INSTALASI XAMPP DI OS UBUNTU MUSLIM EDITION (UbuntuME)


Pembaca yang Budiman, kali ini saya akan berbagi pengalaman dalam menginstall Aplikasi XAMPP (Aplikasi Web Server lengkap dengan Apache, MySQL, PHP, Perl, ProFTPD, phpMyAdmin, OpenSSL, Freetype, libjpeg, libpng, gdbm, zlib, expat, ming, Sablotron, libxml, webalizer, pdf class, ncurses, mod_perl,FreeTDS, gettext, IMAP C-Client, OpenLDAP (client lib), eAccelerator, mcrypt, mhash, SQLite, cURL, ZZIPlib, libxslt, phpSQLiteAdmin, FPDF) pada komputer saya dengan menggunakan OS Ubuntu Muslim Edition

xampp2


Yang pertama kita lakukan adalah mengunduh Aplikasi XAMPP dari situs resminya, http://www.apachefriends.org/download.php?xampp-linux-1.6.8a.tar.gz. Setelah kita berhasil mengunduhnya, maka langkah kita selanjutnya adalah membuka Aplikasi terminal dan mengetikan perintah untuk mengekstrak file XAMPP yang masih terkompresi ke direktori /opt di komputer kita. Caranya adalah dengan mengetikan perintah sudo tar xvfz xampp-linux-x.x.x.tar.gz -C /opt.. Setelah proses ektraksi selesai, kita rubah permission direktori XAMPP menjadi 775 dengan mengetikan perintah sudo chmod -R 775 /opt/lampp kemudian kita ketikan perintah /opt/lampp/lampp start. Anda akan melihat baris pemberitahuan dalam terminal seperti dibawah ini

Starting XAMPP 1.6.8a…

LAMPP: Starting Apache…

LAMPP: Starting MySQL…

LAMPP started.

Yang menunjukan bahwa XAMPP telah terpasang di komputer kita dan telah aktif. Untuk memeriksanya, maka kita buka browser dan mengetikan URL http://localhost.

Anda akan disuguhi Wellcome Screen dari XAMMP yang menunjukan bahwa XAMPP telah terpasang dengan baik dikomputer kita.

Tampilan Wellcome Screen XAMPP
Tampilan Wellcome Screen XAMPP

XAMPP lebih ditujukan bagi pengembang / desainer Web, jika anda akan menggunakan XAMPP untuk keperluan online webserver maka perlu diadakan beberapa perbaikan keamanan, caranya dengan mengetikan perintah /opt/lampp/lampp security di terminal dan kemudian mensetting keamanan yang diperlukan.

Dibawah ini beberapa perintah dasar untuk XAMPP.

start : Mengaktifkan Aplikasi XAMPP.

stop : Menghentikan Aplikasi XAMPP.

restart : Mengaktifkan ulang Aplikasi XAMPP.

startapache : Mengaktifkan Aplikasi Apache saja.

startssl : Mengaktifkan Apache SSL support.

startmysql : Mengaktifkan MySQL database saja.

startftp : Mengaktifkan ProFTPD server.

stopapache : Menghentikan Apache.

stopssl : Menghentikan Apache SSL support.

stopmysql : Menghentikan MySQL database.

stopftp : Menghentikan ProFTPD server.

Jika karena suatu hal anda ingin menguninstall XAMPP, silahkan ketikan perintah ini sudo rm -rf /opt/lampp untuk menghapusnya dari komputer anda.

Sekarang anda bisa memulai membuat Aplikasi web berbasiskan PHP, Perl dan lain sebagainya atau anda juga bisa menggunakan XAMPP untuk memasang alikasi CMS seperti Joomla, Mamboo, WordPress, B2evolution atau Alikasi FORUM semacam phpBB, mercury board dll pada komputer anda

Disini penulis akan memberikan contoh pemasangan WordPress di XAMPP

Tampilan WordPress dengan menggunakan XAMPP sebagai servernya
Tampilan WordPress dengan menggunakan XAMPP sebagai servernya

INSTALASI WORDPRESS DI XAMPP

Pertama-tama kita unduh File wordpress dari http://wordpress.org kemudian setelah berhasil mengunduhnya, kita ekstrak file wordpress yang masih terkompresi dalam ekstensi Zip. Langkah selanjutnya adalah membuka terminal dan mengkopi / atau memindahkan (saya lebih suka memindahkan) folder wordpress tersebut ke direktori /opt/lampp/htdocs. Caranya dengan mengetikan perintah sudo mv wordpress /opt/lampp/htdocs. Sebelum melanjutkan kepada proses Instalasi kita buka browser dan ketikan url http://localhost/phpmyadmin/ dan membuat sebuah database, misalkan kita beri nama wordpress.

Membuat Database denan menggunakan phpMyadmin
Membuat Database denan menggunakan phpMyadmin


Setelah database telah selesai dibuat, kita melanjutkan proses instalasi dengan sebelumnya merubah permission folder wordpress menjadi 775 dengan cara mengetikan perintah sudo chmod -R 775 /opt/lampp/htdocs/wordpress. Kemudian kita buka browser dan mengetikan alamat http://localhost/wordpress jika anda akan mendapatkan tampilan teks seperti ini :

“There doesn’t seem to be a wp-config.php file. I need this before we can get started. Need more help? We got it. You can create a wp-config.php file through a web interface, but this doesn’t work for all server setups. The safest way is to manually create the file”.

wpawal

klik tombol pilihan create a configuration file disebelah bawah teks tersebut, jika ternyata muncul pesan seperti ini :

“Sorry, I can’t write to the directory. You’ll have to either change the permissions on your WordPress directory or create your wp-config.php manually”

wperror

Kita ketikan perintah :

sudo chmod -R 777 /opt/lampp/htdocs/wordpress

Pada tahap ini anda sudah bisa menginstall WordPress dengan normal. tetapi jika karena suat hal anda masih tidak bisa menginstallnya coba lakukan trik dibawah ini:

masuk ke direktori wordpress, membuka dan menyimpan file wp-config-sample.php menjadi wp-config.php dengan sebelumnya mengedit beberapa baris, yaitu mengisi nama database kita dan mengisikan root sebagai user serta mengosongkan ruang password.

Sebelum diedit :

define(‘DB_NAME’, ‘putyourdbnamehere‘); // The name of the database

define(‘DB_USER’, ‘usernamehere‘); // Your MySQL username

define(‘DB_PASSWORD’, ‘yourpasswordhere‘); // …and password

define(‘DB_HOST’, ‘localhost’); // 99% chance you won’t need to change this value

define(‘DB_CHARSET’, ‘utf8’);

define(‘DB_COLLATE’, ”);

Setelah diedit :

define(‘DB_NAME’, ‘wordpress‘); // The name of the database

(nama DB yang kita buat)

define(‘DB_USER’, ‘root‘); // Your MySQL username

(root adalah user standar)

define(‘DB_PASSWORD’, ); // …and password

(dikosongkan)

define(‘DB_HOST’, ‘localhost’); // 99% chance you won’t need to change this value

define(‘DB_CHARSET’, ‘utf8’);

define(‘DB_COLLATE’, ”);

wpconfig


kita lanjutkan langkah berikutnya dengan masuk ke direktori /wordpress/wp-admin dan membuka file setup-config.php. Pada beberapa baris dibawah ini, kita rubah target file wp-config-sample.php dengan wp-config.php.

Sebelum diedit :

if (!file_exists(‘../wp-config-sample.php‘))

wp_die(‘Sorry, I need a wp-config-sample.php file to work from. Please re-upload this file from your WordPress installation.’);

$configFile = file(‘../wp-config-sample.php‘);

sesudah diedit :

if (!file_exists(‘../wp-config.php‘))

wp_die(‘Sorry, I need a wp-config-sample.php file to work from. Please re-upload this file from your WordPress installation.’);

$configFile = file(‘../wp-config.php‘);

setupconfig

sekarang kita ketikan lagi pada browser, http://localhost/wordpress maka kita akan langsung disuguhi halaman awal registrasi Blog wordpress kita, isikan nama blog kita dan alamat email sembarang, lalu klik install.

wellcomewp

Selamat, pada tahap ini wordpress telah terpasang pada OS UbuntuME anda. sekarang anda bisa login dan belajar menggunakan wordpress untuk mempelajari fungsi-fungsinya dan untuk melatih kemampuan blogging anda🙂.

screenshot-14

jangan lupa untuk merubah password yang diberikan pada saat registrasi dengan password yang anda sukai, dan merubah permission folder wp-content menjadi accessible bagi semua user, atau anda tidak akan bisa mengupload media (gambar, musik, flash dsb) caranya buka terminal dan masuk ke folder wordpress anda lalu ketikan perintah sudo chmod ugo+rwx wp-content.

wpcontenterr

suksesblog

Penutup

Petunjuk diatas berlaku terhadap kasus instalasi XAMPP dan WordPress pada komputer saya dengan menggunakan OS Ubuntu Muslim Edition 8.04.1, besar kemungkinan ada cara lain yang lebih sederhana dan effektif dalam proses instalasi.

Masalah (error/trouble) yang terjadi pada proses Instalasi yang dijelaskan disini bisa berbeda pada komputer yang anda dipergunakan, tergantung, kepada Distro Linux yang dipergunakan dan Versi Aplikasi XAMPP maupun WordPress yang dipasang.

Jika anda mendapatkan masalah dalam Instalasi XAMPP silahkan kunjungi situs dibawah ini untuk mendapatkan pemecahannya : http://www.apachefriends.org/en/faq-xampp-linux.html#start

xampp

Nb : Jiaka ternyata dalam Distro Linux yang anda pergunakan tidak terdapat folder /opt atau folder tersebut berada dalam folder lain, (seperti dalam Linux Mint) buat saja folder tersebut dengan mengetikan perintah :

sudo mkdir /opt

25 thoughts on “INSTALASI XAMPP DI OS UBUNTU MUSLIM EDITION (UbuntuME)

  1. Joeangin006 11 Desember 2008 / 05:51

    Numpang nanya kang Tatang, di Laptop saya ternyata ketika saya install Ubuntu 8.10 maka terinstall juga dansguardian yang menolak download file kompres. Ketika saya uninstall dansguardian ternyata koneksi ke internet malah jadi gak bisa dengan message karena proxy. Sementara di Modzilla Firefox tab untuk network-security dibuat tidak aktif. Gimana kira-kira solusinya ya?

  2. kangtatang 11 Desember 2008 / 08:37

    Kebetulan saya belum pernah mengalami hal seperti ini, tetapi Salah satu cara untuk mendisable dansguardian adalah dengan cara mensetting browser untuk menggunakan tinyproxy di port 3128, normalnya Firewall tidak akan mengijinkan hal ini, jadi kita harus mengedit /etc/firehol/firehol.conf

    Iptables –t filter –I OUTPUT –d 127.0.0.1 –p tcp –dport 3128 –m owner ! –uid-owner dansguardian –j DROP

    Sudo gedit /etc/firehol/firehol.conf
    Tambahkan # di awal kolom : #iptables –t filter …

    Kemudian reboot atau restart firewall dengan cara :

    Sudo firehol stop
    Sudo firehol start

    Tetapi dalam kasus anda, dansguardian telah di uninstall dan membuat koneksi Internet jadi putus terkait dengan settingan Proxy. Sedangkan network security pada firefox juga tidak aktif, …..

    Hem…… saya coba untuk meminta bantuan teman dan rekan yang lain, nanti kita sharing lagi solusinya disini.
    Salam🙂

  3. Ade 18 Desember 2008 / 01:40

    Kang tatang ketika di terminal kok saya tidak bisa mengtik passord untuk masuk ke root ya….??kursornya tidak bergerak

  4. kangtatang 18 Desember 2008 / 02:09

    @ Om Ade, Bisa diperjelas kronologis permasalahnnya?

    Coba saya Ilustrasikan sedikit, misalkan:

    $kangtatang@myUbuntu :
    $Sudo modprobe snd-es18xx

    akan diminta untuk memasukan password

    $password for kangtatang@myUbuntu :

    disini, ketika kita mengetikan password root, maka oleh komputer tidak akan diperlihatkan/blank (Hidden, tidak terlihat/tidak diwakili oleh simbol bintang dll) kalau sudah merasa yakin password yang diketikan benar, ketik enter, nanti jika password yang diketikan salah akan ada pemberitahuan Incorect password.

    Mungkin maksud anda bahwa ketika anda mengetikan password, anda tidak bisa (melihaatnya)? dan kursor tidak bergerak? jika ya, coba ketikan saja password anda dan enter.🙂

    Semoga bisa membantu.

  5. edwar munadi 25 Desember 2008 / 16:30

    mau nanya ni kang…
    Saya baru saja install linux Ubuntu pada Pc saya, dan sy mau menambahkan Xampp 1.7. hasil download berada di Desktop dgn nama file xampp-linux-1.7.tar.gz Lalu saya mencoba mengekstrak file tsb ke /opt melalui terminal dengan perintah :

    sudo tar xvfz xampp-linux-1.7.tar.gz -c /opt

    yang keluar informasi

    tar: You may not specify more than one `-Acdtrux’ option
    Try `tar –help’ or `tar –usage’ for more information.

    Tlg pencerahannya perintah yg benar,
    tank’s

    • kangtatang 26 Desember 2008 / 00:50

      @ Om Edward.
      Coba ulangi perintah ekstraksi yang anda ketikan dengan mengganti huruf “c” kecil menjadi “C” besar.
      Jadi asalnya :
      “sudo tar xvfz xampp-linux-1.7.tar.gz -c /opt”
      rubah menjadi :
      sudo tar xvfz xampp-linux-1.7.tar.gz -C /opt
      Semoga bisa membantu.
      Jika anda masih mendapatkan masalah, ada baiknya mengunjungi situs ini.
      btw, Anda pake Distro Apa, saya pernah kesulitan menginstall Xampp pada distro Linux Mint 5 Ellysa, karena folder /opt-nya berada di bawah folder/etc.🙂

  6. edwar munadi 26 Desember 2008 / 08:40

    Ok, trim,s Instalasai berjalan lancar, tapi waktu saya ketika:
    /opt/lampp/lampp start

    yang keluar:
    You need to start XAMPP as root!

    Saya benar-benar belum mengerti istilah-istilah didalam linux. Saya menggunakan Distro Ubuntu
    Trim’s pencerahannya.

    • kangtatang 26 Desember 2008 / 08:50

      Tambahin Dulu sudo didepan perintahnya Om🙂
      kecuali kalau mau menjadi root maka ketikan perintah :
      sudo – (pakai spasi)
      terus masukan password, kalu tampilan perintah di terminal sudah berawalan tanda kres :
      #
      Maka artinya sudah log in sebagai root.🙂
      Semoga bisa membantu.

  7. edwar munadi 28 Desember 2008 / 19:23

    Kang, mau nanya lagi nich…
    Kenapa Flash Disc saya tidak merespon waktu mau dibuka. Padahal tampilan kalau fd terpasang keluar ?

    • kangtatang 29 Desember 2008 / 02:04

      Seharusnya Flashdisk secara otomatis dimount oleh sistem.
      Coba cek Posrt USB atau USBnya sendiri, barangkali ada kesalahan teknis (rusak).
      jika semuanya baik-baik saja, silahkan mount manual dengan perintah ini :
      #mkdir /mnt/flashdisk
      #mount /dev/sdb1 /mnt/flashdisk
      perintah diatas jika anda login sebagai root, jika anda login sebagai user biasa ketikan perintah seperti dibawah ini :
      $sudo mkdir /mnt/flashdisk
      $sudo mount /dev/sdb1 /mnt/flashdisk

      Semoga bisa membantu.

  8. Fadli 12 Januari 2009 / 03:46

    Mantap… thank tutorialnya lengkap banget, enak ada gambarnya! thanks

  9. tono 17 Februari 2009 / 04:17

    sipp.. thx alot buat tutorialnya pak..

    • kangtatang 17 Februari 2009 / 08:42

      Sama-sama🙂
      Terimaksih juga sudah menyempatkan diri berkunjung ke Blog saya.
      Salam

  10. Bongkeng 14 Mei 2009 / 06:37

    Kang,
    aku instal apache2 bawaan nya linux (aku pake Ubuntu 9.04 sekarang)
    oke, itu dah beres, dan setting permission folder /var/www juga sudah.
    nah saat saya install satu folder lagi buat bikin satu web, dia ga mau create configuration.php nya dan harus di bikin manual. dan install template juga nggak mau.. kenapa yah??
    aku pakai joomla 1.5 cms nya..
    help to setting permission nya..

    thanks kang..

  11. Bongkeng 14 Mei 2009 / 06:42

    muncul nya ini saat upload template dari menu instal/uninstal template kang : Warning! – Failed to move file
    keknya seting permissionnya doank yah…😀

  12. kangtatang 14 Mei 2009 / 07:34

    @ Kang Bongkeng🙂
    Gampang coba aja dulu di chmod folder yang dikunci sama system🙂
    bisa dengan $sudo chmod -R 775 atau $sudo chmod -R 777.
    hi..hi….

    selamat mencoba
    kangtatang

  13. bongkeng 29 Mei 2009 / 15:10

    bos, kalau xampp ini bedanya sama lampp yang bawaan ubuntu nya sendiri di mana seh??
    trus misalnya udah install xampp dan install juga lampp apakah 2-2 nya bisa jalan??
    (maksudku lampp yg ada di /var/www itu lho alamatnya…)
    makasih kang… (ini saya lagi coba di ubuntu 9 yg baru aku install di laptop saya…)
    makasih

  14. bongkeng 29 Mei 2009 / 15:13

    oh ya satu lagi kang, kalau pake xampp file database nya terletak di mana seh?? kalau di xamp nya win kan di folder mysql, nah kalau di linux di mana yah, aku cari lom ketemu neh😀
    trus kalau database yg terbentuk kan membentuk folder2 tuh kalau di windows, nah kalau di copy angsung ke folder mysql nya yg di linux apa bisa langsung mapping dan jalan kang??
    kasih informasi yah..
    Terimakasih…

    • kangtatang 6 Juni 2009 / 16:48

      @Nah biar gampang jawabannya saya tulis dalam postingan terbaru🙂
      hi..hi…. lama baru dibalas…. Sibuk banget kang🙂

  15. cecep 27 Agustus 2009 / 16:28

    kang kasus yang saya buat persis sama namun ini kejadian di web hosting, kebetulan disana tidak punya fantastico jadi saya buat install wordpress manual via ftp.
    kebetulan pihak web hosting buat file web di /public_html yang tidak bisa diubah hak perijinan menjadi 777 dan isi file wordpress aku simpan langsung dibawah folder tsb. kemudian Saya sudah mencoba untuk mengubah isi file setup-config.php dan sudah di ubah isi dari wp-config.php dengan seting database yang sesuai cara seperti cara kang tatang diatas namun ketika saya ketik http://www.alamatweb.com/wp-admin/install.php tampilan blank.
    Mohon solusinya

  16. zulfiandri 16 Juni 2010 / 07:00

    kang…!!!
    sebelumnya saya sudah install apache2 dan phpmyadmin , kemudian saya install mysql (gak berhasil)
    Setelah itu saya baca tulisan akang tentang install xampp
    setelah saya ikuti semua langkahnya, saya start

    zulfiandri@zulfiandri-laptop:~$ sudo -i
    [sudo] password for zulfiandri:
    root@zulfiandri-laptop:~# /opt/lampp/lampp start
    Starting XAMPP for Linux 1.6.8a…
    XAMPP: Another web server daemon is already running.
    XAMPP: Starting MySQL…
    XAMPP: Starting ProFTPD…
    XAMPP for Linux started.
    root@zulfiandri-laptop:~#

    kemudian saya buka di browset http://localhost/lampp atau http://localhost/xampp
    yang tampil hanya…

    Not Found

    The requested URL /xampp was not found on this server.

    Mohon pencerahanya kang…. ….

    • kangtatang 16 Juni 2010 / 08:45

      hem, pertama coba ketik saja http://localhost jika masih menampilkan pesan error silahkan nonaktifkan apache2 yang dipasang atau uninstall saja karena diduga konflik sesuai pesan error “XAMPP: Another web server daemon is already running.”

  17. dharma eko p 27 Agustus 2010 / 01:14

    mas mau tanya, cara setting sysconfig.inc.php pada senayan library LINUX. di sini saya pake xampp

    • kangtatang 28 Agustus 2010 / 08:58

      hem pertanyaannya elum lengkap😀 kebetulan saya belum pernah coba aplikasi “Senayan” jadi belum bisa mrefferensikan setting konfigurasinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s