtatang 7 Desember 2011 / 12:13

      Memang terkadang, terlalu banyak pilihan juga malah bikin kita tambah bingung untuk memilih🙂
      padahal kalau diurut keatas, Basis Distro utamanya sebetulnya cuma beberapa saja🙂
      karena sebagain besar distro baru hanya meremaster dari segi tampilan dan performance aja, hanya beberapa yang mengkompilasi ulang kernelnya sehingga memiliki kemampuan deteksi hardware lebih baik.

      nah ketika 11.04 muncul, ane mulai tertarik menggunakan Linux Mint nich… he. he….😀

  2. sangmadesu 7 Desember 2011 / 08:47

    hehehe….. itu juga terasa di komunitas disini om bnyak yg mninggalkan ubuntu dan beralih ke fedora dan opsus……… ktanya berat banget……

    • kangtatang 7 Desember 2011 / 12:11

      Betul.. betul… ada bagusnya juga banyak yang lari pake BlankOn😀 he.. he..
      dan untuk pengguna komputer uzur seperti saya pilihannya adalah melirik Distro yang lebih ramah utk spek kita
      semisal PCLinuxOS, Xubuntu, Zenwalk dll.🙂

  3. agung 10 Desember 2011 / 05:04

    Saya juga kurang menyukai Unity dan sekarang kebanyakan distro dengan Gnome 3 memang butuh hardware dan resource yang lebih tinggi lagi.😦
    Perkiraan saya Ubuntu akan berada di puncak klasemen lagi, Kang.😆

    Yeah, dengan spek komputer yang sama, saya pilih desktop yang ringan-ringan saja.😀

  4. Noer 14 Desember 2011 / 04:41

    Nambah info lagi dari tulisan ini. Sukses selalu untuk anda mas…

  5. eri 18 Desember 2011 / 11:08

    tapi ubuntu 11.10 saya nyoba , ternyata lumayan keren loh unity, yah walopun belon gitu terbiasa, masih terbiasa ama gnome….:D

    • kangtatang 18 Desember 2011 / 13:52

      He.. he…😀 untuk membiasakan menggunakan Unity memang perlu sedikit waktu🙂
      saya juga sudah kena racun Gnome jadi pas pake Unity pada awalnya banyak kesal karena belum terbiasa🙂

  6. obat alternatif 22 Desember 2011 / 03:43

    saya kurang paham dengan masalah kayak ginih,paling nanya ke sohib aja
    Salam kenal kang

  7. gadgetboi 6 Januari 2012 / 12:16

    jangan beralih dari LTS kang! kalau saja Ubuntu saya tidak ngadat, saya akan tetap menggunakan si Lucid! GNOME3 bukan untuk saya. saya pun lebih suka gnome klasik. semoga di LTS berikutnya (12.04) nanti (masih) ada opsi ke klasik😀 …

    • kangtatang 6 Januari 2012 / 18:18

      Sambil menunggu LTS 12.04 marilah kita survey dan testing distro yang lain🙂

  8. Pandu Aji Wirawan 24 Januari 2012 / 09:24

    Setuju mas, saya juga kurang suka dengan Unity, enak gnome biasa saja. meski cantik useless bahkan terkadang malah merepotkan. saya dual boot dengan linux mint 9😀

  9. husus 20 Maret 2012 / 19:10

    ada recomend os linux yang mirip windows gak?
    soalnya saya lagi mau belajar linux..:D
    :malu:

    • kangtatang 23 Maret 2012 / 17:41

      kalau dari segi tampilan Banyak😀 tinggal coba aja Distro yang pakai KDE seperti Kubuntu, opensuse atau PCLinuxOS. sedangkan kalau mencari mirip dari segi lainnya – tidak ada, Linux menggunakan system dan aplikasi tersendiri😀
      jadi kemungkinan anda hanya menemukan padanan aplikasi saja.

      • husus 22 April 2012 / 22:57

        oh gitu kang…
        oke deh kang thanks buat rekomendasinya…
        mulai oprak oprek,, moga bisa dah..😀

        • Putrowangi 15 Juli 2012 / 07:45

          Ada Zorin OS yang baru nih. Mungkin bisa jadi pertimbangan. Saya pake Ubuntu 12.04 tapi masih kesulitan nyambungin modem Venus fast2 nih.. Kalau ada yg bisa bantu tolong kasih tau ya😀

  10. sigitdanirma 2 April 2012 / 12:48

    Saya juga mau migrasi dari windows ke linux ini.lebih tertarik pada linux.

Tinggalkan Balasan

