Sekilas Kegiatan Anjangsana Amprokan Blogger

Kegiatan Anjangsana Amprokan Blogger merupakan sebuah kegiatan yang digagas oleh komunitas Blogger Bekasi dan didukung penuh oleh Pemkot Bekasi dalam rangka memperingati hari ulang tahun Kota Bekasi yang ke-13.

Anjangsana Amprokan Blogger dilaksanakan pada tanggal 6 s/d 7 Maret 2010 di kota bekasi dengan mengundang rekan-rekan blogger dari seluruh Indonesia, pada saat pelaksanaan acara diketahui ada 300 orang lebih yang telah mengkonfirmasi kehadirannya di KegiatanAnjangsana Amprokan Blogger.

Pelaksanaan Kegiatan hari pertama

Sebagai anggota dari Komunitas Blogger Karawang, saya dan beberapa rekan mewakili komunitas blogger karawang untuk menghadiri kegiatan anjangsana amprokan blogger  alias Temu blogger ini. kami berangkat pagi hari jam 06.00 wib dari kota Karawang dengan menggunakan sepeda motor, sebetulnya jika kami mau, panitia menyediakan penginapan untuk mempermudah peserta dalam mengikuti kegiatan ini. Tepat pada jam 08.00 Wib kami tiba di Asrama Haji Bekasi, kami kemudian melakukan registrasi ulang dan mendapatkan name tag, Pin serta kaos yang semuanya gratis [terimakasih untuk panitia :D].

kegiatan anjangsana amprokan blogger

kegiatan anjangsana amprokan blogger

Kemudian sesuai jadwal kita semua melaksanakan kegiatan pertama yaitu “City Tour” mengelilingi kota bekasi dan mengunjungi beberapa lokasi penting di kota Bekasi diantaranya Tugu Bina Bangsa untuk mengenang perjuangan rakyat yang berjuang di kota bekasi, UKM Boneka dibawah asuhan Himpunan Industri Kecil dan Pengrajin Boneka Kota Bekasi, TPA Sumur Batu Bantar Gebang untuk melihat dan memahami proses pengolahan air Lindi dan pengolahan gas methan yang dihasilkan sampah untuk diproduksi menjadi tenaga listrik dan berakhir di Jababeka untuk mengikuti temuwicara bersama pengurus kota Jababeka di President University serta menanam pohon di botanical garden [sebelumnya kita/rombongan bis nomor 2 sempat nyasar dan muter-muter di jababeka, ha... ha....]. ,

kegiatan anjangsana amprokan blogger

kegiatan anjangsana amprokan blogger

selesai melaksanakan city tour, kami lalu kembali ke pusat kota dan beristirahat di pendopo kantor walikota sambil dimanjakan akses poin hotspot dari sponsor serta melihat-lihat pameran hasil UKM kota Bekasi, mulai dari kerajinan hingga makanan khas kota bekasi.

Malam harinya selepas Isya kami di jamu makan malam oleh Bapak Walikota sambil disuguhi Live Music dan diakhiri talkshow bersama Blogger Senior Enda Nasution dkk, sayangnya karena kelelahan kami pulang lebih awal.

Pelaksanaan hari kedua

Kegiatan Anjangsana Amprokan Blogger hari kedua dilaksanakan di aula Mahkamah Konstitusi Bekasi dengan menghadirkan pembicara pada sesi pertama yaitu Om Budi Putra dari Yahoo Indonesia yang juga seorang Senior Pro Blogger Indonesia, Om Romi Satria Wahonodr. Ahmad Mabrur. Materi seminar meliputi Implementasi E-Government, Cyber City dan Green City Blogger ditambah materi 20 gaya posting oleh Om Romi Satria Wahono. pakar IT Indonesia dan staff khusus Menkominfo s

Selesai istirahat siang seminar dilanjutkan dengan sesi kedua yang menghadirkan pembicara Om Nukman Luthfie sang Begawan Sosial Media serta Bpk. Dwiyanto kepala PDE Pemkab Sragen, materi seminar meliputi Pengaruh serta betapa pentingnya Blogger dan Sosial Media serta Implementasi Egovernment di lingkungan Pemkab Sragen.

dalam Kegiatan anjangsana amprokan blogger hari kedua ini sama seperti pada hari pertama yang juga melaksanakan pembagian doorprize dengan hadiah beraneka ragam.

diakhir acara Rekan-rekan blogger memberikan cindera mata kepada panitia, bersilaturahmi dan kemudian Kegiatan anjangsana amprokan blogger ditutup dengan do’a oleh panitia.

Sanagat menyenangkan bisa hadir dalam acara ini dan bertemu langsung sahabat-sahabat yang biasanya hanya bisa bertemu didunia maya saja.

bekasi bersih partisipasi blogger

bekasi bersih partisipasi blogger

Bekasi Bersih Partisipasi Blogger

Dalam kegiatan ini juga lahir konsep Bekasi bersih partisipasi blogger, konsep ini bermakna luas dimana Blogger tidak hanya berpartisipasi dalam membentuk Bekasi sebagai Green City tetapi juga bisa membersihkan Bekasi dari unsur-unsur sosial yang buruk. dengan kelebihan yang dimiliki blogger maka diharapkan bisa menjadi kontrol sosial yang baik, menciptakan citizen journalism yang baik dan bisa perduli terhadap kondisi sosial disekitarnya.

Bekasi bersih partisipasi blogger, bisa tercipta jika sudah ada kesamaan visi dan misi serta dukungan penuh dari pemerintah Kota Bekasi.

Kesimpulan

Pada saat akhir acara, kami sebenarnya tidak mau beranjak dan berharap acara diperpanjang :) tetapi setiap pertemuan pasti ada perpisahan begitu juga dengan Kegiatan anjangsana amprokan blogger harus berakhir juga.

dari hasil mengikuti Kegiatan anjangsana amprokan blogger kami mendapatkan banyak hal positif dan pengalaman baru, betapa komunitas Blogger Bekasi dalam usianya yang masih belia [6 bulan] telah mampu membuat sebuah kegiatan yang sangat besar dengan dukungan penuh dari berbagai pihak terutama Pemkot Bekasi. hal ini menjadi pemicu semangat bagi komunitas blogger lainnya untuk semakin menunjukan eksistensinya dan berusaha keras agar bisa menggandeng pihak-pihak terkait agar idealisme Blogger dalam “Berbagi dan bermanfaat” bagi masyarakat luas bisa terlaksana, bahwa blogger adalah ujung tombak dari Citizen Journalism dan juga bisa menjadi tolak ukur dari kemajuan sebuah daerah.

Pemerintahan yang baik dipastikan akan mendukung penuh komunitas Blogger di daerahnya karena banyak hal positif yang bisa didapatkan dari komunitas blogger.

mungkin saat ini bagi kami komunitas Blogger Karawang masih merupakan sebuah PR untuk bisa menunjukan eksistensi kami kepada Pemda Karawang agar bisa perduli dan bisa memfasilitasi kami, sehingga bisa menggelar kegiatan yang bisa bermanfaat bagi semua pihak terutama masyarakat luas, amien.

Terimakasih Blogger Bekasi & Pemkot Bekasi atas Kegiatan anjangsana amprokan blogger, sungguh suatu kesempatan yang langka bagi kami untuk bisa mengikuti acara seperti ini. semoga semangat serta gaung acara ini bisa menggema ke seantero Indonesia.

Salam

Kang Tatang

Nb : Dokumentasi foto bisa dilihat Disini

About these ads