Mudahnya Menggunakan Ubuntu 9.10 Karmic Koala


Apa kabar Sahabat? semoga semuanya selalu dalam lindungan Tuhan YME.

Dua hari yang lalu saya membeli majalah Info Linux Edisi No 01/2010 dengan bundled DVD Installer Ubuntu 9. 10 Karmic koala Plus Extra [repository] serta dalam DVD tersebut terdapat ISO Distro Kubuntu 9.10, Linux Mint 8, Xubuntu 9.10 dan Ubuntu 9.10 Netbook Remix [spesial untuk Netbook].

Saya kemudian seperti biasa mencoba DVD tersebut secara LIVE CD, pada saat pertama dirilis dulu sebetulnya saya sudah mendownload File ISO dan sudah memburningnya.

Desktop Ubuntu 9.10 kemudian tampil di desktop saya, yang membuatnya istimewa adalah CPU yang saya pakai sekarang adalah CPU baru [dengan Spec lama : P IV 1.8 Ghz, Memory 1 Gb dan VGA Via Chrome9 HC IGP Family 64 Mb Onboard]. CPU ini sering bermasalah ketika saya pasang Distro Linux lainnya, terbukti dengan tidak bisa diinstallnya Distro Slackware, tidak mampu juga menampilkan Live DVD UbuntuME 8.04.1, Fedora 10 dan  Opensuse 11.1. CPU ini hanya bisa diinstall Zenwalk 6 Versi Gnome.

Ubuntu 9.10 mampu tampil apik dan cepat di CPU saya, lalu saya coba pasang Modem Bandluxe C270 yang jika dipasang di OpenSuse memerlukan setting WVdial dan konfigurasi nameserver di Resolve.conf [terimakasih untuk Mas Masim Vavai untuk pencerahannya], Ubuntu 9.10 mampu mendeteksi langsung modem ini dengan baik dan saya bisa langsung berseluncur di Internet setelah melakukan sedikit setting APN. Bravo Ubuntu! saya rekomendasikan bagi anda yang masih awam dan belajar menggunakan Linux untuk menggunakan Distro ini sambil mempelajari Distro lain yang cukup berat🙂.

Setelah melakukan penambahan Aplikasi yang terdapat dalam Extra yang terdapat dalam DVD bonus Infolinux, sekarang saya bisa melakukan Web Developing menggunakan BlueFish, Kompozer dan Quanta, membuat model 3D dengan Blender dan edit File Multimedia dengan menggunakan Kino & Pitivi.

Yup, Distro ini cukup menjanjikan stabilitas dan reliabilitas untuk dijadikan sebagai Sistem operasi. mampu mendukung dengan baik kebutuhan pengguna dalam segala Bidang. Jadi kenapa tidak kita mulai sekarang untuk menggunakan GNU/Linux?😀

salam

Kang Tatang

22 thoughts on “Mudahnya Menggunakan Ubuntu 9.10 Karmic Koala

  1. jarwadi 25 Januari 2010 / 01:22

    karmic koala memang top markotop; di laptop jadul saya berjalan sempurna, cmiiwww

  2. kangtatang 25 Januari 2010 / 07:06

    jarwadi :

    0
    0
    Rate This

    Quantcast

    karmic koala memang top markotop; di laptop jadul saya berjalan sempurna, cmiiwww

    Betul, ada yang bilang Karmic Koala adalah Super OS🙂

  3. Agung Haryono 25 Januari 2010 / 11:11

    Kang Tatang SanDisk cruzer 4GB saya juga sudah terpasang Karmic Koala, yang mengesankan bagi saya ketika ada temen yang pengin nyobain Linux di Laptop barunya(speknya lupa), saya kasih aja nih Karmic ternyata Desktop effect sudah bisa jalan🙂

  4. purno87 27 Januari 2010 / 02:59

    mau coba ah….belum sempet cicipin kang

  5. kangtatang 27 Januari 2010 / 14:59

    Agung Haryono :

    Kang Tatang SanDisk cruzer 4GB saya juga sudah terpasang Karmic Koala, yang mengesankan bagi saya ketika ada temen yang pengin nyobain Linux di Laptop barunya(speknya lupa), saya kasih aja nih Karmic ternyata Desktop effect sudah bisa jalan :-)

    mantap kan?😀 he..he.. kalo bwt netbook pake yang netbook remix😀

  6. kangtatang 27 Januari 2010 / 15:14

    purno87 :

    mau coba ah….belum sempet cicipin kang

    Langsung coba biar tahu bedanya😀

  7. gadgetboi 29 Januari 2010 / 06:36

    Huhuy:mrgreen: kompi spek baru lancar nich ubuntunya😆

  8. gadgetboi 29 Januari 2010 / 06:38

    Kang dah pernah koneksi internet pake puppy belum? Kok wvdialnya susah yah nyettingnya?

  9. kangtatang 30 Januari 2010 / 15:39

    gadgetboi :

    Huhuy :mrgreen: kompi spek baru lancar nich ubuntunya :lol:

    Wkkkkk….. tetep mendingan spek lama😀

  10. kangtatang 30 Januari 2010 / 15:42

    gadgetboi :

    Kang dah pernah koneksi internet pake puppy belum? Kok wvdialnya susah yah nyettingnya?

    wah lom nyoba kalo pake Puppy mah😀 tapi kalo gak salah dasarnya sama saja kan?

  11. lutfi 31 Januari 2010 / 10:02

    kang kalau dari ubuntu 9.04 upgrade ke 9.10 apa harus uninstal dulu ataw langsung diinstal saja karmic koalanya

  12. kangtatang 31 Januari 2010 / 14:17

    lutfi :

    kang kalau dari ubuntu 9.04 upgrade ke 9.10 apa harus uninstal dulu ataw langsung diinstal saja karmic koalanya

    Bisa upgrade🙂 atau kalau mau clean timpa saja pake fresh install😀

  13. new user 1 Februari 2010 / 22:47

    kang… kalo ubuntu 9.04 kok g bs langsung konek internet, sy pk bandluxe c120, langsung detect modem trus nongol set up a mobile broadband connection, tp hbs di set up g bs konek. “network connectionnya” sdh di “available”, tp di klik kanan muncul “no network connection “gmn ya kang?
    baru 1 hr nyobain linux, tp udah bingung bgt… hehehehe

  14. kangtatang 4 Februari 2010 / 12:55

    new user :

    kang… kalo ubuntu 9.04 kok g bs langsung konek internet, sy pk bandluxe c120, langsung detect modem trus nongol set up a mobile broadband connection, tp hbs di set up g bs konek. “network connectionnya” sdh di “available”, tp di klik kanan muncul “no network connection “gmn ya kang?
    baru 1 hr nyobain linux, tp udah bingung bgt… hehehehe

    Harusnya langsung bisa Online, coba klik [kiri] di icon network di pojok kanan atas, terus pilih APN mobile dibawah “mobile Broadband”. kalo masih muncul pesan disconnect berarti ada masalah dengan jaringan atau settingan😀

  15. sigit 19 Februari 2010 / 14:17

    kang ,saya pengguna baru linux ubuntu memakai pentium 3,tapi bingung soalnya soun card saya gak kedetect trus gmana kang?? tlong bantuin ya….sekalian gmana caranya supaya saya bsa memutar file mp3 saya…..

  16. kangtatang 20 Februari 2010 / 05:16

    sigit :

    kang ,saya pengguna baru linux ubuntu memakai pentium 3,tapi bingung soalnya soun card saya gak kedetect trus gmana kang?? tlong bantuin ya….sekalian gmana caranya supaya saya bsa memutar file mp3 saya…..

    Untuk bisa mendeteksi soundcard, anda bisa mengetikan perintah : $sudo modprobe snd-merek_soundcard_anda misalkan punya saya : $sudo modprobe snd-ESS86xx
    sedangkan untuk bisa memutar file mp 3 maka anda harus menginstall terlebih dahulu codec mp3 dengan menggunakan synaptic manager dan menginstall ubuntu-restricted-extras.
    Anda bisa mendapatkan referensi cara installnya disini : http://www.psychocats.net/ubuntu/mp3 atau https://help.ubuntu.com/community/RestrictedFormats

  17. maxx 2 Maret 2010 / 06:55

    aduh… saya ketinggalan InfoLinux January 2010… tambah mantab aja nih ubuntu. tak cari majalahnya ah, kali aja masih ada di pasar…

  18. Dejun 7 Maret 2010 / 09:52

    Salam hangat kang, sekarang saya sudah coba ubuntu 9.10 trnyata bner.. Tak prlu instal CD drive, hape nokia saya sudah bisa jadi modem… Dan wuzzz dipake seluncur… Sbnarnya saya belum spnuhnya pake linux tapi pake dualboot krna saya blum bisa spnuhya lpas dri windows ‘dg brbgai alasan tntunya’ tp mudh”an smakin lancar dg linux n 100% lepas dri windows.. Kang sbnarnya apa sih yg pertama harus saya lakukan dg ubuntu saya.., saya masih bingung.. Pengen belajar tapi harus darimana dulu, semoga kang tatang bisa memberi pencerahan…
    Mohon dibalas ke imel saya ya kang.. Saya pengen bisa menggunakan linux, makasih kang…

  19. kangtatang 7 Maret 2010 / 13:19

    maxx :

    aduh… saya ketinggalan InfoLinux January 2010… tambah mantab aja nih ubuntu. tak cari majalahnya ah, kali aja masih ada di pasar…

    he..he… kalo kehabisan coba cek di toko.baliwae.com🙂

  20. kangtatang 7 Maret 2010 / 13:22

    Dejun :

    Salam hangat kang, sekarang saya sudah coba ubuntu 9.10 trnyata bner.. Tak prlu instal CD drive, hape nokia saya sudah bisa jadi modem… Dan wuzzz dipake seluncur… Sbnarnya saya belum spnuhnya pake linux tapi pake dualboot krna saya blum bisa spnuhya lpas dri windows ‘dg brbgai alasan tntunya’ tp mudh”an smakin lancar dg linux n 100% lepas dri windows.. Kang sbnarnya apa sih yg pertama harus saya lakukan dg ubuntu saya.., saya masih bingung.. Pengen belajar tapi harus darimana dulu, semoga kang tatang bisa memberi pencerahan…
    Mohon dibalas ke imel saya ya kang.. Saya pengen bisa menggunakan linux, makasih kang…

    Hem, gpp yang penting sudah ada proses pengenalan terhadap produk Opensource😀 btw, untuk memulai bisa mencoba untuk mengunjungi http://help.ubuntu.com dan bergabung di forum.linux.or.id😀
    salam

  21. taufiq 3 Januari 2011 / 07:49

    Kang, tolong saya.
    saya punya laptop axio dengan VGA Via Chrome9 HC IGP Family 64 Mb saya ingin menampilkan linux 10.10 ke layar LCD Proyektor kok gak bisa ya..? trus ada yang nyarankan install dulu drivernya tapi saya download kok gak ketemu-ketemu? tolong bantuannya.

    • kangtatang 3 Januari 2011 / 18:26

      seharusnya bisa langsung tampil karena perangkat LCD proyektor termasuk kedalam perangkat Plug N Play ….
      pastikan saja kalau laptop kita memang memiliki port/konektor utk terkoneksi ke LCD Proyektor tsb.

Tinggalkan Balasan

