Sudah saatnya kita bermigrasi ke Open Source


Sudah hampir seminggu Kita menjalankan Ibadah Shaum Ramadhan, tetap semangat dan jaga Ibadah Shaum Kita supaya tamat.

Komputer di tempat saya bekerja sejak setahun lalu pada saat pertama kali dibeli sudah memiliki tingkah yang sedikit aneh. Pertama kali hal ini dirasakan yaitu ketika akan menambahkan sebuah aplikasi antivirus dari CD bonus sebuah majalah komputer, komputer memberikan pesan  error bahwa File Installer Corrupted, karena penasaran lalu saya coba install di komputer lain ternyata CD Installer tersebut tidak bermasalah dan Aplikasi bisa di install dengan baik.

Beberapa waktu kemudian komputer mulai sering mengalami bluescreen dan sering restart sendiri, karena saya malas membongkar CPU yang dipasang di meja serta kebijakan kantor yang hanya mau menggunakan sisitem operasi Propietary maka saya abaikan semua itu dan tetap menggunakan komputer tersebut.

Beberapa kali komputer saya scan menggunakan antivirus potable yang tidak perlu diinstal, dan berkali kali pula ditemukan Virus Conficker. Sampai akhirnya pada hari Selasa tanggal 25 Agustus kemarin Komputer crash dengan tampilan error “A Disk Read Error Occured. Press CTRL ALT DEL to restart”, sepertinya ada masalah dengan koneksi ke HDD.

Saya kemudian melaporkan hal tersebut ke pimpinan agar ditindak lanjuti dan meminta ijin untuk diperbaiki kepada teknisi komputer, sambil menunggu teknisi komputer datang, saya masukan CD Ubuntu 9.04 dgn maksud mencoba barangkali bisa mount HDD dan mengkopi data-data penting yang ada di partisi utama.

error

Setelah Ubuntu selesai loading saya kemudian coba masuk ke Drive C dan D, ternyata tidak bisa dengan pesan error yang muncul memberitahukan bahwa tidak bisa me-mount HDD. Saya coba browsing Internet (komputer masih konek Via LAN) ternyata tanpa harus bersusah payah Ubuntu langsung bisa koneksi ke Internet dengan kecepatan yang luar biasa.

beberapa rekan di tempat kerja kemudian bertanya-tanya bagaimana komputernya bisa dipergunakan sedangkan HDD-nya kan rusak? saya lalu menjelaskan sedikit tentang Linux dan kemampuannya untuk berjalan tanpa instalasi selain itu juga mereka terpesona oleh efek compiz standar bawaan Ubuntu.

tatang

Cuma sayangnya kebanyakan rekan kerja masih standar user komputer biasa, belum mengerti dan faham tentang istilah aplikasi atau sistem operasi apalagi tentang konsep Open Source, jadi agak sedikit sulit untuk memberikan penjelasan sampai saya berikan analogi kendaraan yang menggunakan BBM solar dan Bensin untuk memberikan gambaran tentang sistem opeasi Propietary dengan sistem operasi Open Source.

Open Source Untuk Kita semua

Dari kasus diatas kita bisa menyimpulkan bahwa Sistem Operasi Open Source Seperti Linux memiliki banyak kelebihan dan kemampuan yang bisa diandalkan dibandingkan sistem Opeasi Propietary.

Sebuah Komputer yang tidak memiliki HDD bisa kita pergunakan asal memiliki CD/DVD Rom Drive atau USB Port untuk booting Linux, sedangkan untuk menyimpan data bisa disimpan pada USB Flashdik. Kasus ini sama dengan saat pertama saya mengenal Linux beberapa ahun kebelakang yaitu pada saat menggunakan Knoppix pada komputer sahabat yang HDD-nya juga crash.

Jadi saya rasa kini sudah saatnya kita bermigrasi ke FOSS dan membuat Developer Hardware agar mau membuat produk mereka lebih Linux Friendly sehingga memudahkan Pengguna Pemula Linux dalam menggunakan Sistem Operasi LOpen Sourcenya.

Dari segi Biaya dan maintenance Opensource menawarkan Penghematan yang luar biasa dikarenakan dengan menggunakan FOSS kita tidak perlu mengeluarkan sesenpun untuk menggunakan Lisensi mereka bahkan kita memiliki kebebasan untuk memodifikasinya atau membangun ulang sesuai keperluan kita, bayangkan berapa banyak devisa Negara yang bisa kita hemat. Sedangkan dari segi teknis dan operasional, kita sudah memiliki banyak SDM yang sangat berkualitas dibidang ini. Tinggal bagaimana caranya agar masyarakat luas bisa lebih mengenal dan memahami lebih jauh konsep FOSS dan membantu mereka dalam proses migrasi ini.

Hal yang paling mudah dan bisa lebih cepat memperkenalkan FOSS adalah dengan memulainya dari diri kita sendiri dan mempromosikannya kepada rekan atau teman disekitar kita.

Tulisan ini dibuat untuk menyukseskan Lomba Blog Open Source P2I-LIPI dan Seminar Open Source P2I-LIPI 2009.

Artikel tentang Bekasi Bersih Partisipasi Blogger


salam

Kangtatang

35 thoughts on “Sudah saatnya kita bermigrasi ke Open Source

  1. Deni 28 Agustus 2009 / 19:10

    menarik open source ini… perlu didukung dan disosialisasikan lebih bersahabat.. maklum mungkin masih pada awam termasuk saya😀

  2. rangga aditya 29 Agustus 2009 / 00:53

    siiip kang, saya setuju sama akang. orang indonesia gampang banget dibodohi. orang ada yang gratis kok mau yang berbayar (bukankah prinsip orang indonesia selama ini suka yang berbau gratis?? hehehE). toh kalau belom user friendly, jaman dulu juga pegawai semua kursus DOS (malah lebis susah!) apa salahnya belajar lagi? maunya kok gampang aja…… ini tulisan di bikin via live cd?
    saya support akang dech semoga berhasil di loma blognya…

    • kangtatang 29 Agustus 2009 / 01:58

      @ Rangga, Betul🙂
      Trims buat supportnya, jangan lupa ikutan juga ok biar suara Open Source nya menggema🙂

  3. ufytea 29 Agustus 2009 / 08:59

    hidup open source ,saya sudah bisa on lagi pake ubuntu pake sony k618 langsung kedetek modem HIDUP LINUX SUDAH GRATIS GAMPANG LAGI

    • kangtatang 29 Agustus 2009 / 11:01

      Nah itu dia asyiknya pake Opensource🙂

  4. Agung Haryono 29 Agustus 2009 / 14:45

    Wah saya kyaknya sama dngn kang Tatang nih, di kantor saya jg pake Win**** krn memang bt design gmbr 2D&3D yg mngkin blum bs dilinux, tp saya kdng smpet pake Live CD ato Live USB untk nunjukin ke rekan kerja bahwa Linux itu “indah” seperti header kang Tatang.

    • kangtatang 29 Agustus 2009 / 16:18

      Iya nih, di kantor masih pada W****s Minded🙂 pas diajakin beralih.. malah pada bengong…. :))
      btw, utk Desain coba aja pake Ubuntu Studio🙂 udah lengkap buat urusan desain 2D-3D dan multimedia (Sound and video movie editor ).

  5. fxekobudi 29 Agustus 2009 / 14:54

    Saya sudah dari beberapa waktu lalu pak..🙂 Salam kenal

    • kangtatang 29 Agustus 2009 / 16:20

      Mantap, semoga yang lainnya segera menyusul🙂
      Salam kenal kembali.

  6. Pradna 30 Agustus 2009 / 02:41

    Sepakat!
    Saya biasa kampanye linux dengan flashdisk dan tampilan desktop linux yg dibikin “Candy”. Jadi tinggal bilang :

    “Kalo masih ragu, pake linux di flasdisk dulu aja…nah kalo semakin tertarik, desktop Linux juga bisa dibikin seperti ini, lho ”😀

    (ikutan lombanya ah, biar rame😉 )

    • kangtatang 30 Agustus 2009 / 12:08

      Betul Om Pradna🙂
      saya suka cara kampanyenya🙂
      Btw, ikut ya lombanya biar tambah rame🙂

    • kangtatang 31 Agustus 2009 / 04:06

      Terimakasih Om Agus, sebuah kehormatan bisa dikunjungi seorang Profesional IT bersertifikasi dari Microsoft. Salam kenal juga Om🙂

  7. andif 31 Agustus 2009 / 16:05

    keren pa..
    ayo majulah opensources

    • kangtatang 1 September 2009 / 05:53

      Terimakasih🙂

  8. eraldhi 1 September 2009 / 19:13

    mari kita sesatkan orang” yg masih pake OS bajakan..heu

    • kangtatang 1 September 2009 / 19:46

      Setuju🙂

  9. eraldhi 1 September 2009 / 19:15

    nunggu koala karmic ah😀

    • kangtatang 1 September 2009 / 19:46

      Sebentar lagi sobat🙂 satu bulan lagi :))

  10. rangga aditya 4 September 2009 / 17:49

    Kang, slackware sudah available duluan tuch! yg ver 13. Gimana? Dah siap donlotnya? Hehe. Ditunggu ahh review akang. Masih blm berani beralih dari ubuntu. konon slakware tidax bersahabat dengan laptop acer…. hehe.. ubuntu still no 1 (for me)

    • kangtatang 5 September 2009 / 04:06

      Ha..ha… ini udah 3 hari lagi Download..lom kelar-kelar juga..udah gitu putus-putus..mudah-mudahan aja gak bermasalah :)) waduh..tegang🙂 he..he…

  11. Kombes.Com Bookmarking 8 September 2009 / 09:24

    Blog anda OK dan unik Banget!. Submit tulisan anda di Kombes.Com Bookmarking, Agar member kami vote tulisan anda. Silakan submit/publish disini : http://bookmarking.kombes.com Semoga bisa lebih mempopulerkan blog/tulisan anda!

    Kami akan sangat berterima kasih jika teman blogger memberikan sedikit review/tulisan tentang Kombes.Com Bookmarking pada blog ini.

    Salam hormat
    http://kombes.Com

  12. agung haryono 8 September 2009 / 18:06

    Manteb om Tatang, saya dah coba QCad u/ design 2D lumayan juga bisa jalan di Live USB persistent Ubuntu 9.04 saya hehehe🙂
    BTW baju Wp-nya berubah nih, ajarin dunkz..??

    • kangtatang 8 September 2009 / 18:26

      Ha..ha… Linux itu Semakin di Eksplorasi semakin jatuh cinta dech🙂
      Btw, untuk ganti baju Blog tinggal masuk ke opsi appereance, themes..pilih dech themes yang dikehendaki🙂

      salam

  13. razor 8 September 2009 / 20:34

    Cocoklah akupun juga suka open source atau yang portable an gitu. Nice blog. Kami harap jangan lupa untuk mengunjungi kami dan Kami juga berharap dapat membangun hubungan yang baik dan menjadi teman baik

  14. Agung Haryono 9 September 2009 / 14:43

    OK kang!!! saya dah ganti themes-nya sama kayak themes kang tatang hehehehe🙂
    kok dulu waktu saya bongkar-bongkar themes saya gak melihat yang ini ya?
    thanks infonya kang

    • kangtatang 10 September 2009 / 04:08

      Sama-sama🙂

  15. Nunu Genius 19 September 2009 / 04:50

    aku sebenernya pengen banget migrasi ke linux. soalnya selalu merasa berdosa setiap kali menyalakan komputer. maklumlah aku masih pake windows yang bajakan. huhu…
    nnti kalo aku udah punya dua komputer baru aku install linux. klo sekarang masih belum yakin, jadi nnti satu komputer buat belajar full linux

  16. kangtatang 20 September 2009 / 15:45

    Nunu Genius :

    aku sebenernya pengen banget migrasi ke linux. soalnya selalu merasa berdosa setiap kali menyalakan komputer. maklumlah aku masih pake windows yang bajakan. huhu…
    nnti kalo aku udah punya dua komputer baru aku install linux. klo sekarang masih belum yakin, jadi nnti satu komputer buat belajar full linux

    Hem… kalau mau pasang aja Windows dan Linux berbarengan dalam satu komputer (dual Booting)🙂

  17. vickz 26 Januari 2010 / 07:38

    Posting yg menarik Kang tatang. Saya juga sudah banyak mendengar bahwa OS Linux banyak kelebihannya dari teman kerja. tapi, buat saya yang hanya pengguna kelas standard agak kesulitan dalam pengoperasiannya. Berhubung selama ini (dari pertama kali mengenal komputer) saya menggunakan OS punyanya Bill Gate (biarpun ga ori), membuat saya lebih mahir dan familiar dlm menggunakan OS ini.

    Dan, setelah saya perhatikan ternyata kabanyakan pengguna OS Linux adalah orang-orang yang memiliki latar belakang IT. Hal ini membuat saya berfikir bahwa mungkin linux bisa menjadi OS yang gampang digunakan bagi mereka yang mengerti tentang bahasa pemrograman.

    Sampai sekarang saya masih mempelajari cara kerja OS Linux, kelak mungkin saya juga akan jadi bagian dari komunitas pengguna Linux.

    Salam

    Vickz

  18. skalisoli 27 Januari 2010 / 04:45

    Jadi pingin ikutan migrasi ni. Hidup opensource

  19. kangtatang 27 Januari 2010 / 15:19

    vickz :

    Posting yg menarik Kang tatang. Saya juga sudah banyak mendengar bahwa OS Linux banyak kelebihannya dari teman kerja. …….

    untuk mengenal Linux tidak harus langsung bermigrasi langsung, kita bisa melakukan evaluasi dengan menggunakan LIVE CD Distro Linux atau menginstallnya terlebih dahulu
    berdampingan dengan OS Om Bill Gate, setelah memiliki keyakinan penuh terhadap OS Linux baru dianjurkan untuk bermigrasi. Btw, latar belakang saya bukan dari IT lho🙂

    salam
    Kangtatang

  20. kangtatang 27 Januari 2010 / 15:21

    skalisoli :

    Jadi pingin ikutan migrasi ni. Hidup opensource

    ayo, bermigrasi😀

Tinggalkan Balasan

