Linux dan Makna Kemerdekaan Negara Kita


mylinux

Pembaca, pada hari minggu malam kemarin saya membuka account Facebook dan membaca status terbaru dari Om Onno W. Purbo yang kebetulan berulang tahun “Selamat Ulangtahun Om, sukses Selalu..” dan status Om Harry Sufehmi yang menyentil tentang kemerdekaan Perangkat Lunak dinegeri kita.

Bahwa setelah 64 tahun negara kita merdeka dan beberapa tahun mengenal Dunia teknologi Informasi, apakah Teknologi Informasi kita sudah merdeka ataukah masih dijajah oleh monopoli kapitallisme?

Apakah, generasi bangsa kita telah mendapatkan pendidikan ilmu komputer / Teknologi Informasi yang terbaik, mandiri dan jujur ataukah masih mengikuti Pembelajaran Ilmu komputer yang notabene karena ketergantungan harus menggunakan suatu Brand Software yang telah begitu memonopoli walaupun harus belajar menggunakan Software bajakannya?

terakhir, apakah generasi bangsa kita sudah mengenal istilah Opensource, FOSS atau Linux?

Patut dipertanyakan karena 85 % remaja usia SMU masih mengernyitkan kening ketika saya tanya apakah mereka kenal Ubuntu, Slackware, atau Fedora. Apalagi ketika berbicara Blankon, Zenwalk. Mereka hanya berkata, Oh pernah Pak, saya pernah browsing di Internet yang pake Linux, keren Pak ada effect Desktopya (maksudnya Compiz/Berryl). Tapi Jujur ketika saya tanyakan tentang materi dasar Linux, mereka menggelengkan kepala dan berkata, windows aja saya masih belum bisa pak.

Sungguh Kurikulum Pendidikan kita terutama Komputer/Teknologi Informasi masih menganaktirikan Opensource yang sebenarnya bisa menjadi penopang bidang pendidikan yang beriaya sangat murah dan legal.

Ini adalah sebuah Pekerjaan rumah kita yang cukup penting untuk menjadikan generasi bangsa kita lebih mandiri dan lebih memiliki skill dalam kurukulum pendidikan dibidang ilmu komputer/teknologi Informasi, akrena ketika kita diarahkan untuk selalu menjadi konsumen yang dimanjakan dengan kemudahan (selalu disuapi) maka kita akan diarahkan menjadi sebuah kultur yang konsumtif, apatis dan tidak mandiri (pembodohan).

karena pada dasarnya, ketika kita bisa membuat sesuatu yang lebih baik, kenapa harus membeli barang dengan kualitas biasa-biasa saja dengan harga yang mahal.

Tulisan ini hanya sebuah renungan, untuk membangun kemampuan generasi bangsa Indonesia menuju gerbang Teknologi yang lebih baik.

salam

Kangtatang

12 thoughts on “Linux dan Makna Kemerdekaan Negara Kita

  1. gadgetboi 18 Agustus 2009 / 00:35

    huhuy, dapat PERTAMAX, GAN! hehehe kayak Saikoji aja :p . saya juga setuju dengan kang tatang (setuju melulu, kayak engga punya pendapat lain, hehehe), sangat mengkhawatirkan memang apa yang terjadi di dunia pendidikan. Justru di daerah jauh lebih “pintar” loh dalampemahaman open source ini. saya baca di info linux ada smu yang make open source dari pada harus beli xp karena dengan memakai open source komputer yang tadinya cuman kebeli 20-an bisa kebeli 30-40 komputer gitu. sedangkan di daerah perkotaan dan pinggirannya malah kayaknya engga konsern dech. saya juga kan masih punya adek SMP dan saya liat buku belajar TIK (teknologi informasi komputer kalo engga salah) masa yang di ajarin bagaimana mengoperasikan microsoft. parah dech. jadi sedari awal sekolah yang notabene harus membuat anak menjadi pintar dan berfikiran terbuka malah mendoktrin anak untuk menggunakan microsoft. gimana inih? makanya adek saya tidak bisa mengoperasiin laptop saya jika ingin ngenet (saya pake PCLinux OS untuk ngenet karena AMAN, hehehe, virus takut) pasti dia bakalan bingung setengah mati. apa lagi kalau mau donlot mp3 atau video dari youtube. wah mati kutu dech. hihihihi. semoga di tahun ke 64 ini, semakin membuat pemerintah sadar.

    • kangtatang 18 Agustus 2009 / 03:05

      Betul Kang🙂
      Amien…..

  2. gadgetboi 18 Agustus 2009 / 00:40

    gaya euy, potonya, hehehe. nedit di gimp ya kang? ajarin donk. saya mah potosop aja engga bisa… hihihihihi

    • kangtatang 18 Agustus 2009 / 03:06

      Yup, pake script Comic, download aja plugin script nya🙂
      nanti saya posting lah, tutorial pake GIMPnya🙂

  3. rental mobil di surabaya 18 Agustus 2009 / 02:36

    bagi orang awam mau belajar linux gak tau kemana. soalnya warnet-warnet banyak menggunakan windows sehingga otomatis kita belajar windows saja.

  4. irawan 19 Agustus 2009 / 10:58

    semoga linux semakin mudah dimengerti dan dipahami masyarakat indonesia sehingga penggunanya pun semakin byk… beta jg menggunakan linux khususnya ubuntu sejak 2009.

    oh iya pak…beta mo tanya…modem gsm apa yg cocok buat ubuntu 9.04…kmrn aq coba pinjem modem huawai E220 punya temen gak kedetect sama ubuntu…😦

  5. MaxMixMatch 20 Agustus 2009 / 05:39

    merdeka!!!
    tapi bener tuh, ga ada kemerdekaan tanpa open source😀

  6. HackerMpia 1 September 2009 / 11:59

    Guru saya SMA Muhammadiayah 1 wonosari az gak bisa Linux windows az gagap

    tapi bagaimana juga saya salut sama indonesia ,walaupun indonesia itu dalam teknologi tertinggal ,atau mungkin keadaannya kali yah pas2an lah ,dan indonesia itu tercatat sebagai negara yang konsumsi internetnya gak banyak

    But banyak Profesor , Doktor, insinyur,and sarjana lahir di sini di Indonesia

    Apalagi Virus lokal and pembuatnya indonesia yang paling di takuti sejagat
    yang kata temen saya mirip mesin Buldozer ,

    and Hacker buat topi Hitamnya, Abu2nya, Putihnya.

    Salut buat Indonesia bahkan ada negara yang meramalkan bahwa indonesia akan jadi

    NEGARA SUPER POWER KELAK MOGA AZ YAH INDONESIA…

  7. HackerMpia 1 September 2009 / 12:11

    Ada seorang pengusaha amerika mencari seorang katakanlah Teknisi ia bertanya dengan orang Amerika

    “Kamu orang amerika kan kamu bisa gak mengerjakan pekerjaan ini secara kamu orang amerika kan hebat soal Grafisnya” apa jawabnya

    “Wah sorry bro My head is very Full”

    kemudian sang pengusaha mencari orang Jerman yang ahli dalam Teknologi yah mesin

    “Kamu orang Jerman kan kamu bisa gak mengerjakan pekerjaan ini secara kamu orang Jerman kan hebat dalam Teknologi Mesin” apa jawabnya

    “ich i’Gibt uf(aku menyerah)”

    kemudian pengusaha amerika sudah pusing tuh kok semuanya gak bisa dan gak mau wah kurang satu nih yang belum di tanya orang indonesia

    “Kamu orang indonesia kan kamu bisa gak mengerjakan pekerjaan ini secara kan kamu orang indonesia masih kosong otaknya” apa jawabnya

    “Wah i can’t do that sir but i can Learn”

    wahahaha… bisa belajar katanya keren kan orang indonesia gimana enggak coba orang indonesia…!!!

  8. kangtatang 11 September 2009 / 08:45

    rental mobil di surabaya :

    bagi orang awam mau belajar linux gak tau kemana. soalnya warnet-warnet banyak menggunakan windows sehingga otomatis kita belajar windows saja.

    Hem…memang seharusnya kita harus lebih giat lagi untuk mensosialisasikannya, sehingga mudah untuk ditemukan dan dipelajari semua orang. terimakasih atas sarannya

  9. fathur 28 September 2009 / 15:31

    wew.. kasep oge potona… 😀

    (untung potona nu kasep, lain ….. na )

  10. kangtatang 29 September 2009 / 08:44

    fathur :

    wew.. kasep oge potona… :D

    (untung potona nu kasep, lain ….. na )

    he..he..aslina ge kasep deuih :))

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s