CRUNCHBANG LINUX


Apa itu Crunchbang Linux, jangan salah pembaca, Crunchbang linux adalah sebuah Distro Linux yang berbasiskan Ubuntu 8.10 Intrepid Ibex.

Distro ini merupakan sebuah distro alternative bagi pengguna yang memiliki spesifikasi computer rendah tetapi ingin menggunakan Ubuntu 8.10, Crunchbang merupakan versi minimalis dari distro Ubuntu.

Hadir dengan openbox desktop manager yang sederhana dan berwarna hitam, untuk menjalankan aplikasi anad tinggal klik kanan pada area desktop maka akan muncul menu pilihan. Atau bisa langsung mengklik shortcut apilkasi.

Dalam percobaan menggunakan Komputer jadul saya, crunchbang mampu berjalan dengan cepat dan mulus. Sebuah pilihan bagi anda yang mengutamakan performance bukan visual.

More info and download Crunchbang @ http://crunchbanglinux.org/

crunch2

crunch3

14 thoughts on “CRUNCHBANG LINUX

  1. yudie 7 April 2009 / 01:37

    wah..Kang Tatang jago Linux nih…. aku boleh belajar disini dong ya…

    • kangtatang 7 April 2009 / 03:45

      @ Yudhie,
      Boleh, kita belajar bersama🙂
      Hi… hi….

  2. Lidia 7 April 2009 / 08:32

    a lot of knowledge that I’ve got from your Blog…I guess you’re very familiar with the Linux program….two thumbs up….$$end $$mile from here…

  3. bongkeng 8 April 2009 / 07:19

    Jiahh.. yang ubuntu kemarin saja belum bener2 tahu, dah ada distro baru lagi.. wakakaka…
    BTW, makasih infonya kang Tatang.
    tuker link yuk, aku dah add duluan tuh di blog ku.
    sukses ya..

    GOYANG MANGGG…..
    (awas pinguin nya jangan di goyang kang) wakakkk

    • kangtatang 8 April 2009 / 07:29

      Segera saya tambahkan😉
      Hi … hi …. Goyang Karawang…….

  4. Hasannuh BZ 8 April 2009 / 15:24

    Asyik saya bisa belajar LINUX dari kang Tatang nih.
    Saya baru 4 hari kecantol linux terpaksa tapi ternyata enak juga.
    Gara-gara Laptop Acer 4730Z yang ga bisa di install XP kecuali
    mesti tambah driver. akhirnya sy memutuskan install Linux
    dan ketemu OpenSuse 11.1…. Jatuh Cinta deh🙂

    • kangtatang 10 April 2009 / 06:34

      @ Hasannuh,
      Selamat ber-Linux Ria🙂
      Hi …hi….

  5. jemiro 31 Oktober 2009 / 09:05

    saya pake ubuntu nih ^^,, tapi mau jajal nusantara >,< ada rekomendasi kah?? mohon dibales T,T ,, kelebihan + kekurangannya gitu .. makasih

  6. kangtatang 5 November 2009 / 05:27

    saya pake ubuntu nih ^^,, tapi mau jajal nusantara >,< ada rekomendasi kah?? mohon dibales T,T ,, kelebihan + kekurangannya gitu .. makasih

    Hem, Nusantara juga bagus, derivated dari Fedora🙂 cepat ringkas dan secure, bagus untuk desktop dan stabil untuk server. kelemahannya sistem isntalasi yang katanya sedikit merepotkan🙂 tapi uniknya Linux ya disitu🙂 perlu totalitas kita dalam menggunakannya.

    • Bagus 9 Januari 2011 / 23:05

      Kang kalau install modem AHA gimana kang caranya ?? . Share dong. apa sama seperti install modem2 smart gtu

    • Bagus 9 Januari 2011 / 23:14

      Install Wvdial🙂

      After installing CrunchBang 8.04.2 and with no Wired LAN access, or Wifi,
      I needed wvdial to get the Broadcom Firmware downloaded by Dialup.

      HOWTO: Install wvdial to download and update Broadcom Wifi Firmware
      to enable Wifi after HD install from CrunchBang LiveCD 8.04.2

      FOR: CrunchBang Version 8.04.2

      REQUIRED DEBS: wvdial & dependencies
      (NOTE: Download path was found by running Synaptic and trying to
      install wvdial)

      DEBS:
      libwvstreams4.4-extras_4.4.1-0ubuntu2_i386.deb
      libxplc0.3.13_0.3.13-1build1_i386.deb
      wvdial_1.60.1_i386.deb
      libuniconf4.4_4.4.1-0ubuntu2_i386.deb
      libwvstreams4.4-base_4.4.1-0ubuntu2_i386.deb

      Download the required files with another computer, and save on a USB Memory Stick,
      then copy to the HD archive folder…..

      sudo cp /media/CENTON?USB/crunchbang/archives/*.deb /var/cache/apt/archives

      Open Synaptic and Install wvdial

      Setup wvdial and detect the Modem with:

      sudo wvdialconf /etc/wvdial.conf

      Add your information to the configuration of wvdial, pap-secrets,
      and chap-secrets :

      sudo nano /etc/wvdial.conf
      (NOTE: your /dev/ttyS0 is probably different and the last three
      lines will need to be your login information, example follows)

      [Dialer Defaults]
      Auto DNS = yes
      Init1 = ATZ
      Init2 = ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 +FCLASS=0
      Stupid Mode = yes
      Modem Type = Analog Modem
      Baud = 115200
      New PPPD = yes
      Modem = /dev/ttyS0
      ISDN = 0
      Phone = 3211234
      Password = password
      Username = login@isp.net

      sudo nano /etc/ppp/pap-secrets
      (NOTE: your login info must be inserted)

      login@isp.net * password

      sudo nano /etc/ppp/chap-secrets
      (NOTE: your login info must be inserted)

      login@isp.net * password

      Dial and test with:

      wvdial

      (NOTE: You will leave the Terminal window open during the session, and
      when finished use CNTL C to terminate wvdial, then you can close the window.)

      Wifi was enabled, and after connecting to a local Wifi router my Update was
      completed by the Wifi connection……All 260 files.

      Moved 06-12-2009 to Tips, Tricks & Scripts from HOWTO: Sticky …….

      lkraemer

      Last edited by lkraemer (2009-06-12 23:32:20)

  7. wildan pratama 19 November 2012 / 02:35

    kang untuk spesifikasi minimal linux ini berapa? Minta pencerahannya kang😀

    • kangtatang 19 November 2012 / 17:21

      Untuk amannya pake Pentium 4 aja😀
      P IV 1,8 Ghz
      Memory 1 Ghz

  8. ahdoy 9 Januari 2013 / 11:19

    Saya baru menginstall Crunchbang 11 di netbook eeepc saya. Tapi ada masalah di resolusi layarnya yang tidak bisa lebih dari 800X600. Kira-kira bung punya solusinya?

    Salam persahabatan,
    ahdoy.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s