Mengoptimalkan waktu Booting Ubuntu agar lebih cepat


Pembaca, apakah anda merasa Ubuntu anda terasa sedikit lambat dalam proses booting? Jika ya, ada beberapa tips untuk mengoptimalkannya.

1.    Mengurangi waktu delay Boot menu
2.    Membuat script boot runtime bekerja secara parallel
3.    membuat personal read-ahead profil computer anda.
4.    mengurangi beberapa aplikasi gnome pada startup.

bootmenu_countdown3

1. Mengurangi waktu Delay Boot Menu.

Jika Anda dual-boot Ubuntu dan Windows pada komputer Anda,  boot menu muncul selama 10 detik pada saat pertama, dan anda diberi pilihan untuk memilih Windows atau Ubuntu. Jika Anda hanya memiliki Ubuntu terinstal, prompt yang muncul selama tiga detik memberitahu Anda bahwa Anda dapat menekan tombol untuk melihat menu boot.

Keterlambatan ini dapat dikurangi menjadi satu detik. Sebagai alternatif, Anda dapat mengkonfigurasi sistem sehingga boot menu tidak pernah muncul. Ini akan menolak akses ke pilihan menu boot lainnya, silahkan konfigurasi file dibawah ini untuk menghilangkan pilihan boot menu:

$ Gksu gedit /boot/grub/menu.lst

Kemudian cari baris yang dibaca waktu 10 dan mengubah 10 membaca baik 1, untuk satu detik hitung, atau 0, untuk menonaktifkan menu boot sepenuhnya. kemudian reboot untuk menguji pengaturan.

2. Menjalankan boot skrip dalam waktu bersamaan

Setiap kali komputer memboot Ubuntu maka beberapa skrip yang diperlukan dijalankan. Secara default ini akan dijalankan secara satu-persatu, tetapi jika anda memiliki prosesor dengan lebih dari satu inti, seperti Intel Core 2 Duo seri atau AMD Athlon X2, Anda dapat mengkonfigurasi Ubuntu untuk menjalankan skrip secara paralel. Dengan cara ini semua core dapat aktif digunakan dan mengurangi waktu booting.

Untuk membuat perubahan, ketik perintah berikut ini dan edit file konfigurasi di Gedit:
$ Gksu gedit /etc/ init.d/rc

Cari baris yang dibaca CONCURRENCY = none dan mengubahnya sehingga dibaca CONCURRENCY = shell.
Lalu simpan file tersebut dan reboot komputer Anda.

3. Membangun readahead’s yang dipersonalisasikan ke Komputer

Ubuntu menyertakan perangkat lunak disebut readahead, yang memungkinkan pengguna untuk menentukan file yang akan dibaca ke dalam halaman cache untuk mempercepat loading pertama kali program”. Dengan kata lain, memungkinkan Ubuntu untuk cache file yang sering diakses untuk menghindari proses pencarian ulang pada saat startup.

readahead profil default disertakan dengan Ubuntu tapi Anda dapat membuatnya sendiri, yang khusus untuk Anda dan system.Reboot Ubuntu anda, pada boot menu, tekan e. Ini akan memungkinkan Anda untuk sementara mengedit Boot report erratum menu.

Gunakan kursor tombol untuk menyorot ke bawah ke baris kedua dan tekan e lagi. Gunakan tombol panah kanan untuk berpindah ke akhir baris, dan setelah kata quiet dan splash, tambahkan kata profile. Kemudian tekan Enter, tekan tombol b untuk me reboot komputer Anda.
Perlu diketahui bahwa pada saat pertama boot akan terasa lambat karena readahead cache harus dibuat. namun Anda akan melihat peningkatan kecepatan pada saat Boot selanjutnya.

4. Pemangkasan pada program startup GNOME

Setelah Anda login ke dalam GNOME desktop, Anda akan menghadapi waktu delay yang lain, Apliaksi GNOME yang berjalan di background mulai berjalan. Penghematan waktu dapat dilakukan dengan cara menggunakan program Sesi GNOME (Sistem! Preferensi! Sesi). Pastikan Startup Programs tab dipilih dan kemudian periksa daftar item yang mungkin anda ingin hilangkan. Misalnya, jika Anda tidak akan menggunakan Evolution dari fungsi alarm kemudian Evolution Alarm Notifier dapat dinonaktifkan dengan menghilangkan ceklist di sampingnya. peringatan: Volume Manager tidak berhubungan dengan audio. the automatic detec-Report erratumtion harus selalu diaktifkan. Anda juga tidak perlu menonaktifkan Jaringan Manager-hal ini perlu untuk mendapatkan Ubuntu online jika Anda menggunakan wifi.

Semoga tip diatas bisa membantu dalam mempercepat waktu Booting Ubuntu anda.
Salam

3 thoughts on “Mengoptimalkan waktu Booting Ubuntu agar lebih cepat

  1. Bongkeng 7 April 2009 / 18:35

    weh masih bingung kang.. hehe di coba deh.. makasih infonya…

    • kangtatang 8 April 2009 / 01:29

      @ Bongkeng,
      Sama-sama🙂

  2. ya-oke 2 Oktober 2010 / 02:47

    sangat membantu… trima kasih kang…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s