PASANG JARINGAN


Sudah dua hari ini di kantor sedang dipasang jaringan LAN, hampir semua ruangan disambungkan dalam satu jaringan dan berpusat pada sebuah server pusat yang menampung semua data. Tiap fungsi diwajibkan mengisi data sesuai dengan fungsi kerja masing-masing. Kantor satuan Fungsi kerja yang lain sudah selesai dipasang dan telah mulai melakukan entry data, sedangkan ruangan saya mendapat jadwal pemasangan terakhir.

Ketika dilakukan pemasangan, ternyata Teknisi (yang katanya didatangkan dari sebuah perusahaan IT yang cukup bonafid) ternyata tidak bisa mensetting jaringan di ruangan saya agar tersambung dengan jaringan pusat, dan lebih anehnya lagi sang teknisi meminta bantuan kepada saya untuk membantunya mensetting jaringan (padahal dia yang sarjana Informatika). Saya lalu membantu ala kadarnya, pada saat terakhir dia coba koneksikan jaringan komputer diruangan ke jaringan pusat, ternyata tidak dapat melakukan koneksi padahal semua perangkat Hardware, mulai dari komputer, Lan card, HUB switch dan Kabel telah diperiksa satu-satu dan semuanya tidak ada masalah. Lalu dia reset semua IP komputer dan mensetting ulang lagi dari awal, hasilnya masih tetap sama.

Jaringan komputer lokal bisa terkoneksi dengan baik tapi tidak bisa koneksi ke Jaringan pusat. Segala macam cara telah dia kerahkan, semua perlengkapan tester telah dipakai, masih saja tetap tidak bisa terkoneksi (lebih cocok disebut tidak terdeteksi). Sore hari sang teknisi menyerah dan meminta ijin pulang dan berkata akan melanjutkan pekerjaannya hari selasa nanti setelah Hari raya Iedul Adha.

Kepala ruangan saya sedikit tidak berkenan dengan keadaan ini dan ia mencoba komplain, tetapi semuanya sia-sia saja. Padahal hari Jum’at itu kami sudah harus bisa online seperti fungsi kerja yang lain. Saya tidak berbuat banyak dalam hal ini, pihak kantor telah menyewa tenaga (yang katanya) ahli untuk melakukan pemasangan jaringan di kantor kami dan bukan sebuah tindakan yang bagus jika saya harus membantu menyelesaikan pekerjaan itu (mereka yang mendapatkan upahnya).

Kemudian ketika saya diminta pendapat tentang bagaimana caranya agar bisa terkoneksi dengan jaringan pusat, saya hanya menyarankan agar kita berikan kesempatan kepada orang yang telah disewa kantor untuk menyelesaikan pekerjaannya, agar dana yang telah dikeluarkan pihak kantor tidak mubazir. Lagipula jika kita panggil teknisi lain, maka hanya akan mengeluarkan biaya tambahan saja.

Ini hanya sebuah ilustrasi (yang terjadi pada saya) yang diharapkan tidak akan terjadi kepada rekan-rekan yang lain. Agar berhati-hati jika akan menggunakan tenaga teknisi / konsultan (komputer), yakinkan bahwa mereka professional dan benar-benar ahli dibidangnya karena jika tidak, maka produktifitas kerja kita akan terganggu dan biaya yang dikeluarkan akan terbuang sia-sia.

salam

Tinggalkan Balasan

