KENAPA HARUS MENGGUNAKAN SISTEM OPERASI LINUX?


“Apasih Tang?”,

“Sok Idealis banget sih Lo!”,

“Bisa apa sih Lo soal Linux?”

“Halah masih pake Windows aja sok ngomongin Linux!”,

Yup, betul itu adalah kata-kata yang sering dilontarkan oleh rekan kerja, teman dan orang-orang yang dekat dengan saya jika mulai membicarakan Linux di dekat mereka. Hanya beberapa orang saja yang sedikit tertarik untuk mengenal Linux Itupun sekedar tertarik saja tanpa ada kelanjutan untuk mengetahui dan mempelajarinya lebih jauh.

Masih banyak yang memandang sinis Sistem operasi Linux, sebagian dari mereka mengatakan bahwa Linux itu tidak “User Friendly”, “susah” dan “tidak kompatible” dengan semua perangkat komputer.

Mungkin ada benarnya juga pandangan mereka, bagi seorang Newbie (pemula), Linux bisa dibilang merupakan sebuah momok yang menakutkan, kata yang terlintas dalam benak pemula (contohnya saya) saat pertamakali berkenalan dengan Linux adalah “Susah”, tapi bukankah itu yang pertama kali terlintas dalam benak kita sewaktu pertama kali belajar Windows? Semuanya pasti mengalami Sindrom Panik, Grogi dan takut pada saat pertama kali belajar sesuatu terutama jika ada resiko yang harus dihadapi, dalam hal ini mungkin resikonya adalah hilangnya data dalam komputer anda.

Tidak User Friendly, ini tergantung dari sudut mana kita melihat dan menggunakan linux, semua orang pada saat pertamakali menggunakan sesuatu pasti akan gagap dan memerlukan waktu untuk belajar dan menguasainya. Tidak bisa kita bandingkan dengan sesuatu yang telah kita telah terbiasa untuk melakukannya. Saat ini sudah banyak Distro Linux yang bahkan sangat user friendly bagi orang-orang yang terbiasa menggunakan Windows dan ingin beralih ke Linux, cobalah Linux XP, PCLinuxOS atau produk lokal, Dewa Linux. Dulu saya perlu waktu berminggu-minggu untuk bisa menggunakan Windows serta Aplikasi didalamnya, tetapi untuk Linux saya hanya perlu beberapa hari untuk memahaminya.

Bahwa Linux tidak kompatibel dengan semua perangkat Komputer, ya ini benar. Tidak bisa dipungkiri bahwa banyak dari pengguna Linux yang mendapat kesulitan ketika pertama kali menggunakan Distro Linux, sebagian dari mereka menemukan beberapa perangkat komputernya (khususnya Laptop) tidak dikenali dan tidak bisa berjalan pada distro yang ia pergunakan sehingga harus mencoba beberapa Distro sampai akhirnya menemukan yang cocok dan mampu mengenali perangkat komputernya dengan baik.

Justeru disinilah hebatnya pengembangan Linux, untuk setiap permasalahan yang kita hadapi, maka seyogyanya kita sampaikan pada forum pengguna distro Linux yang kita pergunakan sehingga bisa dilakukan perbaikan terhadap kekurangan / permasalahan pada Distro tersebut,

Perangkat lunak proprietary, pengembangan dan perbaikannya dilakukan secara tertutup di laboratorium perusahaan, dan mereka menjadikan kita tester produk mereka secara halus yaitu dengan cara menjadikan kita konsumen produk mereka, dan kemudian mereka memperbaiki kekurangan produk mereka berdasarkan keluhan-keluhan kita sebagai konsumen mereka, hasilnya adalah sebuah produk baru yang diklaim lebih canggih dan mutakhir dibandingkan produk pertama, tetapi kita harus mengeluarkan biaya untuk mendapatkannya.

Contoh kasus, ketika Windows 2000 diluncurkan, itu merupakan sebuah produk beta dari Windows XP, Kita membeli lisensinya untuk menggunakannya dan melaporkan keluhan atas beberapa fitur yang tidak berjalan dengan baik, dari hasil perbaikan berdasarkan keluhan kita maka diluncurkanlah produk Windows XP. Dan kita harus membeli lisensi lagi untuk mengganti Windows 2000 atau mengupgradenya menjadi windows XP, bisa anda hitung sendiri berapa biaya yang harus dikeluarkan oleh anda. Kita Bandingkan dengan Linux, asumsikan anda menggunakan Ubuntu Edgy Eft misalnya atau Hardy heron, untuk mendapatkan versi terbaru dari Ubuntu atau anda ingin Upgrade ke Versi terbaru yaitu Intrepid Ibex, anda tidak perlu keluar biaya apapun, Upgrade saja lewat Internet atau pesan CD Gratis lewat program Shipit Ubuntu kemudian Install, praktis dan murah.

Lagipula pada saat sekarang hampir semua Distro Linux sudah mampu mengenali perangkat keras komputer, ini merupakan hasil kerja keras Linus Torvalds (Hail to the founder) bersama timnya dalam mengembangkan kernel Linux, serta dukungan banyak pihak demi kemajuan GNU/Linux.

)
Komputerku sayang🙂

Saya lantang dalam membicarakan Linux karena saya percaya bahwa negeri kita akan menjadi lebih baik jika kita belajar untuk menghargai hasil karya orang lain, dengan tidak menggunakan Perangkat Lunak Bajakan dan tidak membiarkan Devisa Negara kita masuk ke kantong celana kaum kapitalis yang hanya mengeksploitasi dan memonopoli kita untuk menggunakan “hanya” produk mereka, serta dengan Opensource kita bisa menciptakan generasi yang melek teknologi dengan terbukanya sumber kode perangkat lunak, sehingga bisa dipelajari dan dikembangkan sesuai dengan kebutuhan kita.

Saya mencoba Idealis, karena dengan Linux kita menghargai diri kita sendiri, Hukum dan hasil karya orang lain juga dengan Linux kita belajar untuk menjadi individu yang jujur.

Saya bukanlah orang yang ahli atau menguasai Linux, saya hanyalah pengguna biasa yang masih belajar dan mecoba perduli serta yakin bahwa bangsa kita memiliki sumber daya manusia yang memiliki bakat dan kemampuan besar dalam teknologi. Dan agar generasi bangsa kita tersebut bisa menjadi seperti yang kita harapkan maka kita perlu menyediakan Sarana dan prasarana untuk mendukungnya, dengan Linux maka beban biaya yang diperlukan bisa berkurang drastis. Bayangkan, berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat satu buah laboratorium komputer Sekolah lengkap jika menggunakan perangkat lunak proprietary? Dengan Linux, kita hanya mengeluarkan biaya pembelian perangkat keras saja.

Saya masih menggunakan windows di tempat saya bekerja, karena pimpinan kerja saya yang membuat kebijakan seperti itu, dan itu adalah kewenangannya, meskipun saya sering memberikan saran untuk bermigrasi ke Linux, tetapi tidak pernah ditanggapi.

Saya banyak menulis di blog ini dengan harapan lahir pengguna-pengguna linux baru yang akan membuat sebuah perubahan bahkan mungkin tren yang akan membuka mata pihak-pihak lain (diantaranya pimpinan kantor saya) yang selama ini masih menggunakan perangkat lunak bajakan atau proprietary untuk beralih menggunakan Linux.

Pada akhirnya, bahwa harapan dan impian kita untuk mewujudkan sebuah Idealisme yang baik tidaklah tercipta dalam waktu yang sekejap, diperlukan waktu, kesungguhan, dukungan serta perjuangan yang cukup lama agar hal tersebut bisa tercapai.

Cita-cita tetaplah sebuah cita-cita yang harus dikejar dan dijalani, jika kita sekarang tidak mampu mewujudkannya mungkin anak cucu kita nanti yang akan menggantikan kita untuk mengembalikan kejayaan bangsa serta Negara kita seperti dahulu. Tugas kita hanyalah membekali mereka.

Begitu teman, rekan dan sahabat, ini adalah alasan kenapa saya sangat antusias dengan Linux, ini adalah jalan yang saya fahami untuk berbakti kepada Ibu Pertiwi.

Semoga jalan pikiran kita semua bisa terbuka dan mulai bangkit untuk membangun Negeri ini secara positif, menurut jalan yang anda mampu dan fahami.

Salam

jadul
jadul

10 thoughts on “KENAPA HARUS MENGGUNAKAN SISTEM OPERASI LINUX?

  1. mwillypermana 16 Desember 2008 / 12:15

    Masih banyak yang memandang sinis Sistem operasi Linux

    Biasanya yang begini ini belum pernah mencicipi bagaimana “ramahnya” proses instalasi windows xp (dan sederet panjang aplikasi lainnya) setelah satu harddisk habis dilibas virus😉

    Bahwa Linux tidak kompatibel dengan semua perangkat Komputer, ya ini benar. Tidak bisa dipungkiri bahwa banyak dari pengguna Linux yang mendapat kesulitan ketika pertama kali menggunakan Distro Linux, sebagian dari mereka menemukan beberapa perangkat komputernya (khususnya Laptop) tidak dikenali dan tidak bisa berjalan pada distro yang ia pergunakan sehingga harus mencoba beberapa Distro sampai akhirnya menemukan yang cocok dan mampu mengenali perangkat komputernya dengan baik.

    Kalau dipikir-pikir, justru Windows yang sering tidak kompatibel dengan hardware. Fresh install Windows itu gak mengenali kartu suara, kartu grafik, printer, kartu jaringan, USB 2.0, dll. Kita harus install driver-nya dulu, kalau kebetulan punya. Kalau nggak, wah, harus ubek-ubek internet dulu. Atau cari di rental CD program (bajakan).

    setuju nggak, kang ?

  2. kangtatang 16 Desember 2008 / 12:28

    Setuju, Kalo device baru yang dipasang ilang Cd Drivernya bisa kelabakan tuh🙂
    Salam Kenal.

  3. mul14 16 Desember 2008 / 15:02

    Yapp.. masalah Linux salah satu nya driver. Coba seandainya setiap vendor memasukkan driver Linux di CD bawaan. Atau dibuka deh code-codenya.. biar para developer Linux yang bikin drivernya.

  4. kangtatang 17 Desember 2008 / 02:22

    Betul sekali🙂
    Saya setuju
    Tapi kalau sang Vendor mempunyai Visi hanya mencari keuntungan jelas dia akan keberatan, padahal dengan terbukanya sumber kode, masyarakat malah akan lebih banyak menggunakan produknya.
    (asumsi: banyak yang menggunakan = laku)

  5. arlina 19 Desember 2008 / 02:43

    saya newbie banget, jdi msh hrs belajar banyak kang. anyway thanks udh jga menjenguk ke blog saya…

  6. kangtatang 19 Desember 2008 / 02:57

    @Teteh Arlina, sama saya juga Newbie🙂
    Inilah Hebatnya dunia mayantara, kita bisa menimba Ilmu dan berbagi Ilmu dengan banyak teman. Tidak ada yang pintar disini, semuanya belajar dan belajar dan belajar…..

  7. ozan rock 27 November 2010 / 09:35

    Intinyah windows tuh sulit lok linux baru mudah.

    • kangtatang 17 Desember 2010 / 16:57

      @Ozan.. betul sekali sahabat😀

  8. ki edi 28 Juli 2012 / 14:09

    boleh juga nerabas dunia linuk

  9. giltagina 4 September 2015 / 13:20

    bner bngt tuh. negara maju dan cerdas masyarakatnya itu juga kbanyakan pake OS Linux, ato mungkin OS lain yang tidak terlalu mengandalkan tampilan. karna tampilan itu tdk pnting, yg pnting efisien fungsi kerjanya kan. hanya saja di masyarakat kita sudah terbiasa konsumtif, jd gak mau repot2 kreatif dg linux. pdhal negara maju anak kecil saja pke program linux tanpa tampilan grafis. mnjalankan komp hanya melalui command saja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s