PCLinuxOS UNTUK TETANGGAKU


Jum’at, 28 Desember 2008 tepat pukul 16.30 Wib, saya baru saja sampai dirumah setelah seharian bekerja di kantor. Sesampainya di rumah, Isteriku tercinta yang setia langsung menyambut dengan hangat kedatanganku sambil menggendong anak pertama kami. Isteriku kemudian membuatkan secangkir teh manis panas untuk menghilangkan lelahku dan akupun menggantikannya untuk menggendong si kecil, anak pertama kami yang baru berusia satu bulan 4 hari, sungguh indah, betapa tatapan anakku tercinta mampu membuat segala penat di tubuhku hilang begitu saja, tatapannya yang masih polos seakan-akan sedang meperhatikan dan mengingat wajah bapaknya.

Selesai bercengkrama dengan Isteri dan anakku, aku kemudian mandi untuk menyegarkan diri sambil sebelumnya menyalakan komputer. selesai shalat maghrib, seperti biasa aku menunggu anakku tertidur dan bercakap-cakap dengan isteriku, disela pembicaraan kami tiba-tiba pintu rumah ada yang mengetuk, dan seseorang mengucapkan salam. aku lalu membukakan pintu, ternyata tetanggaku, Pak Ade. Ia datang bermaksud untuk menemuiku. Kupersilahkan dia masuk dan menanyakan maksud kedatangannya, Ia datang untuk menjelaskan kepadaku perihal program siskamling yang baru saja aktif kembali di desa kami, memang sebelumnya program tersebut pernah vakum sehingga keamanan di desa kami sedikit terganggu dengan adanya beberapa kejadian pencurian di rumah warga desa kami. disela-sela obrolan kami, Pak ade berkata bahwa komputer di rumahnya sudah dua hari ini rusak, barangkali aku bisa memperbaikinya ia akan sangat berterimakasih, aku lalu bertanya kepadanya apakah sudah dibawa ke tukang servis komputer atau belum? ia menjawab bahwa rekannya yang dikantor, seorang ahli IT mengatakan kepadanya bahwa Hardisk Komputernya rusak terbakar dan harus diganti sehingga komputernya untuk sementara waktu tidak bisa dipergunakan.

sekitar jam 09.00 wib aku lalu berangkat ke rumah pak ade dan mencoba melihat kerusakannya, aku tidak terlalu faham akan Hardware komputer jadi setelah beberapa saat aku melihat bahwa Hardisk beliau memang rusak, dan aku menyarankan hal yang sama kepadanya, bahwa untuk sementara waktu koomputernya memang tidak bisa dipergunakan seperti biasa sampai hardisknya diganti. ia lalu merasa sedikit kecewa, karena baginya komputer tersebut sangatlah penting dalam membantu pekerjaannya, ia baru bisa mengganti hardisk tersebut beberapa hari kedepan. aku lalu mencek spesifikasi komputer beliau, sebuah PC rakitan dengan Processor Celeron 2,6 dan 512 Mb Ddram terpasang didalamnya, lalu kuperhatikan Drive optiknya telah menggunakan DVD Combo, kemudian aku berkata kepadanya bahwa sambil menunggu hardisknya diganti Pak ade masih bisa tetap menggunakan komputernya seperti biasa, ia tampak kaget dan bertanya bagaimana mungkin bisa ? lalu aku mulai menjelaskan tentang Linux Live CD, kebetulan kemarin aku baru selesai mengunduh Iso Image PCLinuxOS dari Internet, aku lalu pamit dulu untuk mengambil CD tersebut kerumah. beberapa waktu kemudian aku pasang CD PCLinuxOS dalam komputer beliau dan membootingnya, Pak ade tampak tercengang melihat sebuah sistem Operasi yang tersimpan dalam sebuah CD dan mampu berjalan tanpa harus diinstal terlebih dahulu pada Hardisk, aku lalu menjelaskan sedikit pengetahuanku tentang PCLinuxOS dan cara menggunakan beberapa Aplikasi yang terpasang didalamnya. Pak ade lalu bertanya bagaimana ia menyimpan pekerjaannya, padahal hardisknya rusak, aku lalu memberikan solusi jika ia memiliki USB Flashdisk maka ia bisa menyimpan pekerjaannya dalam USB untuk sementara waktu. setelah beberapa lama, Pak ade mulai tampak terbiasa menggunakan PCLinuxOs dan ia sangat berterimakasih atas bantuanku, aku kemudian pamit pulang karena jam sudah menunjukan pukul 23.00 wib.

Senin, 01 Desember 2008 jam 18.30 Wib, pintu rumahku diketuk seseorang, ketika kubuka pintu, tampak Pak ade di depan pintu sambil mengucapksan salam, aku kemudian mempersilahkan beliau untuk masuk ke dalam rumahku. setelah kami duduk di ruang tamu sambil menunggu kopi hangat buatan isteriku, kami bercakap-cakap. pak ade menjelaskan kepadaku bahwa ia telah membeli hardisk baru, ia lalu meminta kesediaanku untuk mebantunya memasangkannya, dan ia pun meminta kepadaku untuk memasangkan Distro PCLinuxOS di komputernya, Aku senang sekali atas permintaannya lalu aku bertanya alasan ia mau menggunakan Linux, ia lalu menjawab bahwa ia suka akan tampilan desktop PCLinuxOs, unik dan bagus katanya, selain itu Linux itu murah dan legal, dan yang penting ia berpikir dengan menggunakan Linux tidak akan direpotkan oleh Virus Komputer dan rutinitas Defragmenting Hardisknya, seperti yang selama ini ia lakukan dengan sistem opersi komputer bajakn yang ia pergunakan. lalu aku menjelaskan bahwa jika ia bersedia masih banyak distro Linux lain yang kumiliki barangkali beliau tertarik untuk mencobanya, kemudian ia berkata bahwa untuk saat ini ia memilih PCLinuxOS saja. tanpa banyak kata kami lalu pergi kerumahnya dan melaksanakan semua permintaanya. Dalam perjalanan pulang aku tak henti mengucapkan syukur, karena telah mampu membuat seseorang berbuat benar dengan tidak menggunakan perangkat lunak bajakan, bukankah ini juga merupakan kewajiban kita untuk selalu mengingatkan sesama agar berbuat kebajikan dan tidak melanggar hukum🙂.

Be Legal Be Opensource🙂 Salam

/*cerita ini adalah karangan belaka, jika ada kesamaan nama, tempat serta kejadian maka itu hanya kebetulan semata. /

Tampilan Live CD PCLinuxOS
Tampilan Live CD PCLinuxOS
Tampilan PCLinuxOS setelah di Install
Tampilan PCLinuxOS setelah di Install
Aplikasi dalam PCLinuxOS
Aplikasi dalam PCLinuxOS
Pilihan Splash screen
Pilihan Splash screen

2 thoughts on “PCLinuxOS UNTUK TETANGGAKU

  1. arhsa 24 November 2011 / 01:02

    inspiratif kang
    hatur nuhun

    abdi dibumi ngenalkeun Sabily ka istri

    • kangtatang 24 November 2011 / 04:38

      Mudah2an si Teteh langsung bisa kerasan menggunakan Sabily🙂

Tinggalkan Balasan

