APA ITU (DISTRO) SLACKWARE?


slackware_logo

(Sebagaimana dikutip dari Slackbook, Buku Panduan Slackware yang disusun oleh Alan Hicks, Chris Lumens, David Cantrell dan Logan Johnson)

Slackware Linux is a registered trademark of Patrick Volkerding and Slackware Linux, Inc.

Slackware, dibuat oleh Patrick Volkerding di akhir tahun 1992, dan mulai dirilis untuk publik pada tanggal 17 Juli 1993. merupakan salah satu Distro Linux yang memiliki banyak pengguna. Patrick Volkerding pertamakali mempelajari Linux, ketika ia memerlukan Interpreter bahasa pemrograman LISP yang murah untuk sebuah proyek yang sedang ia kerjakan. Pada saat itu ia menggunakan sebuah Distro yang bernama SLS Linux yang dikembangkan oleh Soft Landing Systems. Patrick Volkerding kemudian memperbaiki bug-bug yang terdapat dalam distro SLS yang pada akhirnya ia memutuskan untuk menjadikan distro hasil perbaikannya itu menjadi sebuah distro mandiri yang bisa ia pergunakan bersama-sama rekannya. Distro ini kemudian menjadi Populer, dan akhirnya Patrick Volkerding memberinya nama Slackware dan membuatnya tersedia untuk umum. Seiring waktu, Patrick Volkerding menambahkan banyak fitur baru kedalam Distro Slackware semisal konsep Menu dalam text based untuk mempermudah proses Instalasi, dan konsep Managemen Paket Aplikasi yang mengijinkan Pengguna untuk menambah, menghapus atau mengupgrade paket Aplikasi secara mudah.

s7265053204_4123

Distro Tua yang masih Bertahan

Banyak alasan yang membuat Slackware sebagai Distro tua yang masih tetap Bertahan. Salah satunya adalah dengan tidak mengusung konsep menyerupai OS Windows, tetapi cenderung lebih menyerupai OS Unix semirip mungkin.

Slackware ditujukan bagi orang-orang yang menyukai belajar dan mengutak-atik system mereka agar sesuai dengan keinginan. Kestabilan dan kesederhanaan Slackware yang membuat orang-orang menggunakan Distro ini. Pada saat ini Slackware dikenal sebagai Distro Sistem Operasi untuk Server dan  Desktop yang tangguh dan stabil.

Pada saat ini telah banyak Varian Distro baru yang lahir dari basis Distro Slackware seperti, Zenwalk, Slax, Vector Linux, Easys dll.

Pengalaman Penulis

Pembaca yang budiman, Penulis pertama kali mengenal Slackware pada sekitar bulan Juli 2008. ketika itu Penulis membeli majalah Info Linux dan mendapakan bonus DVD Installer Slackware 12.1. Setelah penulis Install dikomputer, Penulis mendapatkan sebuah pengalaman yang menarik. Penulis medapati bahwa Slackware memiliki sebuah keunikan yang berbeda dengan distro-distro Linux laoin yang penulis pernah coba. Slackware (desktop) menawarkan sebuah kemudahan dalam mengatur system kita. Dengan Slackware penulis bisa mengatur Desktop manager sesuai dengan keinginan penulis, bisa KDE (Default) atau Xfce jika KDE masih dirasakan terlalu berat untuk Spesifikasi komputer kita. Slackware telah memiliki segudang Aplikasi serta Codec multimedia yang lengkap. Proses setting Audio/Soundcard pun bisa dengan mudah dilakukan (terimakasih untuk Bung Willy Sudiarto Raharjo atas semua pelajarannya) dengan perintah alsaconf. Penulis juga tidak kesulitan untuk menambah aplikasi tambahan atau menginstall Driver untuk Vga card Nvidia tua milik penulis. Semuanya berjalan mudah dengan perintah installpkg, konsep yang mudah dan mandiri tanpa direpotkan oleh dependensi.

Bagi anda yang ingin menggunakan Linux dengan Oldschool syle, disarankan menggunakan Distro Slackware, karena dengan Slackware anda akan lebih cenderung untuk belajar memahami system Operasi, tidak hanya sekedar menggunakan.

Salam

slacksnapshotslack5slack

slacksnapshot13

Compiz Fussion on Slackware
Compiz Fussion on Slackware

slacksnapshotslack2

2 thoughts on “APA ITU (DISTRO) SLACKWARE?

  1. maulana taufan 9 Januari 2009 / 09:08

    apakah itu seperti os?? free?

    • kangtatang 9 Januari 2009 / 09:53

      Yup Betul🙂
      Slackware adalah sebuah Distro Tertua dalam sejarah Linux yang masih bertahan selain Debian

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s