PERLUKAH MENGGUNAKAN ANTIVIRUS?


Pembaca, apakah anda masih menggunakan Aplikasi Antivirus?

Apakah anda banyak menghabiskan waktu untuk mencari, mendownload Antivirus?

Berapa banyak waktu anda yang tersita untuk merestore Komputer anda yang terserang oleh Virus?

Sebuah pengalaman yang paling mengesalkan jika pada suatu ketika kita mendapati sistem operasi kita mendadak menjadi lambat, ngehang, blue screen, restart sendiri bahkan pada suatu kasus sama sekali tidak bisa berjalan sehinga perlu install ulang sistem operasi atau file-file penting anda yang tersimpan dalam Eksternal HDD atau USB Flash Disk tiba-tiba hilang dan berganti menjadi file yang tidak dikenal missal file dokumen berubah menjadi file Aplikasi.

Contoh komputer yang terinfeksi Virus
Contoh komputer yang terinfeksi Spyware

Sebagian dari kasus diatas disebabkan oleh kesalahan Hardware (Rusak atau terpasang tidak baik) dan sebagian lagi disebabkan oleh program perusak seperti Virus, Trojan dan Malware.

Produktifitas kita akan menurun dan terganggu dengan adanya proses perbaikan atau pembersihan terhadap Virus tersebut, belum lagi jika ternyata ada file atau data yang rusak yang diakibatkan oleh Virus. Kesal dan marah? Pasti, kemudian apa yang anda persiapkan untuk mencegah hal tersebut terulang kembali? Pasang Antivirus?

Saya rasa komputer anda semua sudah terpasang Aplikasi Antivirus, tetapi masih saja terinfeksi. Mengganti Antivirus dengan Versi terbaru atau yang komersil dan (katanya) lebih bagus? Percayalah semuanya tidak akan banyak membantu, perkembangan virus selalu 3 langkah didepan dibandingkan penawarnya yang ditemukan belakangan setelah ada korban terinfeksi, jadi ketika update terbaru untuk mencegah sebuah virus tersebut ditemukan, sang pembuat Virus telah mengembangkan varian baru. Begitu seterusnya, dan kita akan berada dalam lingkaran setan yang selalu menjadi korban, baik secara Ekonomi, Waktu dan tenaga.

Bukankah lebih baik waktu, tenaga dan uang yang dialokasikan untuk biaya mencegah Infeksi virus terhadap komputer kita, dipergunakan untuk produktifitas kerja kita atau keperluan lain yang lebih baik?

Terus harus bagaimana? Langkah terbaik adalah memutus hubungan koneksi komputer kita, tidak ada Disket, USB Flasdisk, atau Internet dan system Operasi yang digunakan harus Orisinal (Bukan bajakan apalagi hasil crack-an). Pasti Anda aman dari serangan Virus. Pertanyaannya adalah apakah anda sanggup melakukan semua itu? Sebagai alat kerja, komputer membutuhkan semua akses koneksi tersebut untuk berbagi data.

Jika anda mau. Saya menyarankan menggunakan OS Linux, Bebas dan minus serangan Virus. Anda akan terbebas dari waktu yang terbuang percuma untuk proses scanning dan cleaning virus. Tidak ada defragmentasi HDD yg cukup memakan waktu (Untuk sebuah OS tertentu/W*****s jika lama tidak melakukan Defragment HDD, maka kinerja computer akan menjadi lambat).

Tetapi jika anda masih menginginkan menggunakan OS Propietary dengan alasan tertentu, Silahkan gunakan perangkat lunak Sistem Opeasi beserta Aplikasinya yang orisinal agar tingkat kemanananya dari serangan Virus (sedikit) terjamin.

salam

4 thoughts on “PERLUKAH MENGGUNAKAN ANTIVIRUS?

  1. lex G4m 20 Desember 2008 / 05:15

    Nice article, sip kang. Btw, kalo ada yang bilang pake windoz ori gak gmpang kena virus, itu bhong besar. Dr Pngalaman, aku pake win ori juga keok wkt ad batam hacker, dan trnyata k0mpiq yg OS ori jd krban prtm.
    Mungkn sangat sdikit aman kalo update ke web mikocok, tp ya itu waktu dan biaya lagi

    • kangtatang 20 Desember 2008 / 05:28

      Betul, sekarang ada kang Lex yang memberikan testimonial.
      Jadi lebih jelas penjabarannya.🙂 Trims

  2. ahdoy 4 Oktober 2010 / 07:19

    Saya pengguna linux juga, tapi terkadang ada teman saya yang memasang flash drivenya ke laptop saya, dan ketika dia scan di komputernya, terdapat beberapa virus di flash drivenya. Pertanyaan saya, apakah virus yang bisa aktif di windows dapat juga menyebar ke flash drive seperti kasus di atas, padahal media komputer yang digunakannya berbasiskan sistem linux? Dan apa kita selaku pengguna linux perlu memasang antivirus untuk men-scan flash drive dari orang lain yang menggunakan windows OS? Terima kasih.

    • kangtatang 7 Oktober 2010 / 04:57

      @Ahdoy, Virus komputer bisa menyebar melalui Flashdisk meskipun OS kita linux, hanya saja virus tsb tidak bisa menginfeksi sistem (Tidak berdaya) karena dirancang hanya utk merusak sistem Windows.

      untuk keamanan kita dianjurkan menggunakan Antivirus, beberapa pengembang antivirus sudak banyak yang membuat program mereka utk OS Linux seperti AVG, ClamAV dll, Aplikasi ini dimaksudkan untuk membantu membersihkan perangkat semacam USB, External HDD atau komputer dalam jaringan dgn OS Non Linux yang terkena Virus.

      Seperti yang kita ketahui aktivitas browsing & downloading dari internet terkadang membawa Malware atau virus tanpa kita ketahui, secara mereka tidak aktif di komputer kita, virus ini akan terdeteksi ketika kita membuka file/USB yg terinfeksi di komputer dgn OS Windows.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s