CARA UNTUK MENGETAHUI MANUAL PERINTAH LINUX


LINUX MANUAL PAGE (THE MAN PAGES)

Tips mengetahui manual perintah Linux

Pembaca, lama tidak bersua, apa kabarnya? Beberapa minggu ini saya disibukan oleh aktifitas kerja yang sangat menyita waktu saya. Sehingga aktifitas blogging saya terganggu. Saya sempatkan waktu istirahat saya untuk mensiasatinya agar bisa tetap memposting beberapa tulisan yang kiranya bisa membantu rekan, teman dan sahabat yang baru/masih belajar Linux.

Kali ini saya ingin berbagi pengalaman dengan anda, jika anda seorang pemula dan kebetulan tidak memiliki dokumentasi yang lengkap atas distro Linux yang anda pergunakan, anda masih bisa untuk membaca manual beberapa perintah dasar linux dalam distro anda. Caranya adalah mengetikan perintah man diikuti nama perintah yang ingin anda lihat/baca manualnya, contoh :

yourname@yourcomp: #man man

Dokumentasi manual perintah man akan diperlihatkan seperti dibawah ini:

man(1) man(1)

NAME

man – format and display the on-line manual pages

manpath – determine user’s search path for man pages

SYNOPSIS

man [-acdfFhkKtwW] [–path] [-m system] [-p string] [-C config_file]

[-M pathlist] [-P pager] [-S section_list] [section] name …

DESCRIPTION

man formats and displays the on-line manual pages. If you specify section, man only looks in that section of the manual.

name is normally the name of the manual page, which is typically the name of a command, function, or file. However, if name contains a slash (/) then man interprets it as a file specification, so that you can do man ./foo.5 or even man /cd/foo/bar.1.gz.

See below for a description of where man looks for the manual

page files.

OPTIONS

-C config_file

lines 1-27

anda bisa mencobanya dengan mengganti dengan perintah lain, missal man dpkg, man make dan lain sebagainya

Selamat ngoprek.

Ps: doakan agar saya bisa menyelesaikan semua deadline pekerjaan saya dengan baik, agar saya bisa lancar kembali ngeblogging.

2 thoughts on “CARA UNTUK MENGETAHUI MANUAL PERINTAH LINUX

  1. Apay 14 Maret 2009 / 17:01

    Askum

    Alhamdulillah
    tahhhh… leres pisan ieu nu dipilarian teh kang, hoyong apal perintah-perintah di linux. hatur nuhun pisan
    jazakumullohu khoiron katsiiro

    semoga semua pekerjaaan lancar dan lebih ditingkatkan kemampuan ilmunya. Amien

    • kangtatang 17 Maret 2009 / 00:46

      @Apay,
      Sami-sami🙂
      Amien

Tinggalkan Balasan

