SETTING PRINTER EPSON C90 DI UBUNTU MUSLIM EDITION


Apa kabar Pembaca?

Hari saya akan membahas topik tentang memasang Printer Epson C90 di Ubuntu Muslim Edition.

beberapa hari kebelakang, teman saya datang ke rumah dan meminta tolong karena Printer miliknya blinking dan komputer miliknya selalu hang kalau mau dipakai ngeprint. kemudian saya cek ternyata permasalahannya adalah tinta Hitam milinya sudah habis dan Status monitor printer terus-terusan memberikan pesan tersebut, sehingga komputernya error.

Kemudian saya coba cek printer milik teman saya tersebut pada komputer saya dengan menggunakan Ubuntu Muslim 8.04.1. Printer bisa dikenali dengan baik oleh Ubuntu ME, tetapi secara Default/Otomatis printer tersebut di beri driner Epson C88 dan pada saat saya coba print Test page, printer tidak bisa melakukan Print dengan baik (hasilnya Blank) kemudian saya rubah drivernya dengan menggunakan Epson C68 dan hasilnya diluar dugaan, TEst page dapat diprint dengan baik (Warna hasil print lebih cerah dibandingkan Test page hasil Windows) kemudian saya coba pergunakan untuk nge-print beberapa dokumen. ajaibnya, yang menurut Windows tinta epson C90 tersebut telah habis ternyata masih bisa dipakai untuk mencetak + 10 Halaman Dokumen Full text dan gambar (saya print halaman web hasil unduh). hem sungguh luar biasa.

Yang paling mengesankan bagi teman saya adalah, eh kok bisa printer bisa langsung dipakai tanpa harus Instalasi Driver dari CD bawaannya? yup, itulah hebatnya Linux “All-in-One” semua sudah dalam satu paket, kalau tidak tersedia baru Install dari Repository.

sekarang teman saya lagi rajin-rajinnya belajar untuk menggunakan Linux.

Salam

printer2

epsonc902c903printer

Ubuntu

14 thoughts on “SETTING PRINTER EPSON C90 DI UBUNTU MUSLIM EDITION

  1. sman1cisolok 19 April 2009 / 06:00

    kang anu bageur,
    abdi ti sukabumi, kaleresan abdi bade nginstall komputer sakola nganggo Ubuntu, kusabab cenah virus rata-rata teu jalan dina linux, ngan abdi teh masih bingung supaya Epson C90 jalan
    teras Port Usb jalan oge,
    tah nuhun pisan ka kang Tatang anu tos ngabuktikeun Okay
    nuhun kang

    • kangtatang 19 April 2009 / 08:49

      @SMAN 1 Cisolok
      Sami-sami🙂

  2. f3qh6m 9 Juni 2009 / 05:41

    hjhggg6642 test test

  3. zoienx 28 Juni 2009 / 09:21

    nuhun kang..bade dicobian

  4. zoienx 28 Juni 2009 / 09:27

    alhamdulillah printer c90 saya bisa jalan…nuhun pisan.

    • kangtatang 29 Juni 2009 / 04:58

      Alhamdulillah, senang bisa membantu😀

  5. Hermadut 23 Desember 2009 / 10:04

    problem solved – thanks

  6. kangtatang 5 Januari 2010 / 07:03

    Hermadut :

    problem solved – thanks

    Sama-sama🙂

  7. tommy 27 Januari 2010 / 10:16

    nice info bro🙂

    salam opensource😀

  8. kangtatang 27 Januari 2010 / 15:30

    tommy :

    0
    0
    Rate This

    Quantcast

    nice info bro :)

    salam opensource :D

    Salam OpenSource😀

  9. rudi 19 Februari 2010 / 02:59

    kalau cara remove driver yg lamanya gimana mas?? punya saya masih blank, belum ngerti cara remove driver yg lama trus ganti yg baru kata mas di atas itu…
    quick repply ya mas, tak tunggu ini lho..😀

  10. kangtatang 20 Februari 2010 / 05:06

    rudi :

    kalau cara remove driver yg lamanya gimana mas?? punya saya masih blank, belum ngerti cara remove driver yg lama trus ganti yg baru kata mas di atas itu…
    quick repply ya mas, tak tunggu ini lho.. :D

    Sebaiknya Driver lama tidak usah di remove, anda cukup mengganti dengan memilih driver baru atau driver yang kompatible untuk printer anda.

  11. kitin 10 Januari 2012 / 22:17

    bang, tempat saya ga mau ganti driver lain… C90 saya maunya cuma pakek C88 padahal di print ngeblank…. kalau di klik ke driver lain dia ga mau di foward… gimana ya?

    • kangtatang 11 Januari 2012 / 12:55

      Pake distro apa?
      coba pake CD Live Linux MInt atau ubuntu terbaru, Kernelnya bisa deteksi Printer seri tsb dengan baik. di rumah epson T-11 bisa langsung saya pergunakan tanpa melakukan add driver.

Tinggalkan Balasan

