Laptop Baru, Distro Apa yang Cocok untuk dipasang


Pembaca sekalian, sahabat saya baru saja membeli sebuah laptop baru dengan merek Accer Aspire 4810T. Aslinya Laptop ini preinstalled Windows Vista tetapi entah kenapa beliau menggantinya dengan menggunakan Windows XP Pro.

Beberapa hari yang lalu teman saya tersebut datang kerumah dan berkonsultasi tentang rencananya untuk menggunakan distro Linux di Laptopnya tersebut, saya sarankan untuk mencoba beberapa Live CD Distro Linux untuk dipilih. Beruntungnya beliau menggunakan merek Accer, kebanyakan Distro Major berjalan denan baik dan mulus tanpa ada kendala teknis yang berarti, bahkan kompiz bisa berjalan dengan baik juga.

Setelah mencoba beberapa Live CD mulai dari Ubuntu, PCLinuxOS 2009, Sabily, Knoppix, Fedora Live, OpenSUSE Live dan lain lain, teman saya malah bingung sendiri karena semuanya bagus dan menarik. untuk tipikal desktop worker saya sarankan untuk menggunakan Ubuntu. dan sebaiknya menggunakan Live CD terlebih dahulu sampai dirasa cukup nyaman dan terbiasa.

saat ini sahabat saya masih bersenang-senang dengan beberapa distro Linux hasil copy dari saya.

artikel tentang Bekasi Bersih Partisipasi Blogger

Salam

Kangtatang

26 thoughts on “Laptop Baru, Distro Apa yang Cocok untuk dipasang

  1. masbadar 22 Februari 2010 / 07:47

    kang, mugnkin sahabat anda punya pengalaman yg sama dengan saya.. OS preinstalled memang kurang baik, mending beli laptop blank, install sendiri..
    btw: linux deui linux deui bahasna..😀

  2. Gadgetboi 22 Februari 2010 / 16:46

    Maknyus… Kok enga ada spek-nya kang?:mrgreen:

  3. kangtatang 22 Februari 2010 / 17:59

    masbadar :

    kang, mugnkin sahabat anda punya pengalaman yg sama dengan saya.. OS preinstalled memang kurang baik, mending beli laptop blank, install sendiri..
    btw: linux deui linux deui bahasna.. :D

    Betul, saya lebih setuju jika kita membeli laptop seperti membeli HP yang kita bebas untuk memilih operator untuk dipergunakan😀

  4. kangtatang 22 Februari 2010 / 18:03

    Gadgetboi :

    Maknyus… Kok enga ada spek-nya kang? :mrgreen:

    he.. he… :
    * CPU:Intel Core 2 Solo CPU SU3500 (3 MB L2 cache, 1.40 GHz, 800 MHz FSB)
    * Screen:14.1-inch HD 1366×768 pixel resolution Acer CineCrystal LED-backlit TFT
    LCD display
    * Memory:2 GB Dual-channel DDR3 SDRAM support, Up to 4 GB of DDR3 1066 MHz memory,
    upgradeable to 8 GB using two soDIMM modules (requires 64 bit Operating System)
    * Operating System:Genuine Windows Vista Home Basic
    * Hard Disk:320 GB HDD
    * LAN: Gigabit Ethernet, Wake-on-LAN ready
    * Optical Media drive: 8X DVD-Super Multi double-layer drive
    * Wifi:Wireless LAN 802.11 b/g
    * Bluetooth:Bluetooth 2.0+EDR (Enhanced Data Rate)
    * USB:3 USB 2.0 ports
    * Audio:Integrated Sound card
    * Graphics:Intel GMA 4500MHD
    * Carrybag:Yes
    * Battery:6-cell Lithium-Ion (Li-Ion) battery
    * Warranty:1 Year Limited International Warranty (Carry-in)
    * Camera:Integrated Acer Crystal Eye high-def webcam, featuring 640 x 480 @ 30 fps
    * Other ports:Multi-in-1 card reader (SD, MMC, MS, MS PRO, xD), HDMI port with
    HDCP support

  5. Ardhie 23 Februari 2010 / 09:14

    Kapan ya sy bisa beli laptop baru😀

  6. Gadgetboi 23 Februari 2010 / 12:18

    Kang, saya kemarin baru selesai update pclinuxos 2009.1! Busyet sampe 700mb! Gak tau deh itu update apa upgrade😆 tapi pas selesai vga intel jauh lebih lancar plus boot dan shutdown jauh lebih cepet!
    Kurang tahu kalau ini distro udah jadi pclinuxos 2010 apa masih pclinuxos 2009 (atau jadi 2009.2) karena saya liat paket2nya ada yang 2009 dan 2010… Tapi sayang firefox belum ada versi 3.5 di reponya😦

  7. kangtatang 23 Februari 2010 / 15:33

    Ardhie :

    Kapan ya sy bisa beli laptop baru :D

    Bentar lagi kan gajian.. beli aja kang🙂
    btw, kemana aja baru bersua?

  8. kangtatang 23 Februari 2010 / 15:35

    Gadgetboi :

    Kang, saya kemarin baru selesai update pclinuxos 2009.1! Busyet sampe 700mb! Gak tau deh itu update apa upgrade :lol: tapi pas selesai vga intel jauh lebih lancar plus boot dan shutdown jauh lebih cepet!
    Kurang tahu kalau ini distro udah jadi pclinuxos 2010 apa masih pclinuxos 2009 (atau jadi 2009.2) karena saya liat paket2nya ada yang 2009 dan 2010… Tapi sayang firefox belum ada versi 3.5 di reponya :(

    Widih.. mantap! sayang saya sekarang minus bandwith :)) jadi pake yang standar aja😀

  9. Biben 24 Februari 2010 / 11:19

    Pengen sih nyoba linux buat laptop saya yang acer aspire 2920,, tapi rada takut nih,, takut g bisa makenya :p,,
    oiah salam kenal iah kan artikelnya bagus-bagus kebetulan saya juga kepingin nyoba linux jadi belajar dulu,,😀 makasih sharenya..

  10. kangtatang 24 Februari 2010 / 12:02

    Biben :

    Pengen sih nyoba linux buat laptop saya yang acer aspire 2920,, tapi rada takut nih,, takut g bisa makenya :p,,
    oiah salam kenal iah kan artikelnya bagus-bagus kebetulan saya juga kepingin nyoba linux jadi belajar dulu,, :D makasih sharenya..

    Hi… Hi… makanya saya selalu menganjurkan kepada teman2 saya untuk menggunakan LIVE CD terlebih dahulu dalam menggunakan Linux, tidak perlu diinstall & tidak menganggu hardisk sedikitpun.
    seperti cerita yang diuraikan diatas, screenshoot diataspun semuanya diambil ketika menggunakan Lice CD.
    Salam

  11. Biben 24 Februari 2010 / 12:51

    Oh gitu ya kang,,
    kira” bisa dapet live CDnya Dimana ya?
    baru tau😆 ..
    makasih lagi..

  12. kangtatang 24 Februari 2010 / 13:54

    Biben :

    Oh gitu ya kang,,
    kira” bisa dapet live CDnya Dimana ya?
    baru tau :lol: ..
    makasih lagi..

    hi..hi… bisa download semisal di kambing.ui.ac.id atau lihat refferensinya terlebih dahulu di distrowatch.com atau membeli di toko.baliwae.com, tinggal pilih🙂

  13. uthdean 24 Februari 2010 / 16:04

    Thank gan infonya. Aku juga suka tuh nyoba-2 banyak linux liveCD sampai koleksinya bejibun.

  14. Gadgetboi 25 Februari 2010 / 10:50

    Mau tahu kang. Xl akang itu berapa kbps max di daerah akang?

  15. kangtatang 25 Februari 2010 / 14:39

    Gadgetboi :

    Mau tahu kang. Xl akang itu berapa kbps max di daerah akang?

    Cuma 58 Kbps😀 soalnya cuma dapet sinyal GPRS.

  16. Biben 26 Februari 2010 / 10:34

    wah nuhun pisan kan..
    langsung sedot ah..

  17. kangtatang 27 Februari 2010 / 16:06

    fathur :

    sabaraan tah ?

    tujuh jutaan, tapi aya anu lebih bagus & murah, merek asus sudah core2duo, 2 Gb memori cuma 5.5 juta….

  18. gadgetboi 27 Februari 2010 / 23:57

    Glek! :O 58kbps? Cukup mengenaskan😆 hehehe… Sama nya teu di karawang teu bekasi…

  19. kangtatang 28 Februari 2010 / 14:40

    gadgetboi :

    Glek! :O 58kbps? Cukup mengenaskan :lol: hehehe… Sama nya teu di karawang teu bekasi…

    ha..ha… kalau di Bekasi kayaknya bakalan bagus, soalnya XL hanya maksimal didaerah Jabodetabek.😀 saya ketika menggunakan di Jakarta, dapat sinyal Full HSDPA.

  20. kangtatang 9 Maret 2010 / 13:46

    yogieza :

    mantab Gannnnnnnnnn

    Yup, betul-betul mantap😀

  21. woelank 15 Maret 2010 / 11:26

    saya pake aspire 5920G dipasang win7 ulti x64 ama jolycloud….
    (padahal dibawahnya ada tempelan win xp pro ama vista home premium OEM)

  22. kangtatang 15 Maret 2010 / 12:41

    woelank :

    saya pake aspire 5920G dipasang win7 ulti x64 ama jolycloud….
    (padahal dibawahnya ada tempelan win xp pro ama vista home premium OEM)

    keren… keren….😀 punya saya akhirnya dipasang Ubuntu😀 kalo kangen yang lain tinggal pasang Live CD😀

  23. arie 14 Agustus 2011 / 12:17

    punya aye acer 4750G
    Dgn vga intel HD Graphics 3000, tapi koq gk ke detek ya vganya..? Terus saya gk bisa make efek visualnya..!! Beri solusi dunk kang..!!
    saya pake linux 10.10

    :i believe linux will succes OS in the future:

Tinggalkan Balasan

