APA ITU UBUNTU


ubuntu

Ubuntu – Linux untuk Umat Manusia!

Sumber : Materi About Ubuntu

Akar dan filosofi Ubuntu, Ubuntu adalah sepenuhnya sistem operasi open source yang dibangun berdasarkan kernelLinux. Komunitas Ubuntu dibuat atas dasar cita-cita yang ada di dalam Filosofi Ubuntu: bahwa perangkat lunak harus tersedia tanpa biaya, perkakas perangkat lunak harus dapat digunakan oleh pengguna dalam bahasa lokal mereka dan untuk mereka yang memiliki kekurangan, dan pengguna mesti memiliki kebebasan untuk menyesuaikan dan mengubah perangkat lunak mereka sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Untuk alasan tersebut:

l Ubuntu akan selalu bebas dari biaya, dan tidak ada biaya tambahan untuk “Edisi Enterprise”, kami karena membuat pekerjaan Terbaik kami tersedia untuk semua orang dengan Ketentuan yang sama.

2 Ubuntu menyertakan infrastruktur terjemahan dan prasarana aksesibilitas terbaik yang dimiliki oleh komunitas perangkat lunak bebas, hal ini berguna untuk membuat Ubuntu dapat dipergunakan oleh banyak orang.

3 Ubuntu dirilis secara berkala dan dapat diprediksikan; rilis terbaru diluncurkan setiap enam bulan. Anda dapat menggunakan rilis stabil yang ada atau rilis pengembangan saat ini. Setiap rilis didukung selama sekurangnya 18 bulan.

4 Ubuntu berkomitmen penuh pada prinsip dari pengembangan perangkat lunak open source; kami mendorong masyarakat untuk mengunakan perangkat lunak open source, memperbaikinya lalu menyebarkannya.

Ubuntu adalah ideologi etis Afrika Selatan yang berpusat pada kesetiaan masyarakat dan hubungan antara satu sama lain. Kata Ubuntu berasal dari bahasa Zulu dan Xhosa. Ubuntu (diucapkan “oo-BOON-too”) dipandang sebagai konsep tradisional Afrika, yang dianggap sebagai salah satu asas pendirian republik baru Afrika Selatan dan terhubung dengan ide kebangkitan kembali Afrika.

Terjemahan/Arti kata Ubuntu

Terjemahan singkat dari makna Ubuntu adalah “rasa perikemanusiaan terhadap orang lain”. Terjemahan lainnya yaitu: “kepercayaan atas ikatan universal untuk saling berbagi yang menghubungkan seluruh umat manusia”.

“Orang dengan ubuntu adalah yang terbuka dan bersedia untuk orang lain, mendukung yang lain, tidak merasa terancam karena orang lain lebih trampil dan cakap, karena dia memiliki keyakinan bahwa dia termasuk dari bagian besar dan akan sedih bila orang lain dihina atau akan sedih ketika orang lain tersiksa dan tertekan.” – Uskup besar Desmond Tutu –

Sebagai platform berbasis pada Linux, sistem operasi Ubuntu membawa semangat ubuntu ke dunia perangkat lunak.

Proyek Ubuntu, secara keseluruhan, berpegang pada prinsip pengembangan perangkat lunak bebas; setiap orang diajak untuk menggunakan perangkat lunak bebas, memperbaikinya, dan menyebarkannya.

Pengertian perangkat Lunak Bebas

“Perangkat Lunak Bebas” bukan berarti gratis (sekalipun Ubuntu sudah berkomitmen untuk juga selalu gratis). Perangkat lunak bebas berarti Anda harus dapat menggunakannya seperti apapun yang Anda mau: kode sumber perangkat lunak bebas tersedia untuk diunduh (download), diubah, diperbaiki, dan dipergunakan dengan cara apapun oleh siapa saja. Selain keuntungan idiologis, kebebasan ini juga memiliki kelebihan teknis: saat melakukan pengembangan program, kita dapat memanfaatkan dan melanjutkan hasil kerja keras orang lain. Hal ini tidak dapat dilakukan dengan perangkat lunak yang tidak bebas, pengembangan program harus dilakukan dari awal. Alasan yang inilah yang menyebabkan pengembangan perangkat lunak bebas menjadi cepat, efisien, dan menyenangkan.

Informasi lebih lanjut mengenai perangkat lunak bebas serta filosofi ideologis dan teknis yang melatarbelakanginya dapat Anda temukan di situs web GNU.

Ada banyak sistem operasi berbeda dengan dasar Linux: Contoh Debian, SuSE, Gentoo, Red Hat, dan Mandriva. Ubuntu adalah salah satu pesaing dalam dunia yang penuh dengan kompetisi ini. Jadi apa yang membuat Ubuntu berbeda?

Berbasis pada Debian, salah satu distribusi yang diterima secara luas, maju dari segi teknologi dan didukung dengan baik, Ubuntu bertujuan untuk membuat distribusi yang menyediakan sistem Linux untuk komputasi desktop dan server yang selalu up-to-date. Ubuntu menyertakan banyak paket yang sudah dipilih dengan teliti dari distribusi Debian dan menggunakan sistem manajemen paket yang handal untuk mempermudah instalasi dan penghapusan program dengan bersih. Tidak seperti kebanyakan distribusi yang mengirimkan perangkat lunak dengan jumlah besar yang mungkin atau tidak digunakan, daftar paket dalam Ubuntu dikurangi hingga hanya aplikasi-aplikasi penting dan berkualitas tinggi yang ada pada Ubuntu.

Dengan memusatkan pada kualitas, Ubuntu menghasilkan lingkungan komputasi yang tahan banting dan kaya fitur, yang cocok untuk dipakai di lingkungan rumah maupun komersial. Projek ini menghabiskan waktu yang diperlukan untuk fokus ke detil lebih halus dan dapat meluncurkan sebuah versi dengan fitur dari perangkat lunak terbaik dan terbesar hari ini setiap 6 bulan. Ubuntu tersedia untuk arkitektur i386 (prosesor 386/486/Pentium(II/III/IV) dan Athlon/Duron/Sempron), AMD64 (Athlon64, Opteron, dan prosesor Intel 64-bit yang baru), dan Sun UltraSPARC.

Pengertian Desktop

Desktop adalah apa yang anda saksikan setelah anda login ke komputer anda dan apa yang anda gunakan untuk mengelola dan menjalankan aplikasi. Lingkungan desktop bawaan Ubuntu adalah GNOME, platform pengembangan dan keluarga desktop UNIX dan Linux terdepan.

Anda juga dapat memasang lingkungan desktop KDE dan Xfce, yang memiliki penampilan khas masing-masing. KDE dan Xfce tersedia pada Ubuntu melalui projek Kubuntu dan Xubuntu. Anda bahkan dapat memasang versi Ubuntu yang hanya-KDE atau hanya-Xfce bila anda kehendaki.

Skema penomoran versi Ubuntu didasarkan pada tanggal rilis sebuah versi dari distribusi. Nomor versi berasal dari tahun dan bulan rilis, bukan mencerminkan versi sebenarnya dari perangkat lunak.

Rilis pertama kami (Warty Warthog) diterbitkan Oktober 2004 jadi versinya adalah 4.10. Versi ini (Hardy Heron) dirilis April 2008 jadi nomor versinya adalah 8.04.

Ubuntu dikelola oleh komunitas yang tumbuh dengan cepat. Proyek ini disponsori oleh Canonical Ltd., perusahaan yang didirikan oleh Mark Shuttleworth. Canonical memperkerjakan pengembang inti Ubuntu dan menawarkan jasa sokongan dan konsultasi untuk Ubuntu.

Canonical Ltd. juga mensponsori beberapa proyek perangkat lunak Open Source lain, informasi mengenai ini bisa ditemukan pada situs web Canonical.

Pengetian Singkat Linux

Kernel Linux adalah jantung dari Sistem Operasi Ubuntu. Sebuah kernel adalah bagian penting dari sistem operasi apapun, fungsinya adalah untuk menjembatani komunikasi antara perangkat keras dengan perangkat lunak.

Linux dibuat pada tahun 1991 oleh seorang mahasiswa Finlandia bernama Linus Torvalds. Pada waktu itu, Linux hanya berjalan pada sistem i386, dan pada dasarnya adalah tiruan dari kernel UNIX, yang dimaksudkan untuk memanfaatkan arsitektur baru i386 waktu itu.

Saat ini, terima kasih atas jasa upaya pengembangan yang besar jumlahnya oleh orang-orang di seluruh dunia, Linux praktis dapat dijalankan dalam setiap arsitektur modern.

Kernel Linux telah menjadi suatu kepentingan ideologis seperti pada hal teknis. Ada sekelompok komunitas masyarakat yang percaya atas cita-cita dari perangkat lunat bebas dan meluangkan waktu mereka untuk membantu membuat teknologi open source menjadi lebih baik.

Masyarakat dalam komunitas inilah yang memberikan prakarsa kepada Ubuntu, komite standar yang menentukan pengembangan Internet, organisasi seperti Yayasan Mozilla, yang membuat Mozilla Firefox, dan proyek perangkat lunak lainnya yang tak terhitung jumlahnya yang dari semua ini Anda telah memperoleh keuntungan di masa lalu.

Semangat open source, biasanya dikaitkan dengan Linux, mempengaruhi pengembang perangkat lunak dan pengguna di mana pun untuk menggerakkan komunitas dengan tujuan yang sama.

Proyek GNU, diucapkan “guh-noo”, diluncurkan pada tahun 1984 untuk mengembangkan sebuah sistem operasi seperti UNIX yang terdiri dari perangkat lunak bebas: Sistem GNU. Variasi dari sistem operasi GNU, yang menggunakan kernel Linux, saat ini sudah banyak digunakan.

Proyek GNU berhubungan erat dengan filosofi dari perangkat lunak bebas, yang merupakan pusat untuk proyek yang berasal darinya, seperti Ubuntu. Konsep dari perangkat lunak bebas dijelaskan di Seksi 2 ― Perangkat Lunak Bebas.

Temukan lebih lanjut pada situs web Ubuntu.

4 thoughts on “APA ITU UBUNTU

  1. Rangga Aditya 17 Juli 2009 / 19:14

    Hehe, iseng kang browsing post lama, siapa tau dapet ilmu. Oiyah kang, sekedar penasaran. Kl di kantor akang tuh udah pindah ke linux semua? Pake distro apa?

    • kangtatang 18 Juli 2009 / 02:02

      Boro-boro, semuanya masih pake jendela dan usernya aja masih 90% gaptek….. Cape pisan…. ngawarahna😀

  2. rangga aditya 18 Juli 2009 / 07:22

    Halah… kirain dari posting2 kang tatang sudah menandakan… Hehe. kalow gt kesempatan tuh. Biasanya kan orang gaptek tuh bisa dipengaruhi. Istilahnya belom karatan.kalow kertasmah masih ada tempat untuk coret2. Hehe Temen saya contohnya yg kemaren ngiler pc linux os saya akhirnya saya bujuk ganti windows xp bajakan di laptopnya. Sekarang kalow ngeceng ke tempat wifi gretong dia rada gaya soalnya merasa beda, katanya sich mirip pengguna apple yg jarang. Jadi enga pasaran. Hehe. Beda khan sm saya yg masih ajah ‘sakaw’ kalow enga ketemu xp. Semoga ini akan berakhir sampai berakhir masa support xp saya. Karena saya enga mau dan enga sanggup/rela mengeluarkan duit 300dolar cm untuk beli 1dvd win7, walau saya pun mengakui kalau saya kagum sm win7 (o..o.w.. Tuh khan mulai sakaw lagi sm windows, hehe)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s