Linux Untuk Pemula


Linux Untuk Pemula

Apa kabar Sahabat? Cukup lama blog ini tidak saya update, hal ini berkaitan erat dengan beberapa aktivitas saya yang cukup menyita waktu dan membuat Blog kesayangan ini terbengkalai. dari banyak komentar yang masuk di Blog ini saya bisa simpulkan bahwa masih banyak rekan dan sahabat yang masih cukup bingung untuk memilih distro Awal ketika memulai menggunakan OS Linux, biasanya saya akan memberikan banyak pilihan yang dirasa cukup bagus untuk dipergunakan.

Tampilan Linux Mint 11

Salah satu Distro Linux yang cukup bagus untuk Pemula adalah Linux Mint, distro Linux ini berbasiskan Debian dan Ubuntu sehingga paket-paket aplikasi untuk Debian atau Ubuntu bisa kompatible dengan Distro Linux Mint. Pertimbangan dasar untuk memilih Distro Ini karena fitur codec multimedia sudah disertakan secara lengkap jika anda menggunakan DVD Installer yang full berbeda dengan Installer dasar Ubuntu yang memerlukan Installasi tambahan codec multimedia untuk bisa memutar multimedia, selain itu beberapa pilihan aplikasi dasar yang disertakan juga lumayan banyak dan kemampuan deteksi Hardware yang sangat baik.

Tampilan Menu Linux Mint versi Gnome juga sudah dibuat sedemikan rupa sehingga mudah digunakan dan memiliki tampilan yang menarik. Bagi pengguna Windows tentu tidak akan kesulitan untuk menggunakan distro Linux Mint, ini disebabkan oleh tampilannya yang cukup familiar. OS Linux Mint akan membuat tampilan dan kinerja PC Desktop atau Laptop anda akan semakin cepat dan tangguh terutama yang sangat penting adalah Virus dan Malware Free alias tidak mempan terinfeksi Virus (Windows), ini merupakan salah satu keunggulan OS Linux dibandingkan OS lain dan berkaitan erat dengan keamanan data serta sistem komputer anda.

Jika anda merasa Pemula dan ingin mencoba atau beralih ke OS Linux, saya rekomendasikan untuk menggunakan Linux Mint sebagai langkah awal dan jika nanti sudah terbiasa dengan lingkungan Isistem Operasi Linux maka anda bisa mencoba menggunakan Distro lainnya, tentunya juga dengan lisensi yang Bebas dan Merdeka.

Download Linux Mint disini : http://www.linuxmint.com/download.php

Download Buku Panduan menggunakan Linux Mint Disini.

Salam

21 thoughts on “Linux Untuk Pemula

  1. justpurno 6 Oktober 2011 / 15:43

    sama kang…saya juga pemula linux

    • unyuuu 12 Mei 2012 / 02:29

      ia cama kang baru pemula juga tapi blom belajar……..brbrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr

  2. Ash 9 Oktober 2011 / 11:05

    link buku panduannya kok ga ada…..

    • kangtatang 9 Oktober 2011 / 12:25

      Waduh maaf, baru nyadar Linknya lom dipasang😀 sudah saya edit…🙂

  3. Abed Saragih 28 Oktober 2011 / 03:51

    Kunjungan lagi ke blog ini… hehehe🙂
    ditunggu kunjungan dan komentar baliknya🙂
    salam persahabatan🙂

  4. The-Netwerk 5 November 2011 / 05:00

    hanya ingin mengikuti postingan agan .
    postingan yang menarik dan menambah pengetahuan .
    nice gan .

    sempatkan mampir ke website kami
    _http://www.the-netwerk.com

  5. sundoko 3 Desember 2011 / 11:46

    Os linux sepertinya sangat ingin saya pergunakan untuk sistem operasi di laptop saya. tapi saya harus lebih banyak tahu tentang apa itu Os linux. Sebab masih awam dengan sistem Os linux tersebut. Terima kasih informasinya. salam kenal.

  6. sundoko 18 Desember 2011 / 04:23

    sangat pengen banget mencoba linux mint di laptop saya yang mana tidak mempan terinfeksi virus. Terima kasih informasinya. salam kenal.

  7. eko marwanto 10 Januari 2012 / 04:17

    Wah terima kasih sekali kang… aku newbie banget di linux-linuxan. Mulai mencoba linuk dan mengopen sourcekan semua peralatan2 qu

  8. endriawan 10 Maret 2012 / 23:20

    gan..uda sy install tp kq soundx tdk bsa ya,,pdahal driverx uda…apakah ada yg kurg???

    • kangtatang 11 Maret 2012 / 07:44

      Pake PC atau Laptop? soundcard onboard atau add on card?

      • abdus shomad 27 Oktober 2012 / 13:53

        selamat malam
        maaf mau tanya kang saya awam nih
        laptop saya asus A43 E
        bisa di instal linux ini kan ( diatas ada yg mengakibatkan sound nggak bunyi ya)
        maaf mengganggu kang hehe

        • kangtatang 28 Oktober 2012 / 08:41

          Pasti bisa, tinggal cari Distro yang cocok aja dan bisa mengenali hardwarenya dengan baik😀

  9. prasetyopanji 22 Juni 2012 / 12:16

    saya sudah install linux mint 10 tapi masih belum paham bener, masih newbie😀 mohon bantuannya

  10. bara 10 Oktober 2012 / 03:03

    kang tatang yang baik
    saya pemula di linux kalo buat awalan yang baik pake yg KDE atau MATE atau CINNAMON
    saya pake laptop seri N
    mohon pencerahanya kang .

    • kangtatang 12 Oktober 2012 / 16:40

      semuanya sama saja, pilih saja mana yang suka dan mulai membiasakan untuk menggunakannya🙂

  11. vanduber 20 Februari 2013 / 07:37

    great info. aku selalu terkecoh kalo pake linux:/

    Konsultan Pajak

  12. Andika 28 Juli 2013 / 23:21

    Saya juga nginstal Mint utk prkenalan dgn Linux Bang, Udah nyaman banget krna ga prlu nginstal program” Lgi🙂
    yg saya btuhkan skrg cara customize tmpilannya cuman syang blum ada koneksi intrnet😀

  13. Eska Go Ahead 2 Maret 2015 / 11:54

    Kang, stlh instal mint touchpad kurang sensitif. Mnt solusi donk hhehe

    • kangtatang 17 Maret 2015 / 13:24

      kalau gak salah bisa disetting tingkat sensitivitasnya…😀

Tinggalkan Balasan

