WINE-SOLUSI PENGGUNAAN APLIKASI OS WINDOWS DI OS LINUX


Apa kabar pembaca, ada cerita menarik.

Kemarin setelah selesai acara “Pencontrengan” kawan saya datang kerumah dan bertanya-tanya tentang Linux, dia tertarik dengan Linux dan sudah mencobanya.

Hambatannya adlah bahwa dia sudah kadung kecanduan dengan beberapa aplikasi dibawah OS Windows. Saya lalu memberikan gambaran bahwa beberapa aplikasi yang dia sukai tersebut bisa dijalankan di Linux dengan menggunakan aplikasi Wine.

Saya lalu memberikan gambaran dengan menggunakan Distro PC/OS Open Desktop 2008 di komputer saya.

Kawan saya tertarik dan mengatakan bahwa ia akan mencobanya di komputernya. Hem Mudah-mudahan dengan hal ini bisa membutnya bermigrasi ke Linux🙂

office1office3corel9

winamp1

27 thoughts on “WINE-SOLUSI PENGGUNAAN APLIKASI OS WINDOWS DI OS LINUX

  1. Heru 11 April 2009 / 02:23

    mudah-mudahan makin banyak yang pakai linux…..pengetahuan tentang os makin luas

    • kangtatang 11 April 2009 / 02:37

      @Heru,
      Betul Om🙂

  2. Maxmixmatch 12 April 2009 / 21:14

    wah, kalo masih pake softwarenya windows, kurang mantap…
    daripada berusaha supaya bisa jalanin program windows di linux,
    saya sih mendingan pake software alternatifnya di linux,
    walaupun resikonya harus sedikit belajar lagi…

    kerjaan saya desainer grafis, baru berapa bulan pake linux,
    untuk kerjaan saya, udah bisa full “konversi”:
    photoshop = gimp, corel/illustrator = inkscape, indesign/pagemaker = scribus…
    hasil kerjaan semua full ok/tanpa perlu program windows…

    satu lagi, kayaknya propaganda linux jangan cuma di lingkungan pengguna linux aja, harusnya ke pengguna windows…
    saya lagi seneng proaktif kasih komen di blog2 yang bahas program/pengguna windows, yang kebanyakan isinya bajakan.
    soalnya kalo nggak ada yang ngasih tau gitu,
    darimana pengguna windows bisa tau ada mahluk yang namanya linux???
    saya pake linux aja juga cuma secara kebetulan,
    di warnet ada donlotan iso ubuntu yang bisa jalan di windows, kirain mahluk apaan, iseng2 saya cobain, eh malah keterusan…

    • kangtatang 13 April 2009 / 00:47

      @Maxmixmatch,
      Betul saya setuju🙂 tips ini saya berikan khusus bagi pengguna awam yang baru menggunakan Linux dan belum terbiasa menggunakan aplikasi yang ada dalam Linux, jadi sambil belajar nanti pelan-pelan melepaskan kebiasaan😉 biar lambat asal Selamat ke tujuan, hi…hi….

      Salut untuk Teman yang telah berjuang banyak dalam syi’ar Linux🙂 jadi tambah semangat. Itulah kenapa saya membuat blog ini agar pengguna Awal (Newbie) bisa belajar bersama disini
      Salam

  3. Blog sohib 13 April 2009 / 03:14

    Kang tatang, tambahin juga dong tentang pengaturan koneksi internet pake os Linux… Terima kasih.

  4. Blog sohib 13 April 2009 / 03:16

    tambahin juga dong tentang pengaturan koneksi internet pake os Linux… Terima kasih.

  5. kangtatang 13 April 2009 / 03:23

    @Sohib,
    Siap, nanti saya cari refferensinya😉

  6. Kangdarma 14 April 2009 / 04:12

    Halo Bapak Pinguin Karawang…!! alamat rumah dimana sih ? barangkali saya bisa mampir utk minta copy LINUX nya … 🙂 ditungu kabarnya ya…. salam perjuangan LEGAL COPY !

    • kangtatang 15 April 2009 / 00:54

      @ Hallo Kang Darma🙂
      Mangga atuh ameng ka bumi🙂 nanti alamatnya saya kirim via email aja ya🙂

  7. Wirasto S. Karim 14 April 2009 / 13:49

    Kalau mau menggunakan aplikasi Linux di Windows pake apa ya ? Seperti k3b dan kate.

    • kangtatang 15 April 2009 / 00:57

      Hem, kalau per aplikasi saya belum tahu nih…… ada juga aplikasi yang menjadi simulator utk menjalankan (Install) Linux Keseluruhan di windows (Virtual PC) seperti VMware di Linux yang bisa menjalankan (Install) OS lain dalam Linux
      Hem… coba saya cari lagi Infonya barangkalai ternyata ada aplikasi yang seperti Wine di LInux yng bisa menjalankan aplikasi Windows di Linux.

  8. harripao 18 April 2009 / 18:37

    Salut…Kang, terus berjuang untuk open source, bukan cuma online..tapi offline juga.

    • kangtatang 19 April 2009 / 08:50

      @Haripao🙂
      Siap, terimakasih untuk dukungannya🙂

  9. supry 8 Mei 2009 / 02:26

    mas. lam kenal ya… aq baru aja instal linux ubuntu tp tuk putar mp3 g bisa, gmn cara instal driver soundcarnya. maklum baru belajar linux, habis kata sampean enak seh pakai linux

    • kangtatang 8 Mei 2009 / 04:03

      @ Supry, Hem… Ubuntu yang masih asli (lom remaster) bukan? seperti hasil download langsung dari Ubuntu.com atau dapet kiriman dari shipit? hem…. jika ya harus install dulu beberapa library dan codec multimedia.

      kalau saya biasa install Ubuntu yang sudag remastered, seperti Ubuntu Musim edition yang sudah terpasang Multimedia codec.

      Untuk Soundcard, bisa di check dengan menggunakan perintah $ sudo modprobe snd-(nama/jenis soundcard) misalkan punya saya, “$sudo modprobe snd-es18xx” karena saya menggunakan soundcard PCI ES1868.

  10. popeye 1 Juni 2009 / 11:59

    Kang aq udh cb instal wine di puppy 4.2.1, instalny berhasil tp kalo mau eksekusi file exe koq g berhasil y?
    Misalnya $wine winamp.exe pas di enter perintahnya berhasil tp g ad respon ap2. Cmn jd kyk gini konsolenya
    $wine winamp.exe
    $
    Kira2 mslhnya ap y kang?Trims

  11. dwides 22 Oktober 2009 / 05:44

    Setting network di wie gemana yah, saya pakai IP Messenger.exe , tp network tidak terlihat

  12. dwindi 28 Januari 2010 / 08:30

    kang,,kok gak ada penjelasan cara pakenya gmn?sy bingung banget nih,,boleh minta penjelasannya?kirim lewat email saya,,

    dwinz_abstract@yahoo.co.id saya pengen beralih ke linux nih,,skrg lagi coba ubuntu 9.04 aka Jaunty

    saya tunggu ya emailnya,,soalnya halaman ini tidak saya bukmark,,trimakasih banyak ya sebelumnya..:D

  13. kangtatang 28 Januari 2010 / 13:30

    dwindi :

    kang,,kok gak ada penjelasan cara pakenya gmn?sy bingung banget nih,,boleh minta penjelasannya?kirim lewat email saya,,

    dwinz_abstract@yahoo.co.id saya pengen beralih ke linux nih,,skrg lagi coba ubuntu 9.04 aka Jaunty

    saya tunggu ya emailnya,,soalnya halaman ini tidak saya bukmark,,trimakasih banyak ya sebelumnya..:D

    Kenapa gak Karmic Koala sekalian?😀

  14. prima 4 Agustus 2010 / 06:13

    mas bisa ga install wine tapi cara offline kalo bisa tolong kirimin ke alamat ininya prima.eka16012009@gmail.com makasih mas

    • kangtatang 6 Agustus 2010 / 11:23

      Bisa, download terlebih dahulu file paket aplikasi winenya, (kalau Ubuntu berarti dalam format .deb) terus nanti tinggal klik dua kali filenya ketika offline.

  15. arif taufiq 12 April 2011 / 17:09

    yups…kang…terimakasih atas info2 nya

  16. andy threes 3 November 2011 / 03:16

    Maaf kang tatang
    saya pakai ubuntu 10.04 LTS
    tapi kenapa sudah saya setting LAN nya sesuai IP addres kenapa gak bisa konek juga ya..
    tolong bantu saya ya.. kirim email saya juga boleh

    athrees@ymail.com

  17. andyy 16 Mei 2012 / 15:24

    Kang saya kan pake android 3 hc…tp bingung milih modem yg support diandroid ini…
    Kebnyakan kan support dr windows thu…nha kira“ klo dah make wine support gx yaaa..
    Mohon pncerahannya…

  18. Nyong Kaka 3 Agustus 2014 / 06:48

    kang… saya newbie nich.. masih bingung cara install wine di ubuntu… tolong bantu saya ya?
    thanks….

Tinggalkan Balasan

