Linux Untuk Pemula

Apa kabar Sahabat? Cukup lama blog ini tidak saya update, hal ini berkaitan erat dengan beberapa aktivitas saya yang cukup menyita waktu dan membuat Blog kesayangan ini terbengkalai. dari banyak komentar yang masuk di Blog ini saya bisa simpulkan bahwa masih banyak rekan dan sahabat yang masih cukup bingung untuk memilih distro Awal ketika memulai menggunakan OS Linux, biasanya saya akan memberikan banyak pilihan yang dirasa cukup bagus untuk dipergunakan.

Tampilan Linux Mint 11

Salah satu Distro Linux yang cukup bagus untuk Pemula adalah Linux Mint, distro Linux ini berbasiskan Debian dan Ubuntu sehingga paket-paket aplikasi untuk Debian atau Ubuntu bisa kompatible dengan Distro Linux Mint. Pertimbangan dasar untuk memilih Distro Ini karena fitur codec multimedia sudah disertakan secara lengkap jika anda menggunakan DVD Installer yang full berbeda dengan Installer dasar Ubuntu yang memerlukan Installasi tambahan codec multimedia untuk bisa memutar multimedia, selain itu beberapa pilihan aplikasi dasar yang disertakan juga lumayan banyak dan kemampuan deteksi Hardware yang sangat baik.

Tampilan Menu Linux Mint versi Gnome juga sudah dibuat sedemikan rupa sehingga mudah digunakan dan memiliki tampilan yang menarik. Bagi pengguna Windows tentu tidak akan kesulitan untuk menggunakan distro Linux Mint, ini disebabkan oleh tampilannya yang cukup familiar. OS Linux Mint akan membuat tampilan dan kinerja PC Desktop atau Laptop anda akan semakin cepat dan tangguh terutama yang sangat penting adalah Virus dan Malware Free alias tidak mempan terinfeksi Virus (Windows), ini merupakan salah satu keunggulan OS Linux dibandingkan OS lain dan berkaitan erat dengan keamanan data serta sistem komputer anda.

Jika anda merasa Pemula dan ingin mencoba atau beralih ke OS Linux, saya rekomendasikan untuk menggunakan Linux Mint sebagai langkah awal dan jika nanti sudah terbiasa dengan lingkungan Isistem Operasi Linux maka anda bisa mencoba menggunakan Distro lainnya, tentunya juga dengan lisensi yang Bebas dan Merdeka.

Download Linux Mint disini : http://www.linuxmint.com/download.php

Download Buku Panduan menggunakan Linux Mint Disini.

Salam

About these ads