SETTING MODEM INTERNET DI UBUNTU


Apa kabar pembaca? Semoga anda selalu dalam keadaan sehat dan sukses selalu.

Kali ini saya akan membahas tentang cara setting Modem Internet, untuk studi kasus materi ini kita akan menggunakan Modem BandLuxe C100, sebuah Modem yang menggunakan jaringan 3 G/HSDPA XL.

Kemudian Distro yang akan kita pergunakan adalah Distro Ubuntu, pastikan anda telah menginstall paket wvdial pada Ubuntu anda, untuk mengetahuinya anda bisa mengecek dengan menggunakan perintah:

@sudo dpkg –l

dpkg_checkwvdial_check

Selanjutnya anda perlu mematikan dahulu konfigurasi ethernet yang terdapat pada sistem anda, caranya dengan mengklik menu-system-administration-network.

Setelah semua beres, kita bisa menghubungkan perangkat modem Bandluxe C100 ke Port USB yang ada pada komputer kita.

Nah, tugas kita selanjutnya adalah membuka terminal dan mengetikan perintah

@sudo su

Setelah masuk ke dalam mode root,  kita akan setting modem tsb, Ketikan perintah :

#ln –s /dev/ttyzUSB0 /dev/modem

 

Dilanjutkan dengan perintah

#wvdialconf

 

Secara mudahnya kita bisa langsung mengetik perintah

#vim /etc/wvdial.conf

wvdial_run

Rubahlah value dibawah ini:

Phone=

Password=

Username=

 

Dengan

Phone=*99***1#

Password=proxl

Username=xlgprs

wvdialconf

Lalu simpan dan keluar dari aplikasi Vim. Kemudian kita bisa melakukan dial dengan cara mengetikan perintah

#wvdial

 

Jika hasil output menunjukan alamat IP WAN dan DNS yang digunakan untuk dial, maka kita telah berhasil melakukan koneksi ke jaringan Internet. Untuk mencobanya bisa melakukan ping atau langsung buka browser.

pc-hang

Setelah selesai Surfing, anda bisa menghentikan proses dial dengan mengetikan perintah Ctrl+C pada terminal yang dipergunakan untuk melakukan koneksi.

 

Selamat mencoba.

Sumber Infolinux 

KNOPPIX LIVE CD 6.0 ADRIANNE REVIEW

37 thoughts on “SETTING MODEM INTERNET DI UBUNTU

  1. Si kumb@ng 30 April 2009 / 05:40

    sayang aku ngga ngeti kang (maklum gaptek he he ), padahal pengen banget bisa neh ….:)

  2. kangtatang 30 April 2009 / 05:59

    Tenang OM:) Gampang kok sebenarnya:)
    Hi…hi….

  3. iissumiati 30 April 2009 / 17:12

    BAGUS JUGA ARTIKELNYE,….KAPAN MAU MAIN KE WARNET GLOBAL,….KALO MAEN SALAM SAMA KANG BOEDI JAENI YACH,…

    • kangtatang 1 Mei 2009 / 08:18

      @Teh IIS:)
      Wilujeng sumping Teteh:) iya nich pengen maen ke tempat BAng Budi, deket padahal mah:) cuma waktunya yang sempit ….

  4. annosmile 1 Mei 2009 / 01:59

    thx infonya
    saya masih pake windows😀

    • kangtatang 1 Mei 2009 / 08:09

      @Annosmile,
      Sip:) Thanks atas kunjungannya sobat:)

  5. slamet 1 Mei 2009 / 13:53

    kang, ada fasilitas GUI-nya ndak untuk nyetting modem ini? tapi, memang bener2 mudah kok. trims kang.

    • kangtatang 2 Mei 2009 / 01:11

      @Slamet,
      Sama-sama:)

  6. adnanthp 1 Mei 2009 / 17:24

    bukannya networkmanagernya ubuntu langsung detek hal-hal beginian om?

    • kangtatang 2 Mei 2009 / 01:11

      @Adnan,
      Apa kabar sahabat? (Wih ada senior nich:) )
      Yup, ini cuma memperlihatkan dasar-dasar /background setting network. (Barangkali ada yang ingin mengetahuinya) hi…hi…..

      Salam

  7. kifni 2 Mei 2009 / 14:13

    wah modem baru neh…itu pke yang ubuntu brapa kang..klo di 9.04 kira2 beda jauh gak?
    trims….

    • kangtatang 3 Mei 2009 / 13:46

      @Kifni,
      Pake Ubuntu 8.04:) Sama saja jika mempergunakan Ubuntu 9.04.

  8. Maxmixmatch 4 Mei 2009 / 22:41

    thanks, walaupun di network manager sudah ada, saya jadi tau prosesnya.
    yah nambah ilmu dikit-dikit…

    btw, thanks atas kunjungannya, sori baru bales, sering2 main ya:)

    • kangtatang 5 Mei 2009 / 05:45

      @Mamixmatch:)
      sama-sama Sobat.

    • kangtatang 8 Mei 2009 / 09:18

      @Harry, terimakasih:)

  9. Nursohib 11 Mei 2009 / 02:42

    Pusing saya mah… Numpang lewat aja kang.

    • kangtatang 11 Mei 2009 / 13:00

      @Nursohib,
      Masuk dulu atuh Kang, ada kopi panas nich😉

      kangtatang

  10. Rangga Aditya 20 Mei 2009 / 08:41

    Kang, kalau sayah kenapa ya kang langsung bisa online pas saya colokin modem? Semua bisa kedetek. Saya emang pake hape sih sebagai modem. Malah perintah mvdial tuh gak bisa jalan…. Jadi kalau saya mau ol tinggal centangin di pojok kanan atas (bukan pemilu loh, hehe) trus dial trus aktif on line. Kl mau keluar tinggal ilangin centangannya. Aneehh. Apa emang ini fitur baru jaunty?? Saya juga mau nanya bagaimana sich cara plug out atow mencabut usb (hape atau flashdisk) yg bener? Kan kl d windows ada safe remove drive. Di ubuntu gimana?
    Di jawab yach kang, pokoknya nanti diriku jadi pens berat akang dech alias bakal stay cun di blog ini, hehe. :p

    • kangtatang 20 Mei 2009 / 09:22

      @ Rangga,
      Ha..ha….. itu dia hebatnya Ubuntu:) semuanya sudah plug n’ play, jadi gak usah stop device untuk safe remove devide:) (Kalau mau silahkan pake perintah mount dan unmount di terminal:) )
      Btw, Koneksinya pake Hape apa? kalo GSM rata-rata sudah detect semua, tinggal CDMA yang masih ada beberapa hambatan.

      Thank you

  11. rangga aditya 20 Mei 2009 / 11:20

    ok. trims atas infonya kang, kalaw bisa di terangin donk step by step. saya make hape via usb sebagai modem masalahnya. takut rusak kl langsung di cabut. saya pake sony Ericsson W950i dengan simcard mentari. pake vocer internet 5000, hehe.

    • kangtatang 20 Mei 2009 / 16:43

      @Rangga, oke Sahabat:)
      nanti saya cari Refferensinya, kalo masalah rusak setiap peralatan dengan kerja maksimum pasti umurnya akan lebih cepat rusak. tapi secara umum, linux mendukung hot plug n’ play jadi gak usah khawatir HAPE kita jebol.

    • kangtatang 29 Mei 2009 / 16:45

      @ Terimakasih Om Dwi:)

  12. Anim 25 Juni 2009 / 19:21

    Aq gak ngerti blas, baru pertamakali nyobain linux, distronya ternyata bnyk banget, udah gt nyobain instal ubuntu, mw bikin partisi gk bisa, trus nyobain konek internet pake hape, hape kok gk kedetect ya? Pdhl udah ada pilihannya konek via m3, gimana nih…. (Frustrasi mode “ON”)
    –“NEWBIE KATROK”–

    • kangtatang 29 Juni 2009 / 05:08

      Hem, mungkin perlu melihat langsung tata caranya:) (workshop) hi…hi… coba lihat-lihat lagi tutorial saya di postingan lama:)
      Hem…. untuk Modem (Hape) masih banyak yang belum terdeteksi terutama yang CDMA, perlu teknik khusus untuk mensettingnya…..

  13. HackerMpia 22 Agustus 2009 / 18:20

    Memang itu bisa untuk semua modem yah kang

    • kangtatang 23 Agustus 2009 / 04:10

      Itu untuk panduan settingan dasar, berlaku bagi modem yang sudah terdeteksi :))

  14. HackerMpia 23 Agustus 2009 / 11:13

    udah coba hp modem termurah belum kang hp smart D1200P murah banget tuh lumayan agak kenceng udah 3g harga pasaran 320 ribu

    • kangtatang 23 Agustus 2009 / 12:16

      Ini saya pake:) cuma kelemahannya cuman bisa pake W****s, setting pake Ubuntu terlalu ribet….:)

  15. HackerMpia 24 Agustus 2009 / 15:07

    @ Anim
    Kalau sesuatu itu harus Jer basuki Mawa Beo ,segala sesuatu itu harus di capai dengan pengorbanan, saya dulu juga gtu kok pusing ,mungkin belum terbiasa aja,
    keep Figthing bro

  16. HackerMpia 24 Agustus 2009 / 15:23

    @Kang Tatang

    hemm… kalau saya punya kemampuan untuk programming yang baik and bisa remastering pasti saya akan buat Linux bisa jalan tanpa harus koneksi internet ,dan menghilangkan dependensi2 paket instalasi yang memusingkan selama ini kan Linux paling enak tuh pakek internet yah untuk bandwidth 1MB udah lumayan banget, tapi coba pikirin jika anda pakek Linux di daerah primitif gak ada internet,komputer az tua dan cuman ada Linux Ubuntu pemberian teman ,mau beli CD / DVD Repo gak mungkin lah kan online az gak bisa, atau gak punya duit untuk beli reponya…

    truz gimana penyelesainnya tuh susah juga yah ,syukur saya gak separah itu , ah gampang ke warnet az mas,lah bolak-balik cuman untuk nginstall satu software truz piye pertanyaannya sekarang adalah apakah ada formatan yang katakanlah hampir menyamai EXE hem itu seharusnya yang harus di pikirkan para Develop aplikasi

    gimana dengan java yang portebel jalan di linux kan bisa wah agak meringankan sekali ini tapi sayang jumlah aplikasinya masih minimal

    kalau begitu gimana dong ??
    saya sarankan untuk tidak berkenalan dengan komputer karena anda akan tergantung padanya kalau gak mau menambah persoalan duniawi ini

  17. sggdwi 8 Oktober 2009 / 03:37

    salam Kenal kang,
    Ma’f bila aku salah jalur nih,
    Aku sedang mencoba knoppix,
    Lumayan sudah bisa insatall ke HD,
    Kalo untuk modem (HP Nokia Pake Usb) Qbisa utak atik😀
    tapi pada Huwaweku (HSDPA USB MODEM) kok g’ketemu -ketemu ya?
    Tolong Bantuin yakang,
    Apa kalo pake UBUNTU bisa lebih enak Koneksi & Dukungan Drivernya?
    Saya masih ini make linux, Langsung Jatuh Cinta Aku,
    Tapi Kalo susah dan g’nemu bantuan yah…?
    Terimaksih KAng..
    Sukses..
    O Iya, kalo boleh Usul bahas knoppix juga dong kang,/mgkin dah ada disini?
    dan aku belum nemu ya? soalnya begitu dapat dari om google langsugn masuk sini,
    Ma’f bila banyak Koment.
    Thanks..

  18. kangtatang 15 Oktober 2009 / 05:06

    sggdwi :

    salam Kenal kang,
    Ma’f bila aku salah jalur nih,
    Aku sedang mencoba knoppix,
    Lumayan sudah bisa insatall ke HD,
    Kalo untuk modem (HP Nokia Pake Usb) Qbisa utak atik :D
    tapi pada Huwaweku (HSDPA USB MODEM) kok g’ketemu -ketemu ya?
    Tolong Bantuin yakang,
    Apa kalo pake UBUNTU bisa lebih enak Koneksi & Dukungan Drivernya?
    Saya masih ini make linux, Langsung Jatuh Cinta Aku,
    Tapi Kalo susah dan g’nemu bantuan yah…?
    Terimaksih KAng..
    Sukses..
    O Iya, kalo boleh Usul bahas knoppix juga dong kang,/mgkin dah ada disini?
    dan aku belum nemu ya? soalnya begitu dapat dari om google langsugn masuk sini,
    Ma’f bila banyak Koment.
    Thanks..

    Salam Kenal juga, hem..kebetulan saya lom pernah coba Huawei pake Knoppix..nanti saya coba cari refferensi:)
    ada beberapa artikel saya tentang Knoppix. search aja:)

  19. priyo 13 Desember 2010 / 02:50

    slm kum. saudara yg budiman, saya mohon bantuan saudara. sya sudah jatuh cintama ubuntu sabily, tpi gak bisa buat setting modem SMART AC2726. kalu saya berhasil install modem smart ac2726, confirm saya TUTUP JENDELA.
    Tlg jelasin gimana caranya. klu gak keberatan dikrim ke e-mail jg z.
    sekarang saya dah install ubuntu sabily.
    MAJU TERUS YUCK……………………
    Terima kasih n
    WSLM

    • kangtatang 18 Desember 2010 / 17:21

      wah saya kebetulan belum pernah mennggunakan modem tipe tersebut.
      barangkali masih sama metodenya bisa dicoba seperti teknik diatas. atau di artikel saya yg tentang setting modem usb di ubuntu

  20. Tito 20 Juli 2013 / 14:47

    Ubuntu,Oh Ubuntu

Tinggalkan Balasan

