7 alasan utama menggunakan Distro Ubuntu


CD Ubuntu dari Ship It
CD Ubuntu dari Ship It

Sahabat, bagi anda yang sudah menggunakan Linux sebagai Operating System di komputer anda, apa alasan utama anda menggunakan OS Linux tersebut? tentu tidak mungkin jika anda menggunakannya tanpa alasan yang jelas.

Bagi saya banyak yang menjadikan alasan untuk menggunakan OS Linux. Saat ini saya sedang menggunakan Distro Ubuntu 9.10 Karmic Koala sebagai OS Laptop saya. bagi sahabat yang masih menimbang-nimbang untuk bermigrasi menggunakan OS Linux, barangkali 7 alasan saya dalam menggunakan Distro Ubuntu bisa membantu memotivasi anda.

7 Alasan Utama :

  1. Ubuntu memiliki Lisensi Free/Gratis dan bebas untuk dimodifikasi, diperbanyak dan diinstal di banyak unit komputer milik anda.
  2. Dukungan Support untuk Aplikasi sangat banyak, bahkan anda bisa mengembangkan Aplikasi sendiri.
  3. Dukungan Komunitas yang cukup besar sehingga memudahkan anda untuk mencari bantuan dalam menggunakan distro ini.
  4. Dukungan Dokumentasi dari pengembang yang lengkap.
  5. Update yang konsisten dari pengembang.
  6. Stabilitas serta ketangguhan.
  7. User friendly serta memiliki kemampuan dalam deteksi Hardware yang baik (gak cape install driver satu persatu).

Nah itu semua adalah alasan saya menggunakan Distro Ubuntu, bagaimana dengan anda?

CD Ubuntu dari Ship It
CD Ubuntu dari Ship It

salam

Kang Tatang

24 thoughts on “7 alasan utama menggunakan Distro Ubuntu

  1. gadgetboi 25 Mei 2010 / 01:33

    Uih … dah dateng😦 …. Saya kok belom yah … *ngiri:mrgreen: *

    • kangtatang 25 Mei 2010 / 11:47

      wkkkk, pak pos emang sangat baik hati sama saya :))

  2. lilincilik 25 Mei 2010 / 19:46

    Punten kang Tatang. Sudah dua minggu ini saya berhenti pakai ubuntu 9.10. Asyik sebenarnya pengalaman saya pakau ubuntu, selain keuntungan alasan di atas. Gara-gara kedatangan 10.04, saya bermaksud update, eh malah ngadat. Saya recover tidak bisa. Apes. Celakanya cdroom saya pas jebol, sampai sekarang belum ganti, Jadi saya coba bikin installer dari usb, tapi gagal melulu. Ada saran Kang? Trimakasih.

    • kangtatang 25 Mei 2010 / 23:40

      @Lilincilik, hem…..alternatifnya…. : pertama menggunakan Drive Optic External, menginstall lewat LAN, Install dengan cara mounting ISO, membuat live USB dengan menggunakan Unetbootin. utk detail tekniknya silahkan di googling🙂 saya coba kumpulkan materinya utk diposting.

  3. agung 26 Mei 2010 / 14:28

    Ntar kang jika Netbook di toko sudah ku tebus akan saya pasang UNR dech😀
    BTW ngiri juga nih:mrgreen: belum pernah berhasil sama Ship It

    • kangtatang 26 Mei 2010 / 21:34

      he.. he… sip lah😀 btw kenapa ship it nya gagal?

      • agung 29 Mei 2010 / 11:37

        Kangtatang,
        Sebenarnya alamat kantor itu cepet kalo ada kiriman dari kampung, tapi kalo dari Canonical Ltd. kurang tahu, baru nyoba pertama di versi Lucid Lynx dan mudah-mudah di setujui oleh pihak Canonical Ltd. (biar rekan-rekan kerja bisa tertarik juga) hehe😀

        BTW donlot dari warnet lebih cepet tapi kurang keren kayaknya xixixi…

  4. gadgetboi 27 Mei 2010 / 09:03

    hohoho … akhirnya datang juga kang Ubuntu saya😆 *jingkrak-jingkrak* ini lagi tes drive … kok saya pasang wvdial dan saya setting sesuai racikan saya, gagagal terus yah😦 sekarang “terpaksa” saya pake network manager dech:mrgreen:

    • kangtatang 27 Mei 2010 / 10:16

      @Gadgetboi, mantap kan! he.. he… gak pake Wvdial 🙂

  5. mulunix 3 Juni 2010 / 02:37

    saya baru aja pakek ubuntu 10.4
    ubuntu emang keren🙂

    • kangtatang 3 Juni 2010 / 03:27

      ha..ha… keren kan?😀 silahkan lengkapi aplikasinya..😀

  6. idris effendi 4 Juni 2010 / 02:32

    salam
    kang tatang
    di ubuntu 10.4 ada efek apinya ga?
    kalau di 9.4 dan 9.10 ada.
    pingin ketemu neh sama kang tatang pingin belajar banyak.
    terimakasih

    • kangtatang 4 Juni 2010 / 12:32

      setahu saya masih ada [soalnya saya jarang pake] wkkkk kalau mau ketemu ikut saja sama dian/Ianx. nanti minggu tgl 6 mei kita ada acara kopdar.

  7. aidil 5 Juni 2010 / 01:43

    hahahaha akhir nya saya mau pesan ubuntu juga…..

  8. aidil 5 Juni 2010 / 01:57

    kapan ya datang nya cd ubuntu saya?????

  9. agung 22 Juni 2010 / 08:53

    Hari ini pesananku sudah saya ambil di kantor pos kang, ternyata tidak nyampe ke kantor, tapi ndak apa-apa.

    Nanti malem buat modal postingan hehehe😀

    • kangtatang 23 Juni 2010 / 14:37

      Mantap! yang penting udah sampe🙂 he.. he…

  10. Realodix 25 Juni 2010 / 00:57

    Jd pgn memakai Ubuntu juga nh.. Untuk Laptop, Linux memang sangat ringan..

  11. ridho1806 19 Oktober 2010 / 11:09

    saya suka ama ubuntu……….

    ringan n ga gampang hang………………

    mudah dan aman…..

    kalo kelamaan nunggu cd, download aja……..

  12. priyo 20 Desember 2010 / 01:30

    kang mo nanya, ad software untuk billing warnet yang pas pada ubuntu gak ya, klu ad mohon infonya ya, klu saya bisa ngerti dan faham tentang linux, rencananya akan tutup JENDELA,. nuhun kang

  13. arhsa 24 Januari 2011 / 10:42

    aslm.
    kang, kemarin saya berhasil download Sabily Manarat, udah diinstal, kerenlah. printer epson tx111 bisa kedetek dan bisa ngeprint. tapi ada masalah dengan hp laserjet p1005 dan hp laserjet p1102 gak bisa jalan. kedetek sih, cuma ga mau ngeprint. nyuhunkeun solusina kang.

    masalah kedua, mp3 ga bisa dibuka. padahal saya pake ubuntu muslim edition bisa. mp3 player apa yang bisa dipake?

    masalah ketiga, bagaimana cara instal modem smart haier dp1200 dan zte 2726 ui? pusying saya googling.

    dari dulu saya pengen migrasi, udah ngumpulin linux (sebagian ga bisa dipake). tapi saya masih mempelajari instalasi printer dengan koneksi internet, kalo ga bisa konek mah ga bisa minta tolong ka dulur atuda.

    please kang. kalo sudah bisa caranya, saya mau migrasi total. sekarang saya lagi bikin tutorial ubuntu muslim edition, buat kawan-kawan yang mau migrasi. diantos kana email sim kuring.

    salam ti garut

Tinggalkan Balasan

