Distro Linux Apa yang Tepat Untuk Anda.


Srenshoot My Desktop
Srenshoot My Desktop

Apakah anda Pengguna baru OS Linux atau baru akan bermigrasi ke Linux, apakah anda bingung menentukan Distro apa yang akan anda pergunakan?

Beberapa kriteria yang mungkin menjadi pertimbangan dalam menggunakan OS Linux:

  1. Spesifikasi Komputer, Kita pergunakan Distro Linux yang memiliki dukungan dan kompatibilitas yang baik dengan spesifikasi perangkat keras Komputer kita.
  2. Kemudahan Instalasi dan Penggunaan, bagi beberapa pengguna mungkin menginginkan kemudahan dalam proses pemasangan OS Linux di komputer miliknya. Hal ini telah terakomodasi oleh banyak Distro Linux modern seperti Ubuntu. LinuxMint, Blankon dan masih banyak lagi.
  3. Kelengkapan Aplikasi, untuk hal ini tidak perlu dikhawatirkan. Rata-rata Distro Linux telah memiliki paket Apilkasi standar yang telah lengkap.
  4. Dukungan terhadap Distro yang kita pergunakan, untuk dukungan seperti ini kita bisa mencarinya di Internet.

dari kriteria di atas kita bisa mengelompokan diri kita sebagai pengguna Linux ke dalam beberapa kriteria pengguna, yaitu :

  1. User.
  2. Computer maintainer.
  3. Network / server Administrator.

User terbagi lagi dalam beberapa kriteria :

  1. Pengguna kantoran, sebagai pengguna. jika hanya sebatas pengguna kantoran biasa, maka kita tidak perlu repot untuk menambahkan aplikasi tambahan terhadap distro Linux yang kita pergunakan. cukup sebuah Distro Installer biasa yang telah memiliki segudang aplikasi standar yang lengkap, misalkan Ubuntu, Slackware, OpenSuse, Mandriva, Fedora, Debian, Centos Dll, untuk beberapa Distro kita hanya perlu menambahkan Aplikasi tambahan agar sesuai dengan keperluan kita.
  2. Pengguna Multimedia, Jika kita ingin menggunakan Distro Linux untuk keperluan Multimedia, kita bisa menggunakan Ubuntu Studio atau menambahkan sendiri Aplikasi Multimedia yang diinginkan ke dalam Distro yang kita pergunakan.
  3. Pengembang perangkat Lunak, Jika kita ingin menggunakan Distro Linux untuk keperluan kita bisa menggunakan beberapa Distro yang sudah memiliki paket aplikasi pengambangan perangkat lunak seperti, Kuliax, Slackware, Zenwalk dan masih banyak lagi. Jika Distro yang anda pergunakan belum memiliki aplikasi tersebut, anda bisa menambahkannya dengan menginstall aplikasi yang diperlukan.
  4. Gamer, Bisa Menggunakan LinuX-Gamers, Knoppix Game atau menginstal sendiri game yang diinginkan. Jika ingin memainkan Game atau Aplikasi Windows di Os Linux, anda bisa menggunakan Aplikasi Wine atau Cedegga dari Transgamming.

Ada baiknya kita mencoba dulu beberapa Distro sebelum menentukan mana yang akan kita pilih, rata-rata Distro Linux telah dibekali dengan fungsi Live CD jadi kita bisa Booting langsung CD atau DVD tersebut tanpa harus takut merusak sistem operasi yang terpasang di komputer kita. Anda bisa mendapatkan Informasi seputar Distro Linux di http://www.distrowatch.com.

Bagi anda pengguna baru, tidak usah merasa takut dan khawatir, Linux saat ini telah begitu mudah untuk diinstal dengan panduan Instalasi dan Pemartisian Hardisk Komputer anda secara Graphical User Interface (GUI).

Selamat datang di dunia Opensource.

dunia dimana kita bebas untuk menggunakan Komputer beserta perangkat lunaknya.

Salam.

2 thoughts on “Distro Linux Apa yang Tepat Untuk Anda.

  1. yumi 18 November 2009 / 07:15

    Saya udah nyoba install ubuntu 9.10

    tapi tampilannya masih sederhana, liat desktop di atas bagus banget,,

    bisa minta aplikasi/paketnya???ke email saya..

    makasih..

  2. kangtatang 19 November 2009 / 18:42

    Saya udah nyoba install ubuntu 9.10

    tapi tampilannya masih sederhana, liat desktop di atas bagus banget,,

    bisa minta aplikasi/paketnya???ke email saya..

    makasih..

    Hi..hi… kalau itu cuma dirubah (kustomisasi) tampilannya aja, Ubuntu 9.10 juga bisa dibuat seperti itu. Untuk plikasi tambahan anda bisa mendownload langsung atau download Repositorynya. sehubungan ukuran “repo” yang besar, disarankan membeli DVD Reponya saja (^^,)

    salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s