Blankon


BlankOn.

Apa yang terlintas dalam benak anda ketika mendengar kata ”Blankon”? Hem, Benar! blankon adalah sejenis tutup kepala khas adat Jawa. J

Tahukah anda bahwa BlankOn juga digunakan sebagai nama sebuah Distro OS Linux karya anak bangsa?

Jika anda belum mengetahui apa itu Distro Linux BlankOn ? Ini adalah deskripsi singkat tentang Distro BlankOn. BlankOn adalah distribusi Linux yang dikembangkan oleh Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI) bersama Komunitas Ubuntu Indonesia secara terbuka dan gotong royong.

Blankon adalah perangkat lunak bebas dan tersedia bagi anda tanpa biaya apapun. Tak hanya sekedar gratis, perangkat lunak ini juga bebas dan terbuka, dalam artian memberikan anda hak kebebasan dalam menggunakan, menjalankan, menyalin, mendistribusikan, mempelajari dan memperbaiki perangkat lunak ini tanpa perlu membayar lisensi.

BlankOn adalah sistem operasi berbasis linux yang berisi piranti lunak terbuka dan bebas. Selain inti sistem operasi, BlankOn juga berisi aplikasi berorientasi pengguna seperti aplikasi perkantoran, program penampil dan pemanipulasi gambar, serta piranti multimedia untuk memainkan musik dan video. Untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas kami telah membundel beberapa berkas dokumen dan media. Cukup klik ikon berkas untuk membukanya agar anda dapat melihat atau melakukan penyuntingan terhadap aplikasi default.

Screen Shoot Blankon 3
Screen Shoot Blankon 3

Screen Shoot Blankon 3 Lontara
Screen Shoot Blankon 3 Lontara

Screenshoot Blankon 3 Lontara
Screenshoot Blankon 3 Lontara


Saat ini Blankon telah dikenal secara Internasional, hal ini bisa dibuktikan dengan adanya Review Distro Blankon oleh Distrowatch, sebuah Situs yang menyusun Ranking Distro Linux berdasarkan Rating Download.

Pada saat ini Blankon telah mecapai Rilis ke 4 yaitu dengan kode nama Meuligoe, yang berbasiskan Ubuntu Ibex Intrepid 8.10.

Ini merupakan sebuah kebanggaan bagi kita, sebuah upaya nasionalisme bangsa untuk menunjukan jati diri bangsa Indonesia kepada dunia bahwa kita memiliki putera-puteri bangsa yang memiliki kemampuan dalam bidang Teknologi Informasi.

Saya saat ini menggunakan Blankon 3 dengan kode nama Lontara yang berbasiskan Ubuntu Hardy Heron 8.04, Lontara berjalan dengan stabil dan sangat gegas di komputer saya (Spesifikasi Komputer seperti yang dijelaskan di tulisan saya tentang UbuntuME) Proses Instalasi cepat, dan Aplikasi-aplikasi yang tertanam didalamnya mampu berjalan dengan mulus dan lancar tanpa ada hambatan. Anda bisa mencoba Distro ini dengan cara Live CD sebelum menentukan untuk menginstallnya.

Banyak cara untuk mendapatkan Distro ini, bisa dengan cara mengunduh dari Internet atau membelinya (Bisa menghubungi Juragan Kambing, gudang linux atau toko Baliwae). Jika anda berada di Kota Karawang dan sekitarnya serta kesulitan untuk mendapatkannya, anda bisa menghubungi saya untuk mengkopinya (tinggal bawa CD kosong saja).

Blankon biasa dirilis dalam 2 Versi, salah satunya dibuat dalam Versi Minimalis yang ditujukan bagi pengguna komputer dengan spesifikasi rendah, semuanya masih tetap memiliki fungsionalitas dan kemampuan yang sama, hanya beberapa Aplikasi saja yang disesuaikan dengan perhitungan Spesifikasi komputer, seperti aplikasi perkantoran OpenOffice dalam versi minimalis diganti dengan Abiword.

Blankon telah mendukung banyak format Multimedia, sehingga selesai Instalasi kita bisa langsung memutar File multimedia kesayangan. Bagi anda yang ingin bermigrasi ke OS Linux dan menginginkan kemudahan (Instalasi dan Penggunaan seperti di OS Windows) saya menyarankan untuk menggunakan Blankon.

Salam

Screenshoot Blankon 4 Meuligoe
Screenshoot Blankon 4 Meuligoe

6 thoughts on “Blankon

  1. riadyawan 28 November 2008 / 02:55

    mas mw nanya ntu yg versi meuligoe sebenarnya kebutuhan hardware minimal seberapa n yg optimal/rekomendasi segimana? tolong jelaskan dengan rinci yah…

    n saya kan kemarin bru selesai dnload yg versi standar truz saya bakar… nah pas saya jalankan dgn Pentium IV 2,26 Ghz, RAM256, VGA GeForce FX5200 128 kok g ngangkat yah??? apa memang kebutuhan itu kurang atau da kemungkinan burningnya g bagus jadi live cd-ny juga g jalan???

    truz satu lagi… ntu pas mas tatang jalanin meuligoe pake spesifikasi kaya’ di screenshot ntu jalan lancar ato gmn maz??? ntu juga versi standar kan??? bukan minimalis???

    maaf klo pertanyaan saya banyak bgdz… maklum newbie… mohon penjelasan lengkapnya yah… btw salam kenal n makasih banyak sebelumnya…

  2. kangtatang 28 November 2008 / 03:54

    Spesifikasi Hardware yang dibutuhkan, sesuai dengan Basis Distro-nya yaitu Ubuntu Intrepid 8.10 : MINIMAL, memory 384 Mb dan Processor kelas PII 800 ke atas, Vga 128 Mb untuk bisa menggunakan fasilitas Desktop 3D.

    Kutipan dari Web Ubuntu :

    “System Requirements”

    Ubuntu is available for PC, 64-Bit PC and Intel based Mac architectures. At least 256 MB of RAM is required to run the alternate install CD (384MB of RAM is required to use the live CD based installer). Install requires at least 4 GB of disk space.

    Optimal.
    Memory 512 Mb
    Processor P IV
    Vga 128 Mb

    Spek Komputer bung Riad sudah sangat mencukupi untuk menjalankan Distro Tersebut. karena terbukti di komputer saya yang speknya lebih rendah bisa jalan. spertinya permasalahan ada pada File Iso hasil unduh / Download atau mungkin Proses Bakar yang kurang bagus. Coba, bakar Ulang dgn kecepatan bakar paling rendah, saya biasa pakai kecepatan 12 X agar proses pembakaran file ISO bisa lebih bagus. jika masih error, berarti harus mengunduh ulang File ISO dari Internet.

    Saya menjalankan Meuligoe, secara LIVE CD (yang seharusnya memerlukan Clock memory lebih besar) di komputer saya, berjalan lancar. Aplikasi semua bisa berjalan (Hanya dalam versi Live CD, OpenOffice sedikit berat dikomputer saya) terus saya Install, dan meuligoe berjalan cukup gegas. Versi yang saya pergunakan versi standar.

    Salam kenal juga, Seandainya domisili kita berdekatan, saya mungkin bisa membantu mengkopi CD saya atau menginstall di komputer bung Riad.

    Semoga bisa membantu.
    Bung Riad juga bisa ikut milis Blankon di http://groups.google.com/group/BlankOn untuk mendapatkan pengetahuan lebih lanjut tentang Blankon.🙂

  3. riadyawan 29 November 2008 / 08:29

    he7x… makasih banyak yah mas atas info-nya… iya ntu klo domisili-nya deket saya seneng dunkz bisa dicopy-kan… ;b …btw kan dlu ka2′ saya juga di karawang… he7x… tp skrng dah pulang kampung… (lho kq malah jd ngobrol…) ya dah dinkz skali lagi makasih banyak maz… tak coba burning iso dalam kecepatan kaya’ maz aja 12x…

  4. kangtatang 1 Desember 2008 / 00:14

    sama-sama, Kita belajar bersama disini🙂

  5. outwaveta 12 Desember 2009 / 04:54

    I highly enjoyed reading your post, keep up writing such exciting stuff.

  6. kangtatang 15 Desember 2009 / 17:38

    outwaveta :

    I highly enjoyed reading your post, keep up writing such exciting stuff.

    Thank you🙂 glad to have you here.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s