Setting Koneksi Internet di Ubuntu (Linux)


Pembaca, setelah sekian lama absen akhirnya saya bisa update juga blog ini:)

Menindak lanjuti permintaan beberapa teman, kali ini saya coba hadirkan teknik dasar seting Internet di Ubuntu.

Bagi kita para pemula sekarang ini dalam mensetting Internet tidak lagi harus bersusah payah seperti leluhur kita dahulu yang harus bermain dengan Command Line (Pada beberapa kasus, Command line masih diperlukan:) )  kita bisa melakukannya dengan mudah lewat Graphical User Interface.

Baiklah, begini caranya:)

pilih menu System-Administration-Network setelah tampil menu network setting klik tombol “unlock” dan masukan password anda. Pada tab Connections, dobel klik “Wired Connection”, uncheck pilihan “ Enable Roaming mode”, Configuration pilih “Static IP Addres”. Gambar dibawah ini adalah settingan kartu jaringan pada komputer saya. jika sudah pilih OK. Pada Tab “DNS” masukan DNS yang diberikan oleh ISP anda.

keneksi1

koneksi2

Semoga bisa membantu, Next Lesson tentang setting modem:)

 

Wine-Solusi Penggunaan Aplikasi Windos di Linux

kang-tatang

58 thoughts on “Setting Koneksi Internet di Ubuntu (Linux)

  1. ardhie 18 April 2009 / 01:14

    Keren kang, great tutorial…. ditunggu setting modemnya

    • kangtatang 18 April 2009 / 02:03

      Terimakasih…terimakasih:)

  2. guskar 18 April 2009 / 15:27

    untung ada tutorial ini. internet saya sdh terkoneksi kembali.

    • kangtatang 19 April 2009 / 08:51

      @Guskar,
      Mantap:) Hi…hi….. jadi bisa maen pesbuk lagi kan?:)

  3. andri 20 April 2009 / 23:36

    kang tatang yang baik…..
    aku baru coba ubuntu 8.04
    udah coba untuk koneksi internet….pake modem HP smart (yang gratis 6 bulan)
    ga bisa koneksi kok……
    thanks.

    • kangtatang 21 April 2009 / 00:38

      @ Andri,
      Betul Om, HP Smart belum terdeteksi sebagai Modem USB di Linux (Ubuntu) sehingga tidak bisa dipergunakan Online. kalau mau pakai Motorolla L8 aja, langsung kedetect sebagai USB modem.

      Salam

  4. cyberfrogz 22 April 2009 / 17:16

    manstabs kang…,keep rocking………..

    • kangtatang 23 April 2009 / 03:06

      Sip:)

  5. Nurs 24 April 2009 / 03:56

    Wah, akhirnya ada juga tulisan ini. Telat neh tau nya, tapi kan ga pa2. Makasih kang tatang, mau coba praktek n nunggu setting modem. Tapi saya masih coba pake cd live ubuntu, bisa gak ya? Thanks

    • kangtatang 24 April 2009 / 04:06

      @Nurs,
      Pasti Bisa:)

  6. cyberfrogz 24 April 2009 / 06:57

    kang…,kl pk modem USB Sierra 881U bs ga di baca di Backtrack 4?soalnya di BT3 yg ga bs…?Thanks b4 kang…

    • kangtatang 24 April 2009 / 08:39

      Wah lom coba tuch:) hem… coba nanti cari Reffnya dulu …

  7. maulana 29 Mei 2009 / 06:00

    wah…tutorialnya membantu sekali mas,
    tapi ada yg saya mau bertanya,begini pertanyannya :
    saya memiliki 2 buah PC,satu memakakai OS windows XP sedangkan yg satu lagi memakai OS Linux ubuntu.
    pada pc ber OS windowsXP sudah terkoneksi dengan internet,ISP ya Speedy sedangkan pc satu lagi yg ber OS kan linux Ubuntu tidak ada koneksi internet,nah pertanyaan saya bagaimana cara mensharing koneksi internet speedy pada pc saya yg ber OS kan Linux Ubuntu.sekian pertanyaan dari saya.
    sebelumnya terima kasih………..

    • kangtatang 29 Mei 2009 / 16:50

      @ Sharing pake Lan aja, nanti Ubuntu akan deteksi otomatis bisa langsung Konek ke Internet, pengalaman terakhir sewaktu saya coba Knoppix 6 Live CD, kita gak usah ribet setting IP dan lain-lain, langsung bisa konek ketika mengaktifkan FireFox. kalau ternyata ada hamabtan, baru kita sharing koneksi internetnya dari BOX XP agar Box ubuntu bisa menggunakan Internet.

  8. Moch. Iqbal chahyadi 10 Juni 2009 / 00:56

    Klo aq lebih seneng setting pke dhcp wkt ny0ba d lab. But kadang jg harus setting manual klo dhcp g mempan

  9. azam-personal 23 Juni 2009 / 13:48

    Salam,,
    Teriamkasih,,setelah aku baca.akulangsung praktekin..
    Tanks infonya..

    • kangtatang 25 Juni 2009 / 14:20

      Sama-sama:)

  10. Erwin 11 Agustus 2009 / 09:22

    Saya mo nanya nih Kang, saya punya HP Samsung SGH X700 GPRSnya aktif apa bisa dipakai untuk koneksi internet di PC saya punya PC yang sudah diseting pakai telkomnet..bagaimana caranya terus terang saya GAPTEK banget soal-soal beginian mohon bantuan Kakang…trims

    • kangtatang 13 Agustus 2009 / 04:13

      Sebelumnya, untuk dipasang di Windows atau Linux?
      kalau di Linux, coba aja koneksikan kalau terdeteksi bisa langsung diperglukan, kalau tidak, mungkin perlu mencari refferensi terlebih dahulu. (rata-rata utk modem GSM sudah bisa dideteksi dgn baik)

  11. Erwin 20 Agustus 2009 / 04:26

    Untuk dipasang di windows XP saya mohon bantuan Kang Tatang setingannya bagaimana…trims

  12. kangtatang 21 Agustus 2009 / 16:04

    @Erwin, sebetulnya untuk menggunakannya di Windows Xp sangatlah mudah, kita hanya perlu mempersiapkan kabel data dan CD installer software, sambungkan Hp ke komputer dengan menggunakan kabel data tersebut, lalu aktifkan programnya yang baru diinstall, kita bisa langsung koneksi (untuk beberapa kasus kita akan diminta untuk memasukan beberapa parameter GPRS, parameter ini bisa dilihat di situs-situs provider kartu yang kita pergunakan).
    salam

  13. jupen.m.81 9 Januari 2010 / 00:00

    tolong dibantu, karena memang tampilan seperti diatas yang saya cari tidak ada di ubuntu saya. mohon bantuannya

  14. kangtatang 14 Januari 2010 / 13:48

    jupen.m.81 :

    tolong dibantu, karena memang tampilan seperti diatas yang saya cari tidak ada di ubuntu saya. mohon bantuannya

    pilih menu System-Administration-Network😀

  15. abde 22 Oktober 2010 / 02:44

    maf bang permisi mau nayak, aku baru mengukana linux ubuntu. gimacara seting wereless nya biar bisa ngonek internet dan gimana cara setign agar bisa konek modem, aku pke modem vodefone katunya simpati unlimited 100 rbu perbulan… maskih mhon pejelasan nya

    abde_lombok_NTB

    • kangtatang 22 Oktober 2010 / 18:28

      Wireless/Wi fi… secara otomatis akan mendeteksi sendiri signal disekitarnya. Pastikan tombol Wifi dalam keadaan ON jika harus dihidupkan manual.

      untuk Modem USB sama, seharusnya sudah terdeteksi secara otomatis, utk tatacaranya sama dengan yang dijelaskan dalam postingan diatas.

  16. wisnu 3 November 2010 / 09:09

    kang,mau ikut konsultasi donk.
    saya langganan hotspot,sudah dapat password.dns.ipadres dll. ketika pake w……s ada login mikrotik yang di isi nanma dan paswd.tapi di ubuntu 10,04 login mikrotik nya tak muncul,padahal wifi sudah konek,sehingga sayatak bisa ngenet.
    pertanyaannya ,bgmn agar login mikrotik bisa muncul,apakah pake install software atau seting kompi? tolong kang di balas, karena netbuk dan kompiku ubuntu semua.
    banyak terimakasih sebelumnya

  17. nana 9 November 2010 / 03:24

    nuhun, um…aslina..tengkiw pisan…

  18. Peace 2 Januari 2011 / 11:57

    Kalo setingan INternet di ubuntu 10.10 gimana Kk . pake gambarnya juga ya Kak !!!
    Tks

  19. jay 14 April 2011 / 03:40

    kang tatang, kenapa ya modem saya huawei E153 tidak bisa connect internet…saya memakai linux ubuntu 10.4…bisa dibantu cara mengatasinya,,…..????

  20. baju muslim 24 Juni 2011 / 18:05

    sayang punyaku gk pake linux dan emang blm nyoba, so gk mudeng. tp kurang lbh sm. asal bs plug n play. jd yg gaptek gk bingung nyettingnya:)

    • kangtatang 25 Juni 2011 / 09:03

      yup, kurang lebih sama😀

  21. areejuntho 27 Juni 2011 / 13:45

    kang, mo tanya
    saya pake lucid lynx + modem smartfren ec1260-2 buat internetan tp kok di firefox gak konek ya? sedangkan untuk download aplikasi via synaptic dan browsing di Lynx Browser malah konek, apanya yg salah? harus bagaimana?
    tolong saya kang… padahal mo total di linux malah jadi stress :((

    • kangtatang 30 Juni 2011 / 08:25

      hem.. coba cek setting firefoxnya dan pilih no proxy….

  22. lifesupportalchemist 7 September 2011 / 03:04

    Assalamu’alaikum,,
    Kang,,ane mau tanya urgent ni..T_T.. Prtma ane pake windows 7, tapi terus keserang virus, terus kmrn ane baru install Linux Ubuntu 10.04 (dual OS) tapi mslhnya ane g bisa detect sinyal internt, pdhl di kantor pke WiFi, ane coba pke LAN kg g bisa,,,tolong bantuan secepatnya nya y Kang, ane masih awam bgt di Linux,,klo Akang g repot, tlg dikirim via email biar bisa panjang and komprehensif penjelasannya,,
    Makasih bnyk y Kang,,

    • kangtatang 7 September 2011 / 04:32

      Email sent:)

    • Azis zuardi 7 Juli 2013 / 14:47

      Saya udah nyobain ubuntu 12.04 lts, linux mint 15 cinnamon dan ZorinOS 6, punya masalah yg sama, wifi terdeteksi dan connected, tapi gak bisa buka browser firefox-nya, jadi gak nyambung ke internet.., padahal sinyal wifi cukup kencang, tolong dong solusinya kangtatang, kalo bisa diemail juga jawabannya terima kasih…

  23. jojo 12 September 2011 / 02:57

    kang tatang saya pakai ubuntu 10.10 tp ga bisa connect internet tolong pencerahannya ya kang klo bisa via email hatur nuhun

  24. JIWA 14 Oktober 2011 / 07:17

    Kang kami baru instal UBUNTU 11.04 tp wifinya sudah aktif dan connected tapi
    q buka mozillanya koq nggak bisa
    #THANKS

    • kangtatang 14 Oktober 2011 / 09:58

      hem…. semestinya ketika Ubuntu sudah mendeteksi Wi Fi / Hotspot bisa langsung terkoneksi ke Internet secara Otomatis (Dengan catatan Jaringan Wi Fi tsb terkoneksi ke Internet/Gateway dan memberlakukan IP Dinamis utk kliennya). Solusinya bisa cek di terminal – ketikan perintah ping http://www.google.com untuk memastikan ada koneksi ke internet atau tidak. Kedua coba gunakan DNS Publik milik google atau yang lainnya (bisa googling untuk mendapatkannya – punya google : 8.8.8.8) jika masih terkendala, coba cek menggunakan browser lain (Chromium atau Opera) semoga bisa membantu.

  25. ERGI 2 Desember 2011 / 08:00

    saya masih baru menggunakan ubuntu 10.10 tapi gag bisa konek ke internet baik modem maupun Wi Fi…
    bisa gak search Wi Fi tanpa harus memasukkan IP & DNS soalnya ??

    makasih:)

    • kangtatang 2 Desember 2011 / 14:19

      Secara Default, Ubuntu menggunakan skema IP Dinamis, artinya ketika tersambung ke LAN atau WI-FI dia akan emngikuti struktur IP induk dan mendapatkan IP nya secara dinamis. JIka ternyata sahabat tidak bisa konek, mungkin sinyal WI-FInya lemah, adapter WI-FI laptop bermasalah atau Akses point WI-FI terproteksi.

      • ERGI 6 Desember 2011 / 07:44

        tapi aneh banget…
        klo di ubuntu 10.10 Wi Fi sama sekali tidak terdetek tapi di windows 7 malah terdetek klo da Wi Fi (saya pakai 2 boot)

        • kangtatang 6 Desember 2011 / 10:15

          Tampaknya ada kesalahan pendeteksian hardware oleh Ubuntu.
          coba check pake perintah sudo lshw -C network
          btw, Ubuntu support install driver wireless menggunakan driver windows. Install APlikasi ndiswrapper.
          alternatif lain check ACPI support – coba boot ulang setelah sebelumnya mengganti opsi kernel pci=nopci option, atau di BIOS setting yang berhubungan dengan ACPI ini.

  26. putra 29 Januari 2012 / 07:27

    ane instal linux mint 12 di laptop asus A42f pas stlah disuspend maupun hibernate wireless’na nda trdeteksi, tpi klw direstart /dishut down trdeteksi lgi….
    sya sdah instal dikompter laen lancar” aj……
    klw ad yg thu mhon pncrahan’a ia, mksh

  27. mastohar 4 Maret 2012 / 08:14

    di punyakku ndak ada gambar seperti itu kang, aku pake ubuntu uberstudent, modem huawei-ku gak kedetek. trus gmana ? thank you buat jawabannya, ato kalo ada temen yang punya solusi.

    • kangtatang 5 Maret 2012 / 00:44

      hem, saya belum coba menggunakan uberstudent – tetapi biasanya kalau berbasiskan ubuntu pasti memiliki kesamaan hanya mungkin ada perbedaan pada tampilann GUInya saja…

  28. mazd4 1 Juni 2012 / 09:59

    Reblogged this on mazd4 and commented:
    Setting Koneksi Pada Linux Ubuntu

  29. Kios 8 November 2012 / 01:18

    Akhirnya Ubuntuku bisa untuk online. Makasih panduannya.

    • kangtatang 8 November 2012 / 08:03

      Alhamdulillah:)

  30. Zul 22 Januari 2013 / 16:20

    KAng tatang,, laptop saya Toshiba L645 dan saya sudah instal Linux Blankon, tpi setelah di instal, blankon saya tidak bisa mendetek sinyal wifi.. Tolong, mungkin anda tahu cara mengatasinya… makasih…:)

  31. Fandi V-lanx 9 Oktober 2013 / 05:54

    kang aku baru pakai ubuntu 12.04 LTS di PC biasa, gimana cara setting wirelessnya yah..
    thanks

  32. WAHYU WIDHI WIDAYAT (@WidhiDacosta) 10 Januari 2014 / 02:46

    Kang mau tanya, inikan saya pakai Ubuntu server 13.04, ntuk setting Wlan dan NIC-nya secara manual bagaimana ya kang? tolong dijelaskan, soalnya masih agak bingung dengan keterangan buku. terlalu berbelit soalnya.
    Makasih.

  33. herry 7 September 2014 / 02:26

    gan… sekitar sebulan yang lalu ane beli wi-fi, nah disitu drivernya untuk windows gan, sedang ane pake linus mint… ada solusi supaya bisa menggunakan wi-fi ane menggunakan linux…?

    terima kasih

Tinggalkan Balasan

