Antara Windows dan Linux, seperti apa sih Tampilan Linux itu?


Apa kabar Pembaca? Tidak terasa sudah hampir dua bulan lewat di tahun 2009 ini :) 

sebenarnya Linux itu apa sih?

Tampilan Linux itu seperti apa sih?

Pertanyaan tersebut sering saya terima dari rekan dan teman yang penasaran jika saya berbicara mengenai Linux, masih banyak dari rekan dan teman saya yang ternyata masih buta tentang Linux.

Baiklah, mungkin beberapa dari anda yang mengunjungi blog saya memiliki pertanyaan yang sama ? Jawaban saya mungkin sederhana saja, diluar pengertian teknis, Linux adalah sebuah sistem operasi untuk menjalankan komputer sama dengan Sistem Operasi Windows yang selama ini banyak dipergunakan oleh banyak orang. Tampilan Linux tidak berbeda jauh dengan tampilan (desktop) windows.

Mungkin akan lebih jelas jika saya berikan penjelasan dengan menggunakan tampilan screenshoot seperti dibawah ini dibawah ini. Semoga bisa membantu anda dalam memahami tentang apa itu Linux.

Gambar .1 Tampilan Desktop Windows XP dan Ubuntu (Linux OS)

desktop_windowsubuntu_screenshot

Gbr. 2 Tampilan Pemutar musik di kedua Operating System

winamp_windowsscreenshot7

Gbr. 3 Aplikasi pengolah kata

words_on_windowsOpenoffficeorg

Gbr. 4. Pengolah graphis

corel_windowsGIMP

 

26 thoughts on “Antara Windows dan Linux, seperti apa sih Tampilan Linux itu?

  1. Ardhie 24 Februari 2009 / 09:02

    saya buta ttg linux kang, kudu banyak belajar dengan kang tatang kayaknya neh

  2. kangtatang 24 Februari 2009 / 09:13

    Salam,
    Kita belajar bersama, saya juga masih belajar.🙂

  3. mwillypermana 24 Februari 2009 / 09:27

    Pakai warna Human nih, kang? Saya sendiri ndak suka coklat begitu.

    Btw, kok saya lihat kalau desktop Windows itu mesti dijejali ikon ya? Apa sudah nasibnya?😀

  4. kangtatang 24 Februari 2009 / 09:44

    @ Om Willy,
    He …. He …..
    Cuma untuk memperlihatkan kalau itu adalah Desktop Ubuntu (Aslinya Ubuntu ME 8.04.1)
    Truz, perihal windows …… saya suka kalau rame kayak gitu ….. ha …. ha …… biar gak cape nyari Aplikasi.
    Salam🙂

    • kangtatang 25 Februari 2009 / 00:31

      @ MV
      Thanks for visiting, I’ve Visit your blog too, Very Nice🙂
      A great knowledge there.
      Regards

  5. dani 25 Februari 2009 / 12:02

    walau beda-beda tipis..
    corel draw vs inkscape
    corel photopaint/photoshop vs gimp
    masi bisa lah dipake utk memenuhi kebutuhan editing gambar/foto, ya kan kang🙂
    [ikutan nyebar virus linux]

    • kangtatang 27 Februari 2009 / 00:46

      @ Apa kabar Om Dani,
      Betul Om🙂 benar sekali. Meskipun jujur saya masih gaptek sama Inkscape, jadi lebih banyak pake GIMP🙂
      terimakasih atas kunjungannya.

  6. alris 26 Februari 2009 / 20:08

    Salam kenal kang tatang. Sistem operasi menggunakan linux katanya open source, benar gak? Main yuk kang ke blog saya.

    • kangtatang 27 Februari 2009 / 00:43

      @ Alris Salam,
      Betul Linux 99 % Opensource, meskipun beberapa distro ada yang berbayar, seperti Redhat dll
      Terimakasih atas kunjungannya, saya pasti akan berkunjung balik.

  7. izandi 1 Maret 2009 / 08:28

    hm..dilihat2 ga ada bedanya kok
    malah linux lebih bagus kata aku tampilannya

    • kangtatang 2 Maret 2009 / 00:55

      @Izandi
      Setuju🙂

  8. nirvanerz 31 Maret 2009 / 05:15

    askum:D
    ieu kang tatang nu aya di infolinux tea sanes?
    aduh teu sangaja kapendak blog na kang pas googling.
    nepangkeun ti user linux nu masih nyubeh ti purwakarta:D
    ameng atuh kang cakeut ieuh abdi bumina di sadang. .didieu mah abdi teu aya temen na euy keur diskusi masalah perlinuxkan😦

    • kangtatang 2 April 2009 / 00:50

      @NirvanersZ,
      Leres pisan🙂 Damang?
      Haturanan atuh, sok atuh iraha urang kempel ngobrol ngariung, diskusi Linux🙂 meneh nambih wawasan. Hi … hi…..
      Amengan ka Dieu atuh?🙂

  9. Johar 30 April 2009 / 20:00

    Mmm blog tentang Linux nih ya ..🙂 aku sebenarnya pingin belajar Linux tapi kendalanya belum banyak software pendukung nya mas, jadi sementara pake Windows dulu ah… meski Cuman bajakan xii..xiii
    Met kenal n kalau ada waktu silahkan mampir di rumahku mas ESC creation

    • kangtatang 1 Mei 2009 / 08:17

      @ Johar,
      Trims sahabat, segera ke TKP🙂

  10. HackerMpia 22 Agustus 2009 / 18:12

    Hacking juga bisa di Linux Malahan Toolsnya lebih banyak di linux ,linux tuh powerfull gak percaya coba install linux gak restart 1 bulan gak ngefek apa2 tuh aman2 az

    kalau Linux tuh udah sampai pada titik yang mumpuni mungkin besok ada linux untuk khusu games kayak Backtrack untuk Hacking wehehehe…

    Coba bahas Bactrack mas kan ada yang turunannya Debian
    Backtrack 4

    • kangtatang 23 Agustus 2009 / 04:07

      He…he…. Blog saya masih ditujukan untuk pemula, tapi…hem…mungkin nanti saya coba melangkah buat advance, harus ngoprek dulu backtracknya :))
      trims buat sarannya🙂

  11. alfarisi 31 Desember 2009 / 07:56

    ana menggunakan program autaocad 2009 dan 3dsmax 2009 dan potoshop cs3..
    apa bs d jalan kan d linux ini..

  12. kangtatang 5 Januari 2010 / 07:11

    alfarisi :

    ana menggunakan program autaocad 2009 dan 3dsmax 2009 dan potoshop cs3..
    apa bs d jalan kan d linux ini..

    Bisa, bahkan ada program yang bisa menggantikan praogram2 tsb🙂

  13. moel 12 Februari 2010 / 06:11

    untuk kerjaan Kantoran (office) cocoknya oakai LINUX apa KangTatang..???

  14. kangtatang 12 Februari 2010 / 07:20

    moel :

    untuk kerjaan Kantoran (office) cocoknya oakai LINUX apa KangTatang..???

    Semua distro bisa dipergunakan untuk keperluan office, karena aplikasi perkantorannya sudah lengkap. untuk pemula saya sarankan Ubuntu saja.

    salam

  15. ademalsasa 24 Juni 2010 / 15:28

    Saya sangat mendukung pergerakan open source dan Linux di Indonesia. maju terus ya, Kang Tatang. Salam kenal!

    • kangtatang 24 Juni 2010 / 17:57

      Terimakasih sahabat, salam kenal juga😀

  16. dhika_rj 22 September 2011 / 08:42

    saya baru d bidang linux kang….
    kalo boleh tau..
    diantara berbagai macam jenis linux yang ada
    linux mana yang lebih menarik dan banyak digunakan saat skarang ini…
    masalahnya saya ingin menggunakan OS linux…
    tapi masih ragu mau gunain yang mana….???

    • kangtatang 22 September 2011 / 12:41

      Untuk pemula saya sarankan menggunakan Versi Linux yang mudah. Sahabat bisa mencoba menggunakan Ubuntu Atau Linux Mint sedangkan kalau mau versi lokal bisa mencoba menggunakan BlankOn. Rekomendasi saya adalah Linux Mint, karena DVD Installernya telah dilengkapi codec mul;timedia yang artinya bisa langsung memainkan file multimedia seperti MP3, DVD dll. selain itu kemampuan deteksi hardwarenya lebih bagus.

Tinggalkan Balasan

