Kenapa Harus menggunakan Operating System Windows ?


Pembaca, Pertanyaan diatas adalah pertanyaan klasik yang biasa Pengguna Komputer ajukan. Apa jawaban yang mungkin anda berikan? Saya mungkin akan menjawab : karena pertama kita kenal komputer hanya itulah Sistem operasi yang kita ketahui, atau karena memang sudah terpasang dalam Komputer meskipun kita tidak tahu bahwa Sistem Operasi tersebut, original atau bajakan. dan memang pada kenyataannya bahwa sebagian besar pengguna baik itu perusahaan, perkantoran dan instansi pemerintah masih menggunakan sistem operasi ini, juga lembaga pendidikan masih berpatokan memberikan pendidikan komputer identik dengan mengajarkan Os Windows, MS Office dan Aplikasi Propietary lainnya.

Apakah anda senang menggunakan perangkat lunak bajakan? jika ya, berarti anda kurang menghargai diri anda sendiri, bagaimana anda berharap negara ini bebas korupsi jika anda saja menggunakan perangkat lunak bajakan. oke, mungkin anda mampu membeli lisensi penggunakan perangkat lunak tersebut, ingat disini anda hanya jadi penyewa dari perangkat lunak tersebut bukan membeli, dimana hak anda dibatasi oleh beberapa perjanjian yang terdapat dalam End User License Aggrement, yang isinya sebagian besar EULA ini membatasi penggunaan komputer dan perangkat lunak anda, seperti : dilarang menggandakan perangkat lunak yang anda telah membayar mahal untuk menggunakannya, meminjamkannya, keterbatasan pemasangan/Instalasi, merubah kode atau memodifikasi program. dengan menggunakan perangkat lunak semacam ini kebebasan anda dibatasi, anda harus menyesuaikan spesifikasi komputer anda agar bisa menjalankannya dengan baik, harus membeli dan menggunakan aplikasi Antivirus agar tehindar dari serangan Virus dan masih banyak lagi kondisi lainnya yang membuat anda di atur oleh komputer anda, bukan anda yang mengatur komputer. Disini anda yang diawasi oleh Kompuer, jika ada tindakan anda yang dianggap tidak sesuai dengan ketentuan yang telah dijabarkan maka Perangkat lunak akan membuat komputer anda tidak bekerja

Lalu harus bagaimana ? mungkin solusi termudah adalah dengan menggunakan perangkat lunak yang bebas dan terbuka seperti LINUX, dimana dalam satu CD/DVD Installer telah terpasang begitu banyak aplikasi standar yang siap pakai dengan Biaya murah, anda bisa mendapatkannya gratis dengan cara mengunduh dari Internet atau membeli di tempat-tempat tertentu dengan harga murah dan terjangkau bahkan oleh uang jajan anak anda sekalipun.

Kenapa harus LINUX? karena Linux merupakan hasil pengembangan oleh banyak orang yang perduli akan kemajuan ilmu pengetahuan tanpa didasari motif Kapitalisme, semua orang berhak untuk mendapatkan kesempatan yang sama dalam mendapatkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan khususnya dibidang Informasi Teknologi. Bayangkan jika kita menggunakan perangkat Lunak Propietary maka biaya yang harus dikeluarkan adalah hampir dua kali lipat dari harga Perangkat keras kita. Bagaimana dengan lembaga-lembaga non profit atau untuk orang-orang yang kurang mampu yang menginginkan dan memiliki kemauan untuk belajar? pasti terhambat dalam soal biaya. Bagi perusahaan atau Instansi pemerintahan, kita bisa menghemat banyak Biaya dengan menggunakan perangkat lunak Bebas dan terbuka.

Apakah Linux susah? sama sekali tidak, jika anda bisa menggunakan komputer dengan sistem operasi sekarang yang anda pakai maka and pasti bisa dengan mudah menggunakan perangkat lunak LINUX, untuk proses Instalasi sendiri mungkin anda perlu belajar sedikit dengan bertanya atau membaca dokumentasi terkait di Internet.

Apakah Linux bagus? selama ini Linux terkenal dengan sebagai sistem operasi untuk jaringan dengan tingkat keamanan terhebat, beberapa tahun kebelakang ini Linux juga telah membuktikan bahwa Linux juga bisa menjadi sistem operasi Desktop yang mumpuni, canggih, modern dan memiliki keindahan yang unik.

Percayalah silahkan anda Coba, Banyak Distro (sebutan untuk Jenis Varian OS Linux) yang memiliki fungsi Live CD, dimana anda bisa membooting CD/DVD Linux dan mencoba sistem Operasinya tanpa harus melakukan proses Instalasi dan tidak mengganggu apalagi merusak sistem dan Hardisk anda.

Pembaca, Linux itu Indah, Mudah dan Halal.

Apakah anda masih berniat menggunakan Perangkat lunak bajakan?

atau masih ingin dibatasi kebebasan anda dalam menggunakan Komputer?

Gunakan LINUX.

Salam Opensorce, Free Software

8 thoughts on “Kenapa Harus menggunakan Operating System Windows ?

  1. mul14 23 November 2008 / 04:11

    Bagi yang sudah terlanjur meng-install Windows, dan ingin melihat EULA (End User Lisense Agreement) di Windows, buka My Computer, klik Help, About Windows. Disitu ada End User Lisense Agreement. Silahkan klik dan dibaca kembali.

    Go FOSS !!

  2. kangtatang 23 November 2008 / 04:22

    Bisa mengunjungi http://badvista.fsf.org untuk mendapatkan Informasi seputar keburukan menggunakan OS W*******s yang mahal.

  3. abang 23 November 2008 / 13:27

    Sebenernya gini Mas/Mbak,
    Mau pake Windows, Linux, Mac, itu tergantung kebutuhan.
    Tidak bisa dipaksakan.
    Kalo ada orang mampu beli Windows dan memakainya, biar aja toh?
    Kalo ada orang lebih suka Open Source, biar aja juga.
    Saya pakai keduanya (Ubuntu & Windows).. Dua2nya tidak ada yang 100% sesuai keinginan saya.

  4. kangtatang 24 November 2008 / 00:14

    Hem, betul. Untuk hal ini kembali kepada Individu / Pengguna. Semua bergantung kepada kebutuhan dan kemampuan serta selera, disini Pengguna yang menentukan, tidak ada yang salah dengan menggunakan OS Propietary atau OS Free/Opensource. Penulis hanya menghimbau agar kita menggunakan Perangkat Lunak yang Legal, jangan pergunakan perangkat lunak bajakan. Gunakanlah yang Original, nah jika kita merasa berat dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk menggunakan Perangkat lunak Original, kita bisa menggunakan perangkat Lunak yang bebas dan terbuka dengan biaya yang murah. Perangkat LUnak Propietary ataupun free/Opensource semuanya memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Disini konsep utamanya adalah “Tidak menggunakan perangkat lunak bajakan dan kebebasan dalam menggunakan komputer kita”.
    Di kantor tempat saya bekerja juga masih menggunakan OS Windows, karena kebijakan perusahaan/Instansi.
    saya menggunakan Linux di komputer saya di rumah.

    Terima kasih untuk saran dan tanggapannya🙂
    salam

  5. neo 20 Desember 2009 / 10:09

    begini kang….linux bisa sinergi gk ma aplikasi2 untuk para programmer smacam VB, C++, PHP, ASP, HTML or yang laen… jujur saya bingung n bimbang…
    thx BGT….

  6. kangtatang 20 Desember 2009 / 12:55

    neo :

    begini kang….linux bisa sinergi gk ma aplikasi2 untuk para programmer smacam VB, C++, PHP, ASP, HTML or yang laen… jujur saya bingung n bimbang…
    thx BGT….

    Don’t worry jangan khawatir🙂 he..he.. utk VB ada penggantinya yaitu Gambas, terus utk C++ ada g++ Compiler, PHP, ASP dll juga sudah ada aplikasinya. bisa di browse di google utk lebih lengkapnya🙂 jika masih ragu, dual booting aja dulu, pasang linux bersamaan dgn windows😀 sampai anda terbiasa dgn linux.

  7. MetAmORfosELf 23 Januari 2010 / 01:22

    SbENaR Ny sAya stUjU SaMa kaNGtaTAng.
    LiNux drI TAhun ke taHuN MEMAnk sMAkIn bERkEmbANG, DAn bGi saYA SdaH MAmpU bERsaiNG DNGan paRa pesAiNG ny (windows, mac, dll)
    selaIn sifAt nY opEnsourCe, liNux jG lebIh amAn drI SraNGn vrUs.
    NaMUn pda kNYAtaAN Ny dngN SgUdaNG KelebIhAN Yg diMIlikI LInux, naMUn bLUm daPt menyaIngI WIndoWs daN Yg laEN Ny.
    HaL Ini menUrT SayA, di KArenA FAktOr uSer yG SUDAh terBiaSa dngN WIndoWs nY…
    SYa sendiRi memaKAI DUaL BoOt (windows + ubUntU).
    Jd bgI Saya, sMUa nY tinGGAl maSALAh waKTu n keiNgInaN USer untK MEncOBa sesUAtU HAL Yg bArU.

    Linux g suSAh kO, Cm btUh pENYesUAiAn aJA.
    Let’s go to lInuX.

  8. kangtatang 24 Januari 2010 / 14:44

    MetAmORfosELf :

    SbENaR Ny sAya stUjU SaMa kaNGtaTAng.
    LiNux drI TAhun ke taHuN MEMAnk sMAkIn bERkEmbANG, DAn bGi saYA SdaH MAmpU bERsaiNG DNGan paRa pesAiNG ny (windows, mac, dll)
    selaIn sifAt nY opEnsourCe, liNux jG lebIh amAn drI SraNGn vrUs.
    NaMUn pda kNYAtaAN Ny dngN SgUdaNG KelebIhAN Yg diMIlikI LInux, naMUn bLUm daPt menyaIngI WIndoWs daN Yg laEN Ny.
    HaL Ini menUrT SayA, di KArenA FAktOr uSer yG SUDAh terBiaSa dngN WIndoWs nY…
    SYa sendiRi memaKAI DUaL BoOt (windows + ubUntU).
    Jd bgI Saya, sMUa nY tinGGAl maSALAh waKTu n keiNgInaN USer untK MEncOBa sesUAtU HAL Yg bArU.

    Linux g suSAh kO, Cm btUh pENYesUAiAn aJA.
    Let’s go to lInuX.

    Betul sekali, jika sudah terbiasa maka kita akan dengan cepat berkata “ternyata mudah…”😀 salam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s